5 Cara Ideal Memakai Sabuk Pengaman Mobil dengan Tepat

April 10th, 2019 by Oline
5 Cara Ideal Memakai Sabuk Pengaman Mobil dengan Tepat

Penggunaan sabuk pengaman sangatlah penting  saat berkendara. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko fatal hingga 45% ketika terjadi tabrakan dari depan maupun samping. Bahkan, penggunaan sabuk pengaman telah diatur di Undang-Undang LLA Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 57 Ayat 3. Lalu, bagaimana cara memakai sabuk pengaman yang baik dan benar? Simak ulasannya berikut ini.

Perhatikan bagian atas sabuk dengan benar

Cara memakai sabuk pengaman mobil dapat dilakukan dengan memasang bagian atas sabuk dengan benar. Biasanya, baik pengemudi maupun penumpang mengeluh jika tali dari sabuk pengaman ini tidak nyaman. Mereka pun hanya menyelipkannya di bagian belakang punggung saja.

Namun, posisi dan cara tersebut sebenarnya kurang tepat. Ini dikarenakan kemampuan sabuk pengaman tidak akan berkerja secara maksimal. Keberadaan sabuk pengaman memang dirancang untuk memberikan kekuatan pada area tubuh penumpang. Jika Anda tidak menempatkan bagian atas ini dengan benar akan berakibat fatal saat terjadi benturan.

Posisi duduk harus pas dan tali bagian bawah

Posisi duduk juga berpengaruh pada cara memakai sabuk pengaman mobil yang benar. Duduklah dalam posisi yang tegak, lalu sejajarkan punggung dengan sandaran kursi. Sebaiknya jangan menurunkan posisi kursi lebih dari kebutuhan dan mengganggu kenyamanan, karena apabila terjadi kecelakaan, sabuk dapat melewati bagian pinggang dan hal ini dapat  menahan bagian perut. Inilah yang pada akhirnya menyebabkan cedera serius.

Begitu juga dengan tali pada bagian bawah sabuk pengaman. Usahakan berada di atas sekitar pinggang, dalam posisi yang senyaman mungkin. Tujuannya adalah untuk memberikan kekuatan, khususnya pada bagian panggul agar tubuh tidak terlempar jauh dan menghindari benturan ketika terjadi kecelakaan.

(Baca juga: Inilah Penyebab Lampu Indikator Mobil Mati Semua)

Periksa agar tidak terpelintir

Setelah kedua hal di atas Anda lakukan dengan baik, maka selanjutnya ialah periksa sabuk pengaman tersebut agar tidak terpelintir. Tali sabuk pengaman, harus berada pada posisi yang rata di bagian dada atas dan daerah paha atas penumpang. Jika tali pinggang ini berada dalam posisi tidak lurus maka kekuatannya dalam melindungi Anda di bagian pinggang tidak akan bekerja dengan baik. Ini juga yang menyebabkan sabuk pengaman menjadi tidak efektif ketika digunakan.

Pastikan sudah terkunci dengan benar

Langkah berikutnya adalah untuk memastikan  pula sebelum melakukan perjalanan, sabuk pengaman sudah terkunci dengan benar. Caranya adalah dengan memasukan ujung sabuk pengaman ke holder nya. Kemudian lakukanlah hal sederhana untuk memastikan keamanannya, semsialnya dengan menariknya sesekali

Apabila sabuk pengaman ini lepas dari slot kunci di bagian bawah, maka bisa dipastikan sabuk pengaman tersebut masih belum aman. Dengan memeriksanya sebelum melakukan perjalanan dapat membuat Anda sedikit lega dan merasa terlindungi selama perjalanan berlangsung.

Menggunakan sabuk pengaman untuk ibu hamil

Lalu, bagaimana cara menggunakan sabuk pengaman mobil untuk ibu hamil? Ibu hamil memang butuh memperhatikan cara menggunakan sabuk dengan baik agar tidak membahayakan kandungan. Maka dari itu, baiknya tali dipasang di antara kedua payudara dan mengarah ke bagian sisi perut. Hindari juga mengenakan sabuk pengaman di bawah lengan.

Kenakanlah tali sabuk pengaman pada bagian bawah perut dan di atas pinggul. Jangan pula gunakan tepat pada bagian perut. Tekanan yang terjadi selama perjalanan jika Anda menggunakannya pada perut dikhawatirkan dapat mengganggu kandungan dan janin. Oleh karenanya, mengatur posisi yang tepat sangat dianjurkan untuk ibu hamil ketika memasang sabuk pengaman mobil.

Ingat, dengan menggunakan sabuk pengaman Anda dan penumpang lain akan terhindar dari risiko yang cukup fatal ketika terjadi kecelakaan ataupun benturan. Semoga cara memakai sabuk pengaman mobil dengan baik di atas dapat membantu Anda.

Banner Caroline ID WhatsApp

Top