Cara Baru Jual Beli Mobil yang Lebih Nyaman

Maret 18th, 2019 by Carol
Inilah Cara Baru Jual Beli Mobil yang Lebih Nyaman

Sebelum media digital berkembang, Anda harus mengernyitkan dahi saat membaca ikan tertulis di koran untuk membeli mobil bekas. Selain itu, Anda juga harus berkunjung dari satu dealer ke dealer yang lain untuk menemukan mobil bekas incaran. Namun, sekarang dunia digital telah memudahkan calon pembeli untuk memilih mobil bekas. Caranya hanya dengan beberapa klik di komputer atau smartphone yang dimiliki.

Dulu vs Kini

Dulu, riset harus dilakukan terdahulu, untuk memutuskan mobil bekas apa yang Anda inginkan dan membuat daftarnya. Daftar tersebut akan berguna saat Anda mengunjungi beberapa dealer mobil bekas untuk membandingkan harga. Hal ini berguna agar Anda tidak rugi saat menentukan pilihan, sehingga Anda akhirnya pulang dengan pilihan mobil yang pas.

Ada pula pilihan membeli mobil bekas secara langsung dari perorangan terutama jika mereka telah memasang iklan. Oleh karena itu, Anda dapat menghubungi mereka untuk mengatakan bahwa Anda tertarik dan menjadwalkan pertemuan untuk melihat kondisi mobil dan mengecek hal lainnya seperti riwayat perawatan dan berkas-berkas lainnya. Setelah itu, Anda dapat melakukan proses tawar menawar harga. Hal ini sedikit rumit, terutama bagi Anda yang tidak terlalu paham soal otomotif dan mobil. Untuk inspeksi mobil bekas, Anda perlu mengajak orang yang lebih ahli atau bahkan montir, supaya tidak tertipu sebelum membeli. Tentu saja untuk itu ada tambahan usaha dan biaya yang perlu Anda keluarkan, bukan?

Kemunculan Online Marketplace

Di era ini, semua semakin dimudahkan oleh perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini telah membuat hidup lebih efisien dalam banyak aspek, hanya dengan menekan tombol di handphone atau komputer. Termasuk juga dengan keberadaan online marketplace, yang memfasilitasi beragam kebutuhan, seperti jual beli kendaraan. Sekarang, jika Anda memilih untuk membeli atau menjual mobil bekas, hilanglah hari-hari dimana Anda harus pergi ke satu dealer ke dealer yang lain. Selain itu, Anda mungkin tidak harus lagi memasang stiker ‘jual mobil’ pada kendaraan yang sedang Anda kemudikan sehari-hari.

Kehadiran online marketplace untuk jual-mobil bekas di Indonesia pun semakin meningkat. Selain dealer mobil bekas, Anda sebagai end-customers juga dapat memasang iklan sendiri untuk menjual mobil bekas secara langsung. Dengan ujung jari Anda, adanya beragam online marketplace untuk jual dan beli mobil memudahkan proses memilih dan membeli mobil bekas. Selain itu, online marketplace memudahkan calon pembeli untuk membandingkan harga demi mendapatkan yang terbaik.

Namun, kemungkinan rasa takut atau kekhawatiran mungkin tetap ada, mengingat nilai harga suatu mobil, tidaklah sedikit. Lalu, ada resiko seperti penipuan, ketidak-transparan harga, dan sebagainya. Oleh karena itu, Caroline hadir sebagai rekan yang terpercaya untuk mengurangi bentuk-bentuk kekhawatiran yang mungkin Anda rasakan ketika melakukan jual dan beli mobil dengan cara baru yang lebih nyaman.

Tentang Caroline

Caroline adalah sebuah marketplace yang aman dan profesional untuk jual dan beli mobil, dengan menggunakan sistem penawaran bidding. Anda adalah calon pembeli? Tenang, selain akan mendapatkan harga terbaik, di Caroline, dapat dipastikan seluruh kendaraan telah diinspeksi oleh teknisi ahli Caroline. Dan semuanya dilakukan secara gratis. Anda akan menerima hasil inspeksi kendaraannya, sehingga harga yang ditawarkan sudah pasti sesuai dengan kondisi dan pasar, dan tanpa biaya perantara. Lalu,  bagi Anda yang hendak menjual mobil, tidak perlu khawatir, karena harga yang akan ditawarkan di listing akan melalui persetujuan Anda terlebih dahulu. Kemudian, ada sistem bidding, dimana ada kenaikan harga dari harga dasar penawaran berdasarkan demand dari para calon pembeli. Jadi win win solution juga kan.

(Baca juga: Jual Mobil Bekas dengan Sistem Penawaran Harga Lebih Untung, Bagaimana Caranya?)

Namun, sebelum mendalami hal tersebut, mari melihat Caroline dan cara kerja online marketplace terbaru ini secara lebih mendalam.

