9 Cara Membersihkan Mesin Mobil Tanpa Harus ke Detailing

September 19th, 2019 by Mada Prastya
Cara Membersihkan Mesin Mobil 004

Seiring penggunaan mesin mobil akan mengalami perubahan kondisi. Bukan hanya pada performanya, melainkan juga penampilannya. Debu, oli, serangga ialah beberapa objek yang bisa mengganggu kebersihan ruang mesin. Untungnya ada sejumlah cara membersihkan mesin mobil dengan mudah yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke detailing atau salon mobil.

Sebelum memulainya ada sejumlah peralatan yang perlu disiapkan. Meliputi cairan pembersih serbaguna atau air sabun, degreaser, sikat, kuas, dan beberapa buah kain lap. Dibutuhkan kain lap lebih dari satu karena kita perlu membedakan lembar yang digunakan untuk pembersihan awal dan saat melakukan pengeringan.

Proses pengerjaan ini sebenarnya akan lebih mudah kalau Anda memiliki alat steam uap dan blower. Namun jangan khawatir jika tak memilikinya. Karena kita tetap bisa melakukan proses pembersihan dengan hasil tak kalah maksimal.

Cara membersihkan mesin mobil sederhananya bisa dimulai dengan melunturkan kotoran-kotoran ringan di permukaan mesin. Pada tahap selanjutnya gunakan cairan pembersih untuk memaksimalkan hasil. Bersihkan mesin mulai dari permukaan yang lebar hingga ke celah-celahnya. Setelah itu Anda perlu membilas dan mengeringkannya.

Namun sebelum masuk ke detail tahap-tahap tersebut, perlu diingat bahwa ruang mesin mobil juga diisi oleh komponen-komponen kelistrikan. Karena itu hindari menggunakan air mengalir selama proses pengerjaan. Anda hanya perlu menggunakan air secukupnya.

Pastikan mesin dalam kondisi dingin saat akan dibersihkan.

Langkah atau cara membersihkan mesin mobil

1. Pastikan mesin mobil dalam kondisi dingin

Hal pertama yang perlu dipastikan saat akan membersihkan mesin mobil ialah memastikannya dalam kondisi dingin. Untuk itu Anda bisa melakukanya pada pagi hari saat mesin mobil sama sekali belum dinyalakan. Jika mobil habis dipakai, tunggu sekitar 30-45 menit untuk memastikan mesin mobil benar-benar dalam kondisi dingin.

2. Bersihkan debu-debu atau kotoran ringan

Setelah mesin mobil dipastikan dingin Anda bisa mulai proses pembersihan mesin. Pada tahap ini bersihkan debu-debu atau kotoran ringan yang menempel pada permukaan mesin.

Proses ini akan lebih mudah jika Anda memiliki blower. Namun tanpa alat tersebut Anda juga tetap bisa melakukannya. Mulailah dengan “menyapu” permukaan mesin dengan kuas. Dari yang permukaannya lebar hingga ke sela-sela. Pada tahap ini Anda tak perlu menggunakan air.

Aki mobil perlu dilepas untuk memutus aliran listrik di mobil.

3. Melepas aki mobil, tahap penting dari cara membersihkan mesin mobil

Langkah selanjutnya ialah melepas aki mobil. Hal ini sangat diperlukan karena pada tahap selanjutnya Anda perlu menggunakan air. Melepas aki mobil artinya memutus aliran listrik yang ada di mobil. Cara ini bertujuan menghindari korsleting saat kita membersihkan mesin menggunakan air.

Keuntungan lain melepas aki mobil ialah Anda bisa mengakses bagian bawah tempat penyimpanan aki. Karena umumnya ada banyak kotoran juga yang bersarang di sana. Setelah dilepas, simpan baik-baik aki di tempat yang aman dan kering. Begitu juga dengan baut-baut atau komponen lainnya yang menempel.

4. Bersihkan bagian bawah kap mesin

Setelah aki mobil diangkat bisa dibilang Anda aman menggunakan bahan cair untuk membersihkan mesin mobil. Sebelum membersihkan komponen mesin-mesin, Anda bisa melakukan pembersihan untuk bagian bawah kap mesin. Bagian ini mendapat giliran pertama karena letaknya yang berada di atas.

