Ketahui Cara Mengemudi Mobil Manual Dengan Benar dan Baik

Januari 18th, 2019 by Oline
Ketahui Cara Mengemudi Mobil Manual Dengan Benar dan Baik

Ada banyak jenis mobil yang bisa anda miliki, salah satunya ialah  mobil manual. Akan tetapi, sebelum anda membeli dan mengendarai kendaraan roda empat ini, sebaiknya anda memperoleh pengetahuan terlebih dahulu tentang cara mengemudi mobil manual dengan baik dan benar. Sehingga anda bisa mengemudi dengan lancar dan menuju semua tempat yang anda inginkan.

Cara Berkemudi Mobil Manual Dengan Benar

  1. Pastikan Masuk ke Dalam Mobil Dengan Keadaan Datar

Cara mengemudi mobil manual yang pertama adalah masuk ke dalam mobil yang berada pada posisi datar. Pastikan anda memakai sabuk pengaman, hal ini dimaksudkan supaya perjalanan anda lebih aman dan terkendali. Sabuk pengaman yang ada di dalam mobil berguna untuk membuat anda lebih terkontrol dan mudah saat anda membuka pintu maupun saat anda menginjak rem.

  1. Atur Posisi Duduk

Jika anda belajar mobil manual lebih lancar dan bagus, maka mengatur posisi duduk merupakan hal yang paling tepat. Ini merupakan salah satu cara untuk mengemudi mobil manual dengan benar dan baik. Posisi tempat duduk yang baik dan nyaman akan membuat proses belajar mengemudi mobil anda lebih berjalan lancar dan mulus. Karena, posisi tempat duduk juga merupakan hal yang sangat mempengaruhi kaki, tangan, serta seluruh anggota badan anda saat berkendara.

  1. Kenali Semua Pedal Yang Ada Dalam Mobil

Cara mengemudi mobil manual yang selanjutnya adalah mengenali dan memahami semua pedal yang ada di dalam mobil dengan benar. Mengetahui cara kerja serta fungsi dari pedal adalah hal yang cukup penting untuk anda lakukan. Pedal di mobil ada pedal kaki kiri yang berfungsi sebagai kopling, pedal tengah yang berfungsi sebagai rem, dan pedal yang berada di kaki kanan berfungsi sebagai rem juga.

( Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok Tidak Bisa Distarter )

  1. Kuasai Penggunaan Kopling

Kopling merupakan alat yang terdapat di mobil dengan fungsi memutuskan putaran yang terjadi pada mesin serta putaran roda mobil. Bukan hanya itu, kopling juga memiliki fungsi untuk mengubah, mengurangi, dan menambah gigi. Namun, jika anda mengemudi mobil manual matic, maka pengetahuan anda akan kopling tidaklah terlalu penting.

  1. Jalankan Mobil Dengan Perlahan

Cara mengemudi mobil manual yang terakhir ialah menjalankan mobil secara perlahan. Jangan terlalu terburu-buru, dan jangan panic, karena ini justru akan berdampak tidak baik bagi keselamatan anda. Mengemudi secara pelan-pelan akan menjamin keselamatan anda hingga bisa benar-benar mengemudi mobil.

Nah, itu tadi beberapa cara mengemudi mobil manual secara benar dan baik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin bisa cepat belajar mobil!

Dalam belajar maupun mengemudikan mobil, mengutamakan keselamatan adalah hal yang paling utama yang harus anda lakukan. mengedepankan keselamatan dan kenyamanan anda merupakan pokok utama dan wajib anda aplikasikan. Selain itu, melengkapi semua hal-hal yang bersangkutan dengan kendaraan seperti SIM dan lain sebagainya juga termasuk hal yang cukup penting untuk anda penuhi.

Top