Untuk menjual mobil yang dimiliki, inilah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  1. Anda hanya perlu mengunjungi situs caroline.id untuk mendaftar akun,
  2. Lalu, Anda dapat mengisi data pribadi serta data mobil yang akan dijual,
  3. Setelah itu, Caroline akan menjadwalkan hari pertemuan dengan tim inspeksi Caroline di lokasi inspeksi terdekat. Proses inspeksi ini gratis diberikan oleh Caroline.
  4. Pada tahapan inspeksi, mobil yang dijual akan dicek secara menyeluruh oleh teknisi profesional dari Caroline dari segi:
    • Eksterior mobil,
    • Interior,
    • dan juga mesin.
  5. Setelah dicek, tim inspeksi akan melakukan proses penilaian dan dokumentasi secara menyeluruh untuk dijadikan pertimbangan pemutusan harga dasar penawaran.

Harga dasar penawaran tersebutlah yang nantinya dapat ditawar oleh para calon pembeli setelah item mobil masuk ke dalam listing pada website Caroline.

Sistem Penawaran di Caroline

Proses penawaran online di Caroline berlangsung setiap harinya pada jam 6 sore sampai jam 9 malam. Listing mobil disertai penilaian dan dokumentasi mobil secara menyeluruh. Iya, pembeli dapat melihat kondisi mobil dengan cukup detail. Mengapa demikian? Karena tim teknisi Caroline akan mengambil foto mobil dari berbagai angle, termasuk tampilan interior mobil dengan view 360 derajat. Namun, Anda tidak harus terikat dengan jangka waktu tersebut, kok. Caroline juga hadir sebagai “open house” karena mobil yang dititip oleh penjual dapat dilihat langsung oleh Anda kapan saja.

Pada saat jam penawaran telah dibuka, pembeli akan dapat menawar harga yang lebih tinggi dari harga pembuka. Maka, pembeli dengan penawaran yang paling tinggi akan memenangkan proses penawaran mobil. Setelah itu, mobil akan dapat diambil di lokasi inspeksi Caroline yang tertera pada halaman produk setelah proses transfer dilakukan. Proses transfer ini dapat dilakukan dengan dua opsi, transfer via rekening Caroline ataupun transfer langsung ke rekening penjual mobil. Tentu saja, kedua cara transfer tersebut dijamin keamanannya dan Caroline juga menyediakan dua opsi pelunasan dengan cash ataupun credit.

Transaksi yang Aman

Meskipun metode penawarannya berupa metode yang menyerupai sistem lelang, namun tidak perlu khawatir. Hal tersebut hanyalah berupa sistem penawaran harga untuk pembelian mobil saja. Sedangkan kondisi mobil telah dipastikan aman, terjamin, dan bukan merupakan objek sitaan bermasalah seperti yang umumnya dikorelasikan dengan kendaraan lelang.

Adanya sistem inspeksi yang profesional yang diberikan secara gratis oleh Caroline menjadi dasar penentuan harga dan juga jaminan keamanan kondisi kendaraan. Hal ini lah yang masih sangat jarang ditemukan pada online marketplace untuk mobil bekas di Indonesia. Dengan adanya sistem inspeksi dan transparansi, pada akhirnya harga terbaik juga lah berlaku baik bagi pembeli maupun penjual. Lain halnya dengan dealership mobil bekas yang mengambil margin harga cukup tinggi. Caroline juga berbeda dari online marketplace mobil bekas dengan listing perorangan yang masih sangat mungkin untuk membuka harga di awal dengan setinggi-tingginya. Namun, pembeli cenderung menawar harga yang lebih rendah dengan dasar yang tidak pasti. Di Caroline, harga mobil bekas sepenuhnya ditentukan oleh kondisi market, hasil inspeksi kondisi mobil, serta penawaran harga tertinggi. Jadi ‘win-win solution’ bagi kedua belah pihak bukan?

Tertarik?

Demikian proses penjualan mobil yang akan dialami dengan menggunakan jasa Caroline. Cara kerja Caroline juga menguntungkan dari sisi pembeli, bahkan jika Anda belum pernah melakukan jual-beli mobil bekas dan untuk Anda yang tidak terlalu mengenali dunia otomotif. Ketimbang menghabiskan waktu mengunjungi banyak dealer mobil bekas, Anda dapat melihat pilihan mobil yang luas tanpa merasa lelah. Dari segi transaksi, Caroline akan memastikan bahwa semuanya aman dengan adanya proses inspeksi secara gratis, buy back warranty. Selain itu, ada bantuan sistem pengajuan kredit oleh pihak Caroline langsung. Solusi lengkap dari awal hingga akhir proses jual dan beli!

Proses transaksi di Caroline serba mudah dan menguntungkan, baik bagi penjual dan pembeli.  Jika Anda penasaran, mari mengenal Caroline lebih jauh dengan mengunjungi website Caroline di caroline.id.

Top