AC Mobil Tidak Dingin? Ini Cara Pencegahan dan Solusi Efektifnya!

December 14th, 2018 by Oline
AC mobil tidak dingin

AC mobil tidak dingin bisa disebabkan banyak faktor. Mulai dari komponen AC yang memang sudah rusak, kotor, atau faktor lainnya. Berikut diberikan beberapa diantaranya:

Freon Habis

Freon yang kurang atau habis juga bisa menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin. Sebenarnya freon AC tidak akan habis selama tidak ada yang bocor. Sehingga bila didapati freon habis bisa jadi ada kebocoran pada sistem AC mobil Anda yang harus segera diperbaiki.

Drivebelt Putus

Drivebelt berfungsi penting menyalurkan putaran mesin ke kompresor. Bila drive belt putus, maka kompresor tidak dapat berputar. Sehingga menyebabkan freon tidak dapat bersirkulasi dan kabin mobil pun menjadi panas.

Filter AC Tersumbat

Filter AC berfungsi menyaring debu dan kotoran. Bagian ini harus rutin dibersihkan agar tidak terlalu banyak kotoran menempel. Bila filter terlalu kotor, maka bisa menghambat sirkulasi udara yang menyebabkan AC tidak dingin optimal.

Selain beberapa faktor di atas, masih banyak faktor penyebab lainnya. Adapun mengetahui faktor penyebab AC tidak dingin penting agar bisa melakukan perbaikan yang tepat. Dimana perbaikan dianjurkan tidak dilakukan sendiri melainkan sebaiknya oleh teknisi ahli.

Langkah Pencegahan AC Mobil Rusak

Adapun langkah terbaik memang rutin cek kondisi AC dan tidak perlu menunggu AC mobil tidak dingin. Meski merasa awam Anda bisa melakukan pengecekan rutin sederhana. Misalnya seperti memeriksa temperatur mobil menggunakan termometer digital yang dipasang di kisi-kisi AC pada dashboard mobil. Selanjutnya Anda bisa mencoba menyetel angin pada posisi 1 guna mengetahui suhu paling dingin.

Perlu diketahui suhu dingin ideal AC mobil adalah 3 sampai 8 derajat Celcius. Setelah mencapai suhu dingin ideal biasanya kompresor otomatis cut off. Jika Anda tidak mendapat suhu dingin ideal dan kompresor tidak kunjung cut off, maka Anda perlu curiga. Kemungkinan telah terjadi pembekuan pada bagian evaporator yang menutup jalan angina ke kabin. Kondisi ini kelak juga bisa menyebabkan AC berembun. Bila Anda bingung bisa meminta bantuan langsung ke bengkel AC mobil.

Solusi AC Mobil Tidak Dingin

Bagaimana jika AC mobil sudah terlanjur tidak dingin? Bila hal ini sudah terjadi, maka mau tidak mau Anda harus membawanya ke bengkel terpercaya. Pasalnya bagian AC termasuk sektor yang seluruh komponennya tertanam di bagian dalam, sehingga harus dibongkar oleh tenaga ahli berpengalaman guna mengetahui penyebab pasti kerusakan AC. Hal ini penting agar kerusakan pada AC tidak semakin parah.

Sebenarnya kerusakan pada AC mobil tidak perlu Anda alami jika rutin melakukan perawatan. Marenanya sebaiknya rutin melakukan pengecekan pada bagian AC secara berkala tiap 3-6 bulan sekali. Anda pun bisa meminta pengecekan AC setiap kali service mobil. Jadi jangan menunggu AC mobil tidak dingin. Apakah Anda tertarik jual beli mobil kondisi AC bagus dengan untung lebih tanpa perantara? Hanya www.caroline-id.com solusinya!

Top