Cara Memasukkan Gigi Mobil Dengan Aman

Februari 19th, 2019 by Oline

Ketika Anda belajar untuk menyetir mobil maka salah satu hal yang harus dikuasai adalah cara memasukkan gigi mobil. Maka berbagai trik untuk memasukkan atau memindahkan gigi mobil harus dikuasai dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui kesalahan yang sering terjadi dalam memindahkan gigi mobil agar lebih halus saat berkendara.

Cara Memasukkan Gigi Mobil

Memahami teorinya terlebih dahulu dan kemudian melakukan prakteknya akan membuat Anda lebih cepat menguasainya. Perubahan penggunaan gigi mobil ini adalah bagian yang sangat penting dan bahkan bisa dikatakan sebagai ilmu dasar yang harus Anda kuasai dalam mengemudi mobil.

Berikut beberapa cara memasukkan gigi mobil yang harus Anda perhatikan dengan baik yaitu :

  • Perhatikan posisi gigi netral yang berada di paling tengah. Jika tuas gigi mobil bisa digerakkan secara leluasa ke kanan dan kiri maka itu tandanya bahwa giginya dalam keadaan netral.
  • Masuk ke gigi satu dengan cara anda harus menggeser tuasnya ke paling kiri dan dorong ke depan.
  • Untuk masuk ke gigi dua, Anda harus masuk dari gigi satu dengan cara menahan tuas transmisi ke bagian kiri dan tarik ke belakang secara langsung.
  • Dari gigi dua, Anda dapat masuk ke gigi tiga dengen mendorong tuasnya ke bagian tengah, geser sedikit ke kanan tidak sampai mentok dan dorong ke depan.
  • Masuk ke gigi empat dari gigi tiga dengan menarik tuasnya ke belakang. Secara otomatis mobil Anda akan berada di gigi empat.
  • Dalam kecepatan mobil yang optimal biasanya akan menggunakan gigi lima sebagai yang tertinggi. Cara untuk masuk ke gigi ini adalah dari posisi gigi empat yaitu dorong tuas ke tengah dan geser ke kanan lalu dorong ke depan.
  • Satu lagi yaitu gigi mundur, yang dapat diakses dari posisi netral dengan mendorong tuas transmisinya ke kanan kemudian tarik ke belakang.

Kesalahan Saat Memasukkan Gigi Mobil

Ketika Anda berkendara menggunakan mobil manual, tentunya saat sedang belajar berkendara, hal yang akan menjadi tantangan adalah menarik gigi karena memang untuk sebagian orang cukup sulit untuk diingat dan diaplikasikan. Tentunya Anda juga perlu mengetahui beberapa hal yang perlu dihindari saat mengemudi, karena hal ini sangat berkaitan juga dengan keamanan Anda selama berkendara.

Berikut beberapa kesalahan yang harus dihindari saat mengganti gigi mobil yaitu :

  • Meskipun tidak memberikan dampak yang terlihat secara langsung, kebiasaan untuk meletakkan tangan di atas tuas transmisi membuat gigi transmisi cepat habis.
  • Terburu-buru saat akan memasukkan gigi mobil yang kebanyakan terjadi pada pemula dapat menyebabkan mobil tidak memiliki momentum yang cukup sampai resiko meloncat.
  • Menginjak pedal gas sekaligus mengganti gigi mobil karena dengan tindakan tersebut maka mobil akan kekurangan tenaga dalam mendorong putaran mesin yang cukup. Terjadinya kondisi kehilangan momentum putaran mesin akan membuat mobil loncat karena adanya lonjakan RPM secara mendadak.

(Baca Juga : Penyebab Rem Mobil Keras dan Cara Pengecekannya)

Tetap Fokus

Beberapa kesalahan tersebut harus Anda hindari semaksimal mungkin karena memang berkaitan dengan keamanan serta kenyamanan Anda saat berkendara. Jangan sampai melakukan kesalahan yang nantinya dapat membahayakan diri Anda sendiri. Memang diperlukan latihan yang cukup untuk bisa mengetahui momentum yang tepat mengganti gigi mobil, tetapi Anda akan lebih bisa mengaplikasikannya jika sudah mengetahui langkah-langkah serta kesalahan yang sebaiknya dihindari. Mengaplikasikan cara memasukkan gigi mobil dengan baik dan benar akan memberikan manfaat bagi Anda untuk menyetir mobil dengan aman.

Top