Cek Kondisi Mesin Sebelum Beli Mobil Bekas. Bagaimana Caranya?

Agustus 8th, 2019 by Carol
cek kondisi mesin

Cek kondisi mesin penting dilakukan sebelum Anda membeli sebuah mobil bekas. Pasalnya, mesin adalah komponen paling krusial dari kendaraan. Kondisi mesin akan menentukan performa kendaraan dan keamanan serta kenyamanan Anda dalam berkendara. Tak hanya itu, kondisi mesin dapat memberikan proyeksi mengenai biaya perawatan yang perlu Anda keluarkan. Maupun nilai penyusutan harga yang mungkin terjadi jika kelak mobil tersebut hendak dijual lagi. Anda dapat cek kondisi mesin mobil bekas yang hendak dibeli dengan beberapa cara berikut.

Lihat Kondisi Umum Ruang Mesin Terlebih Dahulu

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka kap mobil untuk melihat kondisi umum ruang mesin. Kotoran dan debu di ruang mesin masih terhitung normal. Namun, Anda harus mulai waspada dan lanjut cek kondisi mesin dengan serius jika melihat ada oli yang tumpah atau berhamburan di area kompartemen mesin. Di sisi lain, jangan terburu-buru puas pula jika Anda melihat ruang mesin yang terlampau bersih. Ruang mesin yang terlampau bersih pun tidak bagus karena bisa jadi sudah sengaja dibersihkan semaksimal mungkin oleh penjual untuk menutupi kekurangan-kekurangan pada mesin. Salah satunya adalah untuk menutupi adanya kebocoran oli.

Cek Kondisi Mesin dengan Periksa Selang dan Sabuk Mesin

Berikutnya, Anda bisa cek kondisi mesin dengan memeriksa seluruh selang dan sabuk yang ada. Coba tekan berbagai selang karet yang mengalir atau terhubung ke radiator, AC, maupun bagian-bagian lainnya. Selang karet yang masih baik seharusnya keras agak lentur (tidak keras sepenuhnya, tetapi juga tidak terlalu lembek) serta tidak retak. Selain memeriksa selang karet, Anda juga dapat cek kondisi mesin dengan memeriksa tingkat keusangan sabuk penggerak.

Cek Kondisi Mesin dengan Periksa Seluruh Cairan Mesin

cek kondisi mesin

Kondisi mesin ditentukan pula oleh kondisi cairan-cairan yang berkaitan dengan kinerja mesin. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa semua level cairan untuk cek kondisi mesin.

Pertama, Anda dapat memeriksa kondisi oli mesin dengan dipstick. Pada tahap ini Anda bisa memeriksa volume atau jumlah oli yang ada pada mesin. Caranya, Anda bisa melihat bekas oli antarlevel ideal pada dipstick, biasanya antara tanda “+” atau “-“. Selain itu, Anda juga bisa memeriksa warna dari oli tersebut. Oli mesin yang baik seharusnya berwarna cokelat tua atau hitam dan tidak “berpasir”. 

Kedua, Anda dapat memeriksa cairan transmisi. Cairan transmisi yang baik seharusnya berwarna merah muda (bukan cokelat) dan berbau seperti minyak (tanpa bau terbakar). Anda dapat mengenali tanda-tanda adanya masalah pada mesin jika dipstick meninggalkan partikel logam yang terlihat di kain.

Cek Kondisi Mesin dengan Periksa Kondisi Radiator

Anda dapat memeriksa kondisi radiator dengan melihat ke dalam wadah plastik yang terhubung ke radiator dengan selang karet. Pendingin di wadah tersebut seharusnya berwarna kehijauan atau jingga, bukan warna seperti susu atau berkarat. Jika Anda menemukan noda kehijauan di bagian luar radiator, bisa jadi hal tersebut adalah tanda adanya kebocoran pada lubang jarum.

Cek Kondisi Mesin dengan Periksa Sisa Residu Pada Knalpot

cek kondisi mesin

Sisa residu pada knalpot mobil juga dapat memberi tahu Anda tentang kondisi mesin kendaraan. Noda hitam dan berminyak wajar ditemukan pada knalpot karena noda knalpot memang harusnya kering dan berwarna abu-abu gelap. Karat pada knalpot mobil juga sesuatu yang wajar. Namun, jika Anda melihat ada karat yang berat, bisa jadi mobil tersebut membutuhkan sistem pembuangan baru.

Lihat Bagian Bawah Kendaraan

Jika mobil cukup tinggi, Anda juga bisa masuk ke bagian bawah kendaraan dan melakukan pemeriksaan dasar. Beberapa tanda mesin mobil sudah kurang baik adalah adanya tetesan oli, kebocoran berminyak, atau cairan hijau maupun merah pada mesin dan jalanan di bawah mobil.

Beli Mobil Bekas di CAROLINE.id untuk Kondisi Mesin Mobil yang Terjamin Aman!

Jika ingin membeli mobil bekas dengan kondisi mesin yang terjamin dan sesuai hasil inspeksi, CAROLINE.id solusinya! Hanya CAROLINE.id yang memberikan layanan lengkap, mulai dari inspeksi kendaraan hingga buyback warranty secara GRATIS. Anda sebagai pembeli tak perlu repot dan tinggal terima beres.

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Beli Mobil Bekas Tak Seperti Beli Kucing dalam Karung!

Setiap mobil bekas yang dijual di CAROLINE.id sudah melewati proses inspeksi kendaraan oleh tim yang profesional. Seluruh bagian mobil, baik eksterior maupun interior, diperiksa secara detail sehingga bukan hanya bagian mesin saja yang terjamin kondisinya. Mobil kemudian akan di-grading sesuai dengan hasil inspeksi. Anda sebagai calon pembeli dapat mengakses dan melihat sendiri informasi terkait hasil inspeksi dan grade kendaraan tersebut di situs CAROLINE.id. Jika masih belum yakin, Anda pun dapat mengecek kondisi kendaraan secara langsung sambil melakukan test drive di titik-titik lokasi inspeksi untuk memastikan kesesuaian kondisi kendaraan dengan hasil penilaian. Seluruh layanan ini diberikan tanpa biaya untuk menjamin transparansi dan keamanan proses jual beli mobil bekas.

Baca Juga: Membeli Mobil Bekas Tanpa Melakukan Inspeksi Kendaraan. Apa Akibatnya?

Masih ada yang lebih baik lagi! Untuk menunjukkan komitmen dan keseriusan CAROLINE.id dalam menyediakan mobil bekas yang pasti masih aman dan prima kondisinya, CAROLINE.id juga memberikan buyback warranty mesin untuk setiap transaksi jual beli mobil bekas. Anda bisa mengklaim garansi tersebut jika pada mobil bekas yang dibawa pulang ternyata ada kendala atau ketidaksesuaian dengan hasil inspeksi.

Anda tak lagi perlu khawatir dengan kondisi mesin mobil bekas yang hendak dibeli karena kini ada CAROLINE.id sebagai solusi jual beli mobil bekas yang 100% aman. Yuk, mulai pilih CAROLINE.id untuk kebutuhan jual beli mobil bekas Anda!

Top