Begini Cara Memperbaiki Aki Basah pada Mobil Bekas

Mei 21st, 2019 by Oline
Begini Cara Memperbaiki Aki Basah Pada Mobil

Aki merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan, termasuk mobil. Saat aki rusak maka kendaraan pun tidak akan bisa berjalan. Jika hal ini terjadi maka tidak ada cara lain selain memperbaikinya. Terlebih jika kendaraan yang digunakan adalah mobil bekas dengan tipe aki basah. Artinya, aki harus segera diperbaiki agar mobil bisa berjalan kembali. Lalu bagaimana cara memperbaiki aki basah? Anda bisa menyimak penjelasannya berikut.

Persiapkan alat dan bahan pendukung

Sebenarnya cara memperbaiki aki basah pada mobil bekas dan mobil baru tidak terlalu berbeda jauh. Cara memperbaiki aki hanya akan berbeda jika jenis aki yang digunakan berbeda (aki basah dan aki kering). Cara memperbaiki aki basah juga bisa berbeda jika kondisi aki sudah parah dan perlu diganti komponennnya.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memperbaiki aki basah adalah mempersiakan alat dan bahan pendukung. Anda tentu harus mempersiapkan accu zuur atau air aki yang merupakan air dengan kandungan elektrolit asam sulfat. Sedangkan peralatan yang dibutuhkan berupa obeng, sarung tangan, masker (karena aroma air aki sangat menyengat), air panas, air ledeng biasa, dan corong kecil.

(Baca juga: Ketahui Penyebab Kipas Radiator Mobil Mati)

Membuang air aki yang lama

Setelah semua peralatan lengkap, kini waktunya memperbaiki aki basah pada mobil bekas. Pertama bukalah penutup lubang-lubang aki. Pastikan untuk menggunakan pengungkit seperti tang, kunci, dan obeng agar tidak merusak tatanan mesin lainnya. Hindari membuka penutup lubang aki tanpa alat karena bisa mengancam keselamatan Anda.

Setelah aki terangkat, buang cairan yang ada di dalam. Caranya cukup dengan membalikkan aki. Usahakan untuk membuang cairan tersebut di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Ini karena cairan aki bisa melukai kulit jika terjadi kontak. Anda bisa meletakkannya dalam wadah khusus kemudian membuangnya di tempat yang aman.

Membersihkan aki

Sebelum mengisi aki dengan air aki kembali, Anda perlu membersihkannya terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk membersihkan seluruh elemen aki dan air aki yang baru tidak lekas rusak. Bagaimana cara membersihkan aki? Anda cukup menggunakan air panas yang telah disiapkan sebelumnya.

Setelah memastikan tidak ada air aki lama yang tertinggal maka Anda bisa mulai membersihkan aki. Masukkan air panas melalui lubang aki. Tidak perlu terburu-buru karena bisa menyiprat. Setelah air panas masuk dalam aki, kocok hingga terasa menyentuh seluruh permukaan aki. Keluarkan air jika sudah dirasa cukup. Kemudian ulangi langkah yang sama namun dengan air biasa. Ulangi beberapa kali hingga aki terlihat lebih bersih.

(Baca juga: Wajib Tahu, Cara Memperbaiki Alarm Mobil yang Eror)

Mengisi ulang aki

Apabila Anda merasa aki sudah terlihat bersih maka sekarang saatnya mengisi ulang aki. Namun, pastikan tidak ada air yang tertinggal karena bisa memicu reaksi dengan air aki. Isi aki dengan air aki hingga batas maksimal aki. Saat mengisi, gunakanlah corong kecil agar air aki tidak masuk ke lubang aki.

Setelah aki terisi air baru, kini waktunya mengisi daya aki. Proses pengisian daya ini bisa memakan waktu lama, bahkan memakan waktu semalaman. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih aliran kecil untuk menjaga kestabilan pengisi daya. Setelah semua proses tersebut selesai, coba nyalakan mobil dan lakukan test drive untuk menguji mesin.

Mobil bekas tentu memiliki aki yang sudah lama terpakai. Maka tidak mengherankan jika aki menjadi rusak dan mobil tidak bisa digerakkan. Semoga cara memperbaiki aki basah di atas bisa membantu Anda dalam mengatasi mobil mogok karena aki.

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam 24 Jam

Top