Cara Memilih Ban Mobil Yang Tahan Lama Dan Nyaman Digunakan

March 13th, 2019 by Oline
Memilih Ban Mobil Yang Tahan Lama Dan Nyaman Digunakan

Ban merupakan elemen paling penting pada sebuah mobil. Apabila ban bermasalah, maka sebaik apapun mobil yang Anda kendarai  akan tetap tidak dapat memberikan performa yang baik. . Memilih ban mobil yang nyaman dan aman saat digunakan merupakan hal paling penting yang perlu Anda lakukan. Namun tidak sedikit orang yang bingung akan tipe ban yang cocok bagi mobil mereka atau ban mana yang sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itulah, diperlukan tips-tips khusus untuk menentukan ban mobil yang akan dibeli. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya!

Pilih Sesuai Kebutuhan

Pilih Ban Sesuai Kebutuhan

Suka travelling yang melewati medan berlumpur dan bebatuan? Tipe ban yang cocok untuk off road  tersebut adalah M/T atau Mud Terrain yang terkenal kuat dan kokoh ketika menempuh medan yang paling sulit sekalipun. Namun jangan menggunakan tipe ini pada jalanan kota karena akan licin dan daya cengkeramnya lemah.

Atau Anda sering berkendara pada daerah langganan banjir serta jalanan tanah yang berkerikil? Nah, untuk ini, tipe All Terrain atau A/T-lah yang cocok untuk Anda gunakan. Sedangkan bagi Anda yang hanya tinggal di perkotaan saja, maka tipe H/T atau High Terrain sangat nyaman digunakan dan tidak berisik.

Pilih Pola Desain Alur yang Cocok

ban mobil

Pola desain alur juga penting karena dapat memperbesar gesekan ban dengan jalan. Apabila gesekannya kecil, resiko terpeleset atau tergelincir di jalan pun besar.

Untuk jalanan basah pada daerah dengan curah hujan yang tinggi, maka pola desain V yang memiliki daya gesek tinggi sangatlah cocok.

Sementara itu untuk jalanan yang terlalu panas, hindari ban dengan guratan yang banyak.

Selain itu, pola desain alur tapak bulat sangat cocok bagi Anda yang sering berkendara lewat jalan bergelombang.

Pilihlah pola yang cocok dengan kebutuhan Anda dan rutinlah menggantinya ketika pola sudah halus.

Cek Ukuran Ban

Cek Ukuran Ban Terlebih Dahulu

Cek dan pilih ukuran ban dengan memperhatikan kode yang telah diukir pada permukaan samping ban mobil Anda. Misalnya jika ban mobil Anda berkode 205/55 R 16 91 V, maka translasi informasi ban tersebut adalah sebagai berikut :

  • 205 : lebar telapak ban (dalam mm)
  • 55 : aspek rasio ketebalan ban (dalam persentase) atas lebar telapak ban
  • R : radial (salah satu jenis ban)
  • 16 : diameter velg (dalam inci)
  • 91 : indeks beban maksimum
  • V : batas kecepatan maksimum ban yang ditempuh

(Baca juga: Ketahui Penyebab Mobil Bergetar Pada Kecepatan Rendah)

Pertimbangkan Ketebalan Ban

 Ketebalan Ban

Ketebalan ban juga penting. Pilih ban yang tebal bila Anda suka travelling. Selain itu, jangan terlalu tipis jika berkendara pada jalanan yang tidak rata karena dapat merusak velg mobil Anda.

Amati Tahun Pembuatan

Tahun Pembuatan Ban

(Contoh pengecekan kode ban untuk mengetahui minggu dan tahun pembuatan ban tersebut)

Pada kode ban biasanya akan terlihat empat digit angka misalnya saja kode 1612.

Angka 16 berarti waktu pembuatan ban mobil adalah di minggu kelima. Angka 12 menunjukkan tahun berapa ban mobil itu diproduksi. Sebaiknya pilihlah ban mobil dengan tahun pembuatan yang masih baru karena tentu saja kualitasnya akan berbeda dibandingkan dengan yang lama.

Demikianlah beberapa tips pemilihan ban mobil yang nyaman dan aman. Jangan lupa untuk membelinya hanya di toko resmi pabrikan atau produsen yang terpercaya. Tidak apa-apa membeli ban dengan harga yang mahal, setidaknya lebih baik daripada yang palsu dan murah namun bisa membahayakan aktivitas berkendara Anda. Kalau bisa, konsultasikan serta bawa teman yang ahli mengenai  mobil ketika Anda ingin membeli ban mobil baru.

Top