Jika bagian ini dikerjakan belakangan, besar kemungkinan kotorannya akan jatuh ke atas permukaan mesin yang sudah dibersihkan lebih dulu.

Untuk membersihkan bagian ini Anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan cairan pembersih serbaguna. Bersihkan kotoran-kotoran yang menempel menggunakan sikat atau kuas. Setelah Anda puas dengan hasilnya, bilas secara perlahan sehingga cipratan air tak berantakan ke atas permukaan mesin. Lalu keringkan dengan lap microfiber atau plas chamois.

Cara Membersihkan Mesin Mobil 001

5. Cara membersihkan mesin mobil, lebih mudah dengan steamer

Untuk membersihkan mesin, Anda bisa fokus pada bagian-bagian yang memiliki permukaan besar terlebih dulu. Tahap ini akan lebih mudah dilakukan dengan bantuan alat steamer uap. Untuk melakukannya, semprotkan steamer ke bagian yang hendak dibersihkan lalu mulailah proses pembersihan. Uap itu sendiri bermanfaat untuk mengangkat kotoran dengan mudah dan cepat. Namun tanpa alat tersebut Anda pun tetap bisa melakukan proses pembersihan.

6. Lakukan dengan sabar dan menyeluruh

Tanpa steamer, Anda tetap bisa membersihkan mesin mobil. Cara mudahnya ialah memanfaatkan cairan pembersih serbaguna atau air sabun. Pertama-tama, basahi permukaan mesin yang akan dibersihkan. Setelahnya Anda bisa memanfaatkan sikat atau kuas untuk mengangkat kotoran-kotoran yang menempel.

Untuk diingat, kadang tak cukup hanya menggunakan air sabun untuk mengangkat kotoran. Untuk kotoran yang membandel, Anda bisa menggunakan degreaser.

Pada tahap ini akan lebih mudah bagi Anda untuk membersihkan mesin yang memiliki permukaan lebar atau besar lebih dulu. Setelahnya dilanjut ke bagian-bagian yang kecil hingga ke sela-sela mesin. Jangan lupa pula untuk membersihkan rangka atau body mobil bagian dalam.

7. Bersihkan juga bagian depan mesin

Setelah ruang mesin dinilai bersih, luangkan waktu sejenak untuk turut membersihkan bagian depan mesin. Untuk melakukan hal ini Anda memang perlu melepas grille depan. Bisa juga tanpa melepasnya, namun area pengerjaan akan cukup sempit.

Mesin yang bersih membuat mobil punya daya tarik lebih.

8. Keringkan bagian yang sudah dibersihkan

Setelah Anda selesai membersihkan semua bagian-bagian mesin tahap selanjutnya ialah mengeringkannya. Tahap ini penting untuk menghindari karat muncul pada komponen-komponen mesin.

Tahap ini cukup mudah dilakukan dengan menggunakan lap microfiber atau lap plas chamois. Namun ada baiknya Anda membilas permukaan mesin yang sudah dicuci terlebih dahulu sebelum mengeringkannya.

9. Pasang aki dan nyalakan mesin

Pada dasarnya proses pembersihan mesin sudah selesai. Namun sebelum Anda mengakhirinya, pasang kembali aki mobil dan coba nyalakan mesin.

Cara Membersihkan Mesin Mobil 003

Cara membersihkan mesin mobil cukup mudah dan banyak keuntungannya

Melihat tahap-tahap yang sudah dijelaskan di atas, membersihkan mesin mobil bukanlah proses yang sulit. Dengan bantuan sejumlah alat Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Walau prosesnya memakan waktu dan tenaga, namun hasilnya cukup bermanfaat.

Kondisi ruang mesin yang bersih akan membawa kepuasan tersendiri bagi Anda sang pemilik mobil. Dari sisi nilai jual, kondisi tersebut juga akan meningkatkan daya tarik mobil di mata siapa pun.

Satu lagi keuntungan dari kondisi ruang mesin yang terjaga ialah mekanik akan memperlakukan mobil Anda ekstra hati-hati saat masuk bengkel. Sebab mengetahui bahwa pemiliknya ialah sosok yang sangat memperhatikan kondisi mobil.

Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog CAROLINE.id

Artikel menarik lainnya untuk Anda:

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam Hitungan 24 Jam

Top