BMW Seri 7 High Security: Jadi Mobil Presiden RI?

Juli 1st, 2019 by Mada Prastya

Santer diberikatan BMW tengah mengajukan salah satu produknya untuk menjadi mobil dinas presiden RI selanjutnya. Mobil tersebut ialah BMW Seri 7 High Security yang masuk ke dalam jajaran produk security vehicle BMW.

Dalam dunia otomotif, BMW dikenal dengan ciri khas produknya yang memiliki karakter pengendaraan dinamis dan menyenangkan. Namun, mungkin sebagian dari Anda belum banyak tahu pabrikan yang bermarkas di Munich, Jerman tersebut juga memiliki kendaraan dengan standar keamanan tinggi yang cocok untuk dipakai pejabat negara.

Salah satunya produknya yang lagi ramai diperbincangkan ialah BMW Seri 7 F02 High Security Vehicle. Mobil sedan mewah ini disodorkan oleh pihak BMW di Indonesia untuk menjadi mobil kepresidenan RI selanjutya.

Melihat laporan OkeZone yang berjudul “BMW Tawarkan Seri 7 sebagai Mobil Dinas Presiden Jokowi“, pihak BMW membenarkan kabar ini. Kini proses pengajuanya yang berupa lelang masih berlangsung.

Kelebihan BMW Seri 7 F02 High Security

BMW Seri 7 High Security Mobil Presiden RI

Sedan mewah BMW ini sangat efektif melindungi penumpang di dalamnya dari serangan balistik. (Foto: BMW)

Disodorkan sebagai mobil presiden, sudah barang tentu produk ini memiliki kelebihan di atas rata-rata mobil pada umumnya. Terutama dalam hal keselamatan dan kenyamanannya. Mengutip laporan BMWBlog dalam halaman “BMW High Security Vehicles” diketahui bahwa BMW Seri 7 merupakan mobil pertama di dunia yang mendapat sertifikasi BRV 2009.

Sebagai informasi, mobil ini tersedia dalam dua tipe, yakni BMW 760Li High Security dan BMW 750Li High Security. Keduanya pun sudah memenuhi standar proteksi balistik level VR7. Itu artinya mobil sangat efektif melindungi penumpang dari serangan senjata api.

Adanya lapisan anti serangan balistik ini sejatinya akan menambah bobot kendaraan. Namun begitu, sektor performa tetap bisa dioptimalkan agar mobil bisa melaju dengan gesit.

Di bawah kap mesinnya, mobil sedan mewah BMW ini menggunakan mesin V12 Twin Power Turbo. Informasinya mesin tersebut bisa membawa mobil melesat dari kondisi diam hingga kecepatan 100 km perjam dalam waktu 6,2 detik. Demi keselamatan, pabrikan membatasi top speed dengan elektronik speed limit sehingga lajunya mentoknya di 210 km perjam.

Kepastian sedan BMW ini untuk menjadi mobil kepresidenan RI memang masih tanda tanya. Saat ini mobil dinas presiden masih mengandalkan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang bisa dibilang usianya tak muda lagi.

Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog CAROLINE.id.

Artikel menarik lainnya untuk Anda:

Top