Tekanan Ban Mobil

Cara Menentukan atau Cek Kondisi Tekanan Ban Mobil yang Baik

Tekanan ban mobil pada dasarnya bisa mempengaruhi kenyamanan berkendara Anda. Apalagi jika tekanan ban pada mobil Anda tidak sesuai dengan tekanan standar bannya, alih-alih bisa membahayakan keselamatan pengendara sebab bisa menimbulkan ban rusak bahkan pecah. Lalu sebetulnya, bagaimana caranya mengecek tekanan ban pada kendaraan dan bagaimanakah kondisi normalnya? Simak yuk ulasannya berikut ini.

1. Mengetahui Tekanan Ban

Pada dasarnya, tekanan angin standar pada ban mobil itu bisa dilihat di bagian stiker tyre-loading information yang biasanya dipasang pada frame bagian mobil. Idealnya, untuk mobil-mobil menengah atau sedang nilai tekanannya itu berkisar antara 30 hingga 32 PSI di mana nilai ini bisa menunjang stabilitas berkendara Anda. Sedangkan mobil yang lebih kecil tentu tekanannya lebih kecil antara 28-30PSI saja.

Begitu pun dengan mobil-mobil yang ukurannya lebih besar seperti truk dan sebagainya, pasti tekanan bannya pun lebih tinggi. Meskipun biasanya, jumlah ini akan tergantung pada merk atau jenis produk mobil Anda. Jika Anda membeli mobil di Caroline, informasi tersebut akan langsung Anda dapatkan karena Anda akan langsung dapat untung lebih tanpa perantara.

2. Pengaruh Tekanan Ban

Tekanan ban mobil ini memang sangat mempengaruhi kondisi kendaraan atau efek yang dihasilkan ketika Anda berkendara. Anda juga harus perhatikan, tekanan ban depan dan belakang pun berbeda. Jika tekanan berada pada keadaan normal, maka berkendara pun jadi lebih nyaman. Sementara jika kurang dari normalnya, tentu tapak ban akan menjadi lebih lebar. Hal ini pun akan berdampak pada beban yang lebih berat dan efisiensi kendaraan pun pastinya menurun.

Selain itu, jika tekanan ban kendaraan Anda berlebihan pun itu tidak baik. Pasalnya, tekanan yang berlebih akan membuat kondisi ban jadi lebih keras yang nantinya bisa mengurangi daya cengkram ban pada jalan. Apalagi jika ban tidak dilindungi ABS, kemungkinan selip akan lebih terjadi, ditambah kondisi jalan yang licin tentu berkendara pun jadi kurang nyaman dan jadi rawan kecelakan.

3. Mengecek dan Memelihara Tekanan Ban

Beberapa hal tadi yang sebelumnya sudah dijelaskan, tentunya patut Anda ketahui dan perhatikan. Dengan mengetahui perihal tekanan ban seharusnya pada mobil Anda, maka proses berkendara Anda pun jadi lebih nyaman. Selain itu, Anda juga bisa menjaga kondisi tekanan ban Anda dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Lihat beban mobil. Jika normalnya beban mobil Anda diisi 4 orang, maka tekanan bannya akan tetap normal, sedangkan jika diisi misalnya oleh 7 orang, tekanan pun akan bertambah dan beban pun jadi lebih berat.

  • Usahakan agar tidak membawa beban lebih dari kapasitas. Ini harus diperhatikan, jika bebannya tidak sesuai, tentu akan berpengaruh pada kestabilan.

  • Sebaiknya, pastikan kondisi roda dan ban dingin ketika Anda mengisi angin.

  • Perhatikan tutup niple ban dan jangan biarkan hilang. Jika hilang, gantilah dengan yang baru.

Nah, itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui juga perhatikan perihal tekanan ban mobil Anda. Bagaimanapun, tekanan ban ini cukup penting dan tidak boleh luput dari perhatian demi kenyamanan Anda saat berkendara.