Cara Melepas Kopling Mobil agar Mesin Tidak Mati

April 19th, 2019 by Oline

Kopling adalah komponen pedal dalam mobil manual yang letaknya berada di bagian paling kiri sebelah pedal rem dan gas. Fungsinya adalah menambah atau mengurangi putaran mesin ketika pengemudi melakukan perpindahan gigi transmisi. Dengan demikian, gigi transmisi bisa masuk dengan mudah. Untuk dapat menyetir mobil transmisi dengan baik, Anda harus memahami terlebih dulu cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati. Bagaimana caranya? Berikut informasi lengkapnya!

Biasakan untuk melepas kopling bersamaan dengan menginjak gas

Agar mesin tidak mati, Anda harus membiasakan diri melepas kopling mobil bersamaan dengan menginjak gas. Bila tidak terbiasa melepas kopling dan menginjak gas secara bersamaan, Anda akan mengalami engine stall. Engine stall sendiri merupakan kondisi mesin mobil mati mendadak akibat tidak selarasnya pelepasan antara kopling mobil dengan momentum ketika mobil melaju. Nah, oleh karena itu, pertama-tama Anda harus membiasakan diri dulu dengan lengkah satu ini.

Saat melakukan perpindahan gigi, biasakan dengan putaran mesin rendah

Apabila Anda sudah membiasakan diri melepas kopling bersamaan dengan menginjak gas untuk mencegah agar mesin tidak mati, maka selanjutnya Anda perlu menggunakan putaran mesin rendah ketika ingin melakukan perpindahan gigi. Langkah ini bertujuan untuk membuat diri Anda terbiasa mengemudi dengan halus. Tidak hanya itu, cara ini juga membantu kondisi mobil tetap awet. Biasakanlah berpindah gigi maksimal 2.000-2.200 rpm untuk mobil manual.

Pastikan kecepatan mobil sesuai dengan kondisi jalan

Cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati selanjutnya adalah dengan menyesuaikan kecepatan mobil dengan kondisi jalan. Sebagai pengemudi pemula, Anda perlu mengatur kecepatan mobil yang tidak terlalu cepat dan juga tidak terlalu lambat. Anda harus selalu mewaspadai kondisi jalan agar tidak menyebabkan gangguan terhadap orang lain. Pastikan juga Anda selalu menyesuaikan kecepatan mobil dengan gigi agar tidak menyebabkan boros dan mobil kehilangan tenaga.

(Baca juga: 5 Cara Ideal Memakai Sabuk Pengaman Mobil dengan Tepat)

Ikuti beberapa langkah cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati

Beberapa langkah yang bisa Anda ikuti adalah:

  1. Nyalakan mesin mobil.
  2. Injak kopling penuh dan injak pedal rem.
  3. Lepaskan rem tangan secara perlahan.
  4. Pindahkan tuas perseneling ke arah gigi 1.
  5. Pastikan kaki kanan berada pada pedal gas.
  6. Lepaskanlah kopling secara perlahan hingga mobil mulai bergerak.
  7. Rasakan momentum mobil mulai bergerak, lalu injak pedal gas secara perlahan untuk menambah kecepatan.
  8. Jika mobil sudah berjalan normal, Anda tidak perlu lagi menginjak kopling mobil (kecuali Anda ingin berpindah ke gigi lain).

Nah, setelah Anda mengoperasikan mobil hingga berjalan normal, Anda bisa melakukan perpindahan gigi dengan langkah berikut:

  1. Perhatikan indikator RPM mesin mobil sebelum berpindah ke gigi lain saat mobil berjalan.
  2. Jika indikator RPM mesin telah melewati angka 2, sudah saatnya untuk berganti ke gigi lain.
  3. Anda dapat mengangkat gas penuh agar putaran mesin kembali turun.
  4. Lanjutkan dengan menginjak pedal kopling penuh.
  5. Pindahkan perseneling ke gigi 2.
  6. Kemudian angkat kopling perlahan hingga setengahnya.
  7. Injak gas mobil, selanjutnya secara perlahan sambil mengangkat kopling.

Keberadaan kopling pada mobil manual memiliki fungsi utama berupa menjaga keseimbangan antara putaran mesin dan roda. Dengan begitu, saat melakukan pergantian dari gigi 1 ke gigi 2, Anda bisa melakukannya dengan lebih mudah karena roda sudah berputar mengikuti putaran mesin. Lakukan beberapa langkah cara melepas kopling mobil agar mesin tidak mati di atas untuk berkendara dengan lebih aman dan nyaman.

Banner Caroline ID WhatsApp

Top