Inilah Cara Beli Mobil Bekas yang Aman Tanpa Tertipu!

Maret 4th, 2019 by Oline
Cara Beli Mobil Bekas

Memiliki kendaraan atau mobil keluarga dapat membantu Anda dalam melakukan banyak aktivitas, mulai dari traveling, berkunjung ke rumah kerabat atau keluarga di tempat jauh, hingga bergabung dalam komunitas kendaraan sehingga bertemu dengan orang-orang baru. Namun terkadang, saat Anda benar-benar membutuhkan sebuah kendaraan, ada beberapa kendala yang membuat Anda tidak bisa membeli kendaraan atau mobil baru. Jika sudah begini, beli mobil bekas adalah solusi terbaik. Bingung bagaimana caranya? Ini dia cara beli mobil bekas supaya Anda tetap aman dan tidak kena tipu.

5 Tips Cara Beli Mobil Bekas yang Aman Tanpa Tertipu

Membeli mobil bekas tanpa pengalaman sebelumnya adalah hal yang sangat rentan. Salah-salah, Anda bisa kena tipu dari penjual mobil tersebut yang tentunya hanya akan menyebutkan kelebihan-kelebihan mobil yang akan dijual tadi. Makanya, Anda perlu sekali membaca 5 tips jitu cara beli mobil bekas ini supaya tetap aman dan tidak tertipu. 

1. Pastikan Anda Membeli Mobil Bekas dari Penjual yang Terpercaya

Membeli Mobil Bekas dari Penjual yang Terpercaya

Ada banyak cara mencari tahu informasi seputar penjualan mobil bekas yang bisa Anda lakukan. Mulai dari mencari iklan baris baik itu di media cetak seperti koran, media elektronik seperti radio dan TV kabel, sampai dengan media online seperti Facebook, Twitter, IG, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa membuka situs web koran lokal yang dekat dengan tempat tinggal Anda untuk mendapatkan mobil bekas seperti yang Anda inginkan.

Membeli mobil bekas tidak menutup kemungkinan bahwa Anda bisa mendapatkan mobil dengan kualitas yang masih bagus, harga terjangkau, dan sparepart yang original. Namun, keuntungan tersebut hanya akan Anda dapatkan ketika Anda membeli mobil bekas dari penjual yang terpercaya.

2. Ketahui Riwayat Mobil Bekas yang Akan Anda Beli

Ketahui Riwayat Mobil Bekas yang Akan Anda Beli

Menyelidiki riwayat mobil bekas yang akan Anda beli is a must-to-do yang wajib hukumnya untuk Anda lakukan. Tidak sedikit orang yang kecewa karena kecerobohannya membeli mobil bekas secara tergesa-gesa tanpa memverifikasi terlebih dahulu laporan riwayat dari mobil tersebut.

Beberapa riwayat mobil bekas yang penting dan harus Anda tanyakan adalah kapan tahun pembuatannya, bagaimana kondisi mesinnya, bagaimana dengan jarak tempuhnya, apakah sparepart nya asli, dan masih banyak lagi. Agar lebih meyakinkan, Anda juga bisa menyewa seorang mekanik bersertifikat yang akan mengecek semua kondisi mobil bekas tersebut.

(Baca juga: Cara Baru Jual Beli Mobil yang Lebih Nyaman)

3. Untuk Menghemat Budget, Anda Bisa Memilih Opsi Over Credit Via Bank

Untuk Menghemat Budget, Anda Bisa Memilih Opsi Over Credit Via Bank

Cara beli mobil bekas ketiga yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan over credit via bank. Jika budget yang Anda miliki minim, Anda bisa memilih opsi ini yaitu dengan mengambil kredit dari bank untuk membeli mobil bekas dan melunasi pinjaman bank setiap bulan.

Selain lebih aman, meminjam uang dari bank biasanya bunganya lebih rendah dan sifatnya flat dimana jumlah bunga selalu tetap dan tidak akan berubah meskipun berganti bulan dan tahun.

4. Tawar Seolah Anda Adalah Seorang Profesional

Tawar Seolah Anda Adalah Seorang Profesional

Proses tawar-menawar atau negosiasi adalah bagian paling rumit karena pada saat proses tawar-menawar maka Anda akan memutuskan harga yang sesuai dengan budget Anda untuk membeli sebuah mobil bekas. Anda perlu sekali mengumpulkan semua informasi agar harga mobil bekas yang akan Anda beli bisa turun. Bagaimana kondisi mesinnya, bagaimana dengan keausan dan tekanan udara di ban, dan jangan lupa tanyakan kapan terakhir kali ganti ban serta terakhir melakukan servis untuk mobil tersebut.

Proses tawar menawar harga mobil juga harus disesuaikan bukan berdasarkan harga yang diminta penjual, melainkan berdasarkan nilai pasar untuk mendapatkan harga standar yang tidak terlalu rendah atau tidak terlalu tinggi.

5. Tutup Penawaran dengan Harga Beli

Tutup Penawaran dengan Harga Beli

Ketika proses tawar-menawar sudah selesai, saatnya Anda melakukan closing dengan cara menutup penawaran tersebut dengan harga beli. Usahakan Anda tidak membayar tunai mobil bekas tersebut supaya jika terjadi kerusakan pada mobil, Anda masih bisa mendapatkan uang Anda kembali.

Lakukan pembayaran non tunai karena membawa uang tunai dalam jumlah besar bisa membahayakan Anda. Selain itu, dengan melakukan pembayaran via transfer atau kartu kredit, rekam jejak pembayaran Anda bisa tertulis secara jelas untuk menghindari hal-hal yang salah atau tidak diinginkan terjadi di kemudian hari.

Nah, itu tadi 5 tips cara beli mobil bekas yang aman tanpa perlu takut tertipu. Sekarang, meskipun Anda orang yang awam dan baru akan melakukan pembelian mobil bekas, dengan menerapkan 5 tips di atas, Anda bisa menjadi seorang profesional yang bisa menawar mobil bekas dengan tetap aman dan tidak kena tipu ketika membeli mobil bekas yang paling Anda inginkan. Selamat mencoba!

Top