5 Hal yang Harus Anda Lakukan saat Mobil Tidak Bisa Distarter

Februari 1st, 2019 by Oline
Inilah 5 Hal yang Harus Anda Lakukan saat Mobil Tidak Bisa Distarter

Mobil tidak bisa distarter seringkali dialami banyak orang, yang pastinya akan membuat kesal, terlebih saat Anda sedang terburu-buru menuju suatu tempat. Tidak hanya bayangan Anda bakal telat sampai tujuan, namun juga bayangan harus repot menghubungi bengkel. Namun, sebenarnya Anda tidak perlu panik dulu. Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut, paling tidak sebagai pertolongan pertama sebelum sampai di bengkel. Beruntung jika ternyata mobil bisa jalan normal kembali.

1. Memeriksa Aki

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kondisi aki. Pastikan volume air pada aki di level cukup. Hal ini dapat dilihat jika air berada di batas maksimum dan minimum yang sudah ditandakan di setiap mobil. Selain itu, periksa voltase aki. Dalam hal ini, Anda bisa meminta bantuan mobil lain yang normal untuk melakukan jumper pada mobil tersebut. Jika pada saat jumper mobil Anda ternyata dapat distarter, artinya aki mobil Anda sudah usang. Anda harus segera menggantinya pada saat ke bengkel.

2. Memeriksa Sekring

Jika langkah pertama, yaitu jumper dengan mobil lain belum berhasil, maka lakukan pemeriksaan pada sekring. Biasanya, sekring mobil ini terletak di dekat kutub positif aki. Pastikan sekring tersebut tidak putus. Sebab, jika putus, Anda harus segera membawa ke bengkel terdekat karena bisa jadi ada masalah pada sistem kelistrikan dalam mobil sehingga membuat sekring putus.

(Baca Juga : Cara Menghidupkan Mobil yang Aman)

3. Memeriksa Karburator

Jika ternyata sekring tidak putus, artinya bukan masalah sekring yang membuat mobil tidak bisa distarter. Oleh karena itu, segera periksa bagian lain dari mobil, yaitu karburator. Karburator yang kotor akan membuat sistem supply bahan bakar menjadi terganggu. Akibatnya, pembakaran tidak terjadi secara maksimal dan mobil menjadi sulit untuk distarter. Jika memang kotor, Anda bisa langsung membersihkannya sendiri, kemudian coba lagi menyalakan mobil.

4. Memeriksa Dinamo Start

Salah satu komponen utama pada proses menyalakan mesin adalah dinamo start. Sebab, komponen ini berfungsi untuk menggerakkan roda gila pada mesin agar hidup. Untuk mengetahui kondisi dinamo start, Anda bisa melihat kondisi fisik dari dinamo start tersebut. Selain itu, perhatikan apakah terdengar bunyi yang janggal pada komponen tersebut. Jika memang bermasalah, artinya Anda harus segera membawa mobil ke bengkel terdekat untuk melakukan penggantian komponen ini.

5. Memeriksa Fuel Pump

Jika karburator tidak kotor atau sudah dibersihkan namun mobil tidak bisa menyala setelah distarter, maka lakukan pemeriksaan pada fuel pump. Untuk mobil dengan sistem injeksi, fuel pump yang kotor juga akan berpengaruh terhadap kinerja stater. Anda bisa melihat apakah fuel pump bermasalah atau tidak dengan melihat pada speedometer. Jika memang bagian ini sangat kotor dan menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter, maka segeralah panggil montir. Sebab, selain proses pembersihan, mobil juga perlu dikalibrasi ulang agar fuel pump dapat bekerja secara maksimal. Dan juga, proses kalibrasi ini memerlukan alat tertentu yang biasanya hanya dimiliki oleh montir atau bengkel.

 

Top