Cara Mengemudi Mobil Matic yang Baik Agar Selamat di Jalanan

Desember 1st, 2018 by Oline

Cara mengemudi mobil matic tentu berbeda dengan mobil manual. Karena keduanya hadir dengan sistem berbeda. Dimana pada mobil matic tidak didapati pijakan kopling yang biasanya dibutuhkan untuk pergantian gigi pada mobil manual. Pada mobil matic Anda hanya akan menemukan dua pijakan, yakni pijakan gas dan rem.

Meski sebelumnya sudah fasih mengemudi mobil manual, tidak jarang didapati kaget saat harus mengemudi mobil matic. Tapi tidak perlu khawatir karena mobil manual lebih mudah dipelajari. Adapun sebagai panduan lengkap, berikut diberikan beberapa cara dasar yang harus Anda tahu dalam mengemudi mobil matic:

  • Memahami Posisi dan Urutan Tuas

Pertama-tama Anda harus memahami posisi dan urutan tuas transmisi. Kenali betul pemindahan transmisi maju, mundur, dan menambah kecepatan. Hal ini penting seperlu menghindari kesalahan fatal saat mengemudi mobil matic.

  • Membiasakan Diri dengan 2 Pijakan

Cara mengemudi mobil matic selanjutnya adalah membiasakan diri dengan 2 pijakan. Bila sebelumnya Anda kerap menggunakan mobil manual pertama kali mungkin akan merasa ada yang aneh. Tapi tenang hal ini bisa cepat diatasi. Adapun Anda perlu membiasakan mengendalikan pijakan kaki terutama untuk pijakan gas. Lakukan latihan untuk melaju dengan kecepatan yang sesuai dan mengendalikan rem.

  • Rem Dulu Baru Tuas Transmisi

Biasakan diri Anda untuk menginjak rem lebih dulu baru tuas transmisi di posisi D. Hal ini diperlukan untuk mencegah mobil melaju sendiri. Hafalkan letak pijakan rem dan bedakan dengan gas, jangan sampai tertukar.

  • Mengendalikan Tuas Transmisi

Saat berada di jalanan padat, pindahkan tuas transmisi di posisi netral. Sehingga meski harus terjebak macet lama Anda tidak perlu kelelahan menginjak rem. Sementara jika tengah bergerak menanjak pastikan tuas transmisi di posisi L yang fungsinya sama seperti gigi pertama di mobil manual atau 2L gigi kedua. Penggunaan kedua transmisi ini secara bergantian membantu berjalan dengan kecepatan tepat saat naik, menuruni jalanan, atau melaju kencang.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda pelajari untuk bisa mengendarai mobil matic. Jadi makin tidak sabar memiliki mobil matic bukan? Mau beli mobil matic? Temukan harga mobil paling cocok di tempat terpercaya www.caroline-id.com. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari harga transparan, untung lebih tanpa perantara, 1 bulan buyback warranty, dan menerima pembayaran kredit dengan DP ringan.

Bagi Anda yang ingin menjual mobil juga Kami layani. Anda bisa menjual mobil dengan untuk lebih, tanpa perantara, proses cepat karena Kami memiliki jaringan yang diakses ribuan calon pembeli, dan proses gratis tanpa biaya apapun. Tak hanya penting mengetahui cara mengemudi mobil matic, tetapi penting pula mengenal tempat jual beli mobil matic terpercaya harga terbaik.

Top