Cara Menghilangkan Goresan pada Mobil Warna Hitam dengan Benar

April 8th, 2019 by Oline

Sedang mencari cara menghilangkan baret pada mobil hitam Anda? Baret pada mobil yang berwarna hitam jelas akan mengurangi estetikanya. Terlebih jika baret atau goresan terlihat memanjang hingga memenuhi bodi mobil. Tidak perlu terburu-buru untuk membawanya ke salon mobil, berikut ini beberapa cara menghilangkan goresan pada mobil hitam dengan benar.

Periksa dulu jenis goresan

Sebelum Anda mencoba menghilangkan baret atau goresan pada mobil, ketahui terlebih dulu kedalaman goresannya. Jika goresan terlihat namun tidak terasa saat diraba maka goresan tersebut tidak dalam. Namun, jika goresan terlihat dan terasa saat diraba maka bisa dipastikan bahwa goresan tersebut cukup dalam.

Walau begitu, Anda tidak perlu merasa khawatir karena goresan seperti itu belum mencapai cat primer mobil. Artinya, masih bisa diperbaiki tanpa harus membawanya ke salon mobil. Jika goresan tidak terlalu dalam atau tidak mencapai lapisan primer, Anda bisa mengikuti cara-cara menghilangkan baret pada mobil seperti berikut:

Manfaatkan pasta gigi

Siapa yang menyangka kalau benda yang selama ini Anda gunakan untuk membersihkan gigi ternyata juga bisa menghilangkan goresan pada mobil? Kemampuan pasta gigi untuk menghilangkan goresan pada mobil hitam bahkan setara dengan kertas amplas namun tentunya jauh lebih lembut dan aman.

Ini karena pasta gigi ternyata memiliki kandungan zat abrasif. Kandungan ini mampu mengikis lapisan di sekitar area yang tergores sehingga tampak lebih rata dan senada. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengoleskan pasta gigi di area yang tergores dan sekitarnya. Diamkan selama 15-20 detik, kemudian basahi dengan air bersih dan seka dengan lap kering. 

(Baca juga: Cara Memilih Ban Mobil Yang Tahan Lama Dan Nyaman Digunakan)

Gunakan peralatan penghilang goresan

Berkat adanya kemajuan teknologi, sekarang terdapat banyak produk penghilang goresan (scratch remover) untuk mobil hitam. Bentuknya sangat variatif, mulai dari yang menyerupai cat, berupa cairan, hingga berupa spidol untuk hasil yang lebih presisi. Untuk menggunakannya pun tidak terlalu sulit, cukup dioleskan pada area yang tergores beberapa kali.

Oleskan cairan penghilang goresan mobil dengan jari tangan secara merata. Setelah rata, gosok dengan kain microfiber agar cairan penghilang goresan bisa lebih merata pada permukaan bodi mobil. Gosok dengan gerakan melingkar sambil ditekan perlahan. Anda bisa mengulanginya jika hasil belum maksimal.

Menggunakan kompon poles

Selain dengan pasta gigi dan scratch remover, Anda juga bisa menggunakan kompon poles. Kompon poles merupakan bahan kimia berbentuk krim yang memiliki fungsi untuk mengikis cat di sekitar area yang tergores. Cat yang terkikis tersebut kemudian akan menyamarkan goresan atau baret.

Untuk menggunakannya, Anda sebaiknya membersihkan mobil terlebih dulu agar tidak ada debu atau kotoran yang menempel. Setelah bersih, poles area yang tergores dengan kompon poles. Poles dengan cepat sebelum kompon mengering, Saat memoles, tidak perlu menekan kompon karena bisa mengikis terlalu banyak cat. Akhiri dengan membilas krim kompon poles dan kemudian keringkan. Lapisi dengan wax agar bodi tampak mengkilap.

Baret atau goresan pada mobil berwarna hitam jelas akan mengganggu tampilan dan estetika mobil. Anda mungkin akan merasa panik saat menemukan goresan pada mobil