Ada Baretan di Kaca Mobil Anda? Ini Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil yang Tepat!

March 25th, 2019 by Oline
Ada Baretan di Kaca Mobil Anda? Ini Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil.

Sebagian besar dari kita tentu pernah berurusan dengan baret kaca di mobil. Bahkan meskipun Anda telah menjaga mobil sebaik mungkin, tetap saja baret pada kaca mobil adalah hal yang tak bisa dihindari. Akibatnya? Tak hanya merusak penampilan mobil Anda, tapi juga berbahaya untuk berkendara! Lalu, bagaimana cara menghilangkan baret kaca di mobil?

Baret Kaca Mobil dan Keamanan

Pada dasarnya, yang menjadi masalah utama saat ada baret pada kaca mobil bukan hanya urusan estetika saja. Lebih jauh lagi, baret yang cukup parah dan dibiarkan begitu bisa saja membuat kaca retak semakin parah hingga pecah. Jika hal ini terjadi, tentu sangat mengancam keamanan pengendara dan penumpang dalam mobil.

Untungnya, ada banyak cara menghilangkan baret kaca mobil dengan metode-metode sederhana. Simak berikut untuk beritanya!

Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil

1. Bersihkan Baret

Langkah pertama untuk menghilangkan baret kaca mobil adalah dengan membersihkannya terlebih dahulu. Semprotkan cairan pembersih kaca mobil ke arah baretan dan bersihkan dengan kain lembut. Pastikan Anda membersihkannya dengan teliti agar tidak ada kotoran tertinggal.

Dengan memastikan tidak ada kotoran atau debu yang tertinggal, Anda juga menjamin tidak ada goresan baru ketika kaca ditekan dengan kain lembut.

2. Oleskan Pasta Gigi dan Soda Kue

Siapa sangka, pasta gigi dan soda kue atau baking soda juga bisa jadi penyelamat dalam urusan menghilangkan baret kaca mobil. Caranya, keluarkan pasta gigi secukupnya ke dalam sebuah mangkok dan tambahkan satu sendok teh soda kue. Campurkan adonan ini hingga bubuk soda kuenya bercampur menjadi satu.

Lalu, gunakan jari Anda untuk mengoleskan adonan pasta gigi dan soda kue ke baretan kaca. Lakukan secara perlahan agar baret tidak meluas. Oleskan dengan gerakan memutar dan diamkan selama lima menit.

(Baca juga: Penyebab Mobil Matic Mogok dan Cara Mengatasinya dengan Tepat)

3. Bersihkan Kaca

Cara berikutnya adalah bersihkan bagian yang telah diolesi adonan pasta gigi dan soda kue tadi dengan kain lembut. Lakukan dengan gerakan memutar secara perlahan hingga noda baret menghilang. Lakukan selama 10 hingga 15 menit hingga baret pada kaca benar-benar hilang. Setelah itu, bersihkan kaca dengan cairan pembersih.

4. Baret Membandel?

Jika baret belum juga hilang setelah 3 tahap di atas, gunakan cara berikutnya. Campurkan satu sendok teh air, jewelers rouge (pengilap logam), dan glycerin. Aduk rata adonan ini hingga warnanya menyatu.

Kemudian, aplikasikan adonan ini pada baret di kaca mobil menggunakan jari. Ingat, selalu berhati-hati agar tekanan dari jari Anda tidak membuat baret semakin luas. Lakukan dengan gerakan memutar selama beberapa menit dan diamkan selama lima menit.

(Baca juga: Ketahui Penyebab Mobil Bergetar Pada Kecepatan Rendah)

5. Membersihkan Kaca Tahap Akhir

Langkah terakhir adalah membersihkan kaca dengan cairan pembersih dan mengusapnya dengan kain lembut. Anda bisa mengulangi tahapan ini selama beberapa kali sampai baret pada kaca mobil benar-benar hilang.

Akan semakin baik jika baret pada kaca mobil ditangani sesegera mungkin sebelum baret itu semakin meluas dan mengancam keselamatan Anda sebagai pengendara. Selain itu, tak ada salahnya mengulangi metode di atas setiap  4-6 bulan sekali. Tujuannya adalah untuk menghindari baret pada kaca mobil muncul kembali.

Ingat pula untuk tidak membiarkan adonan yang disarankan di atas menempel terlalu lama di kaca. Campuran bahan-bahannya memiliki kandungan abrasive yang justru bisa merusak kaca jika terlalu lama menempel.

Semoga tips di atas bisa membantu Anda yang sedang mencari cara menghilangkan baret kaca mobil, ya! Jika ada saran lain, silakan sampaikan di kolom komentar ya!

Top