3 Cara Membersihkan Kaca Mobil Bagian Dalam Secara Efektif

Februari 21st, 2019 by Oline

Pada dasarnya kaca mobil yang bersih menjadi modal utama Anda dalam menjaga keamanan serta kesehatan para pengguna mobil, khususnya pengendara. Karena dengan kaca yang bersih, selain menjadikan mobil yang digunakan lebih enak untuk dipandang, seorang pengendara juga akan merasa lebih aman karena tidak ada sedikit kotoran pun yang dapat mengganggu saat mengendarai mobil.

Meskipun membersihkan kaca mobil seringkali dianggap sebagai hal mudah, faktanya hal tersebut justru cukup sulit untuk dilakukan, apalagi jika Anda hendak membersihkan kaca dari bagian dalam yang tentunya membutuhkan keterampilan serta cara khusus dalam proses membersihkannya.

Tidak jarang proses membersihkan kaca yang dilakukan dengan cara salah justru menjadikan kaca mobil lebih cepat rusak, seperti halnya membuat kaca mengalami banyak goresan yang tentunya dapat mengganggu pandangan Anda selaku pengendara. Untuk mengatasi dan mencegah hal tersebut, sebaiknya Anda ikuti beberapa cara untuk membersihkan bagian dalam dari kaca mobil berikut ini, diantaranya:

1. Mengatur Semprotan Cairan Pembersih kaca

Cara pertama yang dapat Anda lakukan dalam membersihkan kaca mobil bagian dalam adalah dengan mengatur semprotan cairan pembersih kaca.

Dengan kata lain, jika pada umumnya cairan pembersih tersebut disemprotkan secara langsung pada bagian kaca, maka untuk kaca bagian dalam mobil, sebaiknya cairan pembersih itu Anda semprotkan terlebih dahulu pada kain yang akan digunakan untuk mengelap, karena apabila cairan disemprotkan secara langsung, bukan tidak mungkin bagian kompartemen dari mobil itu pun akan terkena dan tentunya merusak bagian lainnya.

Belum lagi jika cairan pembersih mengotori bagian interior lainnya, maka Anda pun membutuhkan waktu ekstra untuk membersihkan bagian interior yang terkena itu tadi agar ia kembali bersih.

Selain itu, cairan pembersih kaca mobil juga dikenal dengan bahan kimia yang berbeda dengan bahan pembersih lainnya, sehingga ia harus segera dilap. Karena cairan pembersih kaca tentu hanya ditujukan untuk membersihkan bahan kaca, dan apabila cairan pembersih kaca mengenai bagian lain, seperti halnya dashboard yang berbahan plastik, tentunya akan merusak dashboard tersebut dengan lebih mudah.

(Baca juga : Cara Memasukkan Gigi Mobil Dengan Aman)

2. Pemilihan Lap atau Kain untuk Membersihkan

Cara membersihkan kaca mobil bagian dalam yaitu dengan pemilihan kain atau lap pembersih yang hendak digunakan untuk membersihkan kaca. Pada dasarnya ada banyak jenis kain yang dapat digunakan, namun untuk membersihkan kaca sebaiknya Anda pilih jenis kain yang lembut, seperti halnya microfiber yang dikenal memiliki serat lembut serta dapat mengangkat jenis kotoran apa pun yang menempel pada bagian kaca mobil.

Sementara itu, bagi Anda yang terbiasa menggunakan koran, sebaiknya segera ganti dengan menggunakan jenis kain tersebut, pasalnya microfiber yang dikenal lebih baik dibandingkan dengan koran. Hal ini tidak lepas dari koran yang umumnya meninggalkan residu berupa tinta pada seluruh bagian tangan, kaca mobil, atau bahkan interior dari dalam mobil Anda. Bahkan kain microfiber juga dikenal lebih baik dibandingkan dengan kain handuk atau bahkan kain halus lainnya.

3. Proses Membersihkan

Cara selanjutnya yang dapat Anda perhatikan dalam membersihkan kaca mobil bagian dalam adalah proses membersihkan (mengelapnya) yang lebih baik untuk dilakukan ke dan dari segala arah.

Dengan kata lain, ketika mengelap kaca mobil bagian dalam pastikanlah untuk mengatur arah lap mobil dengan cara naik turun yaitu dari bagian atas ke bawah dan begitupun sebaliknya.

Pastikan juga untuk mengatur arah lap dari kanan ke kiri dan kiri ke kanan, sehingga kaca bagian dalam mobil pun dapat Anda bersihkan dengan menyeluruh, tidak seperti halnya ketika Anda mengelap mobil dengan arah acak yang tidak menentu.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai beberapa cara membersihkan kaca mobil bagian dalam yang wajib untuk Anda ketahui agar mendapatkan kaca mobil yang tampil lebih bersih secara maksimal.

Top