4 Cara Cek Pajak Mobil Agar Bebas Denda Keterlambatan

Mei 15th, 2019 by Oline

Ketika Anda bisa membeli mobil sendiri, pastinya itu menjadi suatu hal yang menyenangkan karena Anda akhirnya bisa menggunakan mobil untuk menopang mobilitas aktivitas yang padat sehari-hari. Sebagai pengendara mobil, pastinya Anda harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) hingga adanya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang menjadi tanda kejelasan mobil tersebut. Karnea itu Anda perlu mengetahui cara cek pajak mobil.

Memang, salah satu bagian lagi dari kepemilikan mobil yang harus Anda penuhi adalah pajak mobil. Anda harus membayar pajak mobil sesuai jangka waktu yang ditentukan. Karena jika tidak, Anda harus membayar denda keterlambatan.

Untuk mengecek pajak mobil, Anda biasanya harus mengunjungi ke kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) terdekat. Namun dengan perkembangan teknologi yang ada, Anda sebenarnya bisa mencari cara lain yang lebih mudah dan cepat. Apa saja cara tersebut? Berikut penjelasan lengkapnya.

Situs resmi e-Samsat

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek pajak mobil adalah membuka situs resmi e-Samsat. Sayangnya untuk situs e-Samsat ini, baru beberapa daerah saja yang bisa mengecek lewat situs seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Aceh, Riau, Sulawesi Tengah, dan Kepulauan Riau.

Cara mengeceknya pun terhitung mudah. Anda tinggal memasukkan nomor polisi dan nomor KTP lalu klik tombol proses. Namun untuk cara ini, bisa dilakukan di situs e-Samsat DKI Jakarta. Untuk daerah lainnya di atas, memilki cara yang berbeda, tapi tetap saja mudah dilakukan.

Aplikasi e-Samsat

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk mengecek pajak mobil adalah memakai aplikasi e-Samsat. Jika pada poin pertama Anda harus membuka situs e-Samsat, untuk kali ini Anda tinggal mengunduh aplikasi e-Samsat di Playstore lalu tinggal menggunakannya sesuai dengan petunjuk instruksi.

Namun sayangnya, sama dengan situs e-Samsat, aplikasi ini baru bisa dipakai oleh warga beberapa daerah saja seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Selain itu, aplikasi ini baru bisa digunakan oleh pengguna Android saja. Semoga aplikasi ini bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia di daerah manapun.

(Baca juga: Begini Cara Menghitung Pajak Mobil yang Benar)

Layanan SMS

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan untuk mengecek pajak mobil adalah layanan SMS. Ya, Anda tidak hanya bisa mendapatkan layanan dari perusahaan telekomunikasi saja dengan menggunakan SMS, tapi juga bisa untuk mengecek pajak mobil yang Anda miliki.

Perlu diketahui, layanan SMS ini baru ada di daerah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Berikut format SMS untuk mendapatkan info pajak mobil Anda berdasarkan masing-masing daerah.

  • Jawa Barat

Format SMS: Info(spasi)nomor polisi kendaraan(spasi)warna plat kendaraan

SMS ke Dispenda Jabar (0811 211 9211)

  • Jawa Tengah

Format SMS: JATENG(spasi)nomor polisi kendaraan

SMS ke nomor 9600

  • DKI Jakarta

Format: Metro(spasi)nomor polisi kendaraan

SMS ke 1717

  • Jawa Timur

Format: JATIM(spasi)nomor polisi kendaraan

SMS ke 7070

  • Yogyakarta

Format: DIY(spasi)nomor polisi kendaraan

SMS ke 9600

Unstructured Supplementary Service Data (USSD)

Selain menggunakan SMS seperti di atas, Anda bisa gunakan Unstructured Supplementary Service Data (USSD) layaknya sedang mengecek pulsa saja. Caranya ketik *368*1#, lalu pilih dari salah satu ini: INFO RANMOR, INFO PAJAK RANMOR, INFO SIMLING (jadwal SIM keliling), INFO SAMLING (jadwal samsat keliling) untuk daerah DKI Jakarta, dan PAJAK REMINDER. Untuk mengecek biaya pajak kendaraan, kamu bisa memilih fitur INFO PAJAK RANMOR.

(Baca juga: Ini Biaya yang Harus Anda Persiapkan untuk Mutasi dan Balik Nama Mobil Bekas)

Itulah cara termudah bagi Anda untuk mengecek pajak mobil ada tidak terkena denda keterlambatan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam 24 Jam

Top