4 Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya

Februari 8th, 2019 by Oline

Penyebab mobil mogok sebenarnya sangat banyak dan harus Anda ketahui. Bahkan, lebih dari itu, Anda tidak cukup mengetahui penyebabnya, namun juga cara mengatasinya jika tidak ingin kerepotan pada saat mengalaminya. Lalu, apa saja penyebab mobil bisa mogok? Berikut ini beberapa penyebabnya yang perlu Anda tahu sekaligus cara penanganannya:

1. Kehabisan Bahan Bakar

Bahan bakar merupakan sumber utama kehidupan kendaraan, termasuk mobil. Bahan bakar habis jelas membuat mobil mogok. Oleh karena itu, hal pertama yang harus Anda periksa saat mobil mogok adalah dengan mengecek bahan bakar. Pastikan mobil Anda tidak kehabisan bahan bakar.

2. Adanya Masalah pada Karburator

Jika mobil tidak kehabisan bahan bakar, bisa jadi pada bagian karburator yang bermasalah. Biasanya, mobil akan mogok pada saat karburator tidak menerima bahan bakar secara cukup sehingga proses pembakaran tidak sempurna. Sedikitnya bahan bakar yang masuk ke karburator ini bisa dikarenakan klepnya yang sudah sangat kotor sehingga membuat bahan bakar sulit menyembur ke karburator. Oleh karena itu, bersihkan bagian klep tersebut. Namun, jika mobil tetap mogok meskipun klep sudah dibersihkan, coba lakukan uji coba dengan melepas selang yang terhubung ke karburator. Kemudian, masukkan selang tersebut ke dalam botol, lalu stater mobil. Jika aliran bahan bakar lancar masuk ke dalam botol, artinya bukan bagian karburator yang bermasalah, tapi bagian lain.

(Baca Juga : Cara Merawat Mesin Mobil Paling Simple)

3. Adanya Masalah pada Switcher Starter

Switcher starter yang sudah aus juga bisa menjadi penyebab mobil mogok karena tidak bisa distarter. Sebenarnya, bagian ini hanya digunakan pada saat mobil akan dihidupkan dan dimatikan, selain itu tidak digunakan, sehingga tidak berpengaruh terhadap kinerja mobil. Tak heran jika banyak orang yang mengabaikannya. Padahal, pada saat switcher starter tidak berfungsi dengan baik, sudah pasti mobil tidak akan jalan. Jika bagian ini mengalami aus, segera ganti dengan yang baru. Namun, jika bagian ini hanya mengalami kerenggangan akibat guncangan saat melalui medan yang terjal, Anda bisa mengatasinya dengan menyambungkan bagian plus dan minusnya dengan kawat yang tajam atau peniti, kemudian datangi bengkel untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

4. Arus Listrik Aki Lemah

Aki merupakan sumber energi yang membuat mobil bisa bergerak. Jika arus listrik yang ada pada aki melemah, sudah pasti akan menjadi penyebab mobil mogok. Di bagian ini, beberapa hal yang perlu Anda periksa adalah:

  • Pastikan kabel yang menyambung ke aki terhubung secara sempurna.
  • Pastikan intensitas air dalam aki cukup. Jika habis, segera lakukan pengisian hingga pada ukuran cukup.
  • Pastikan bagian terminal dalam kondisi bersih. Jika kotor, segera bersihkan dengan amplas, kemudian pasang kabel yang terhubung ke aki dengan kuat.

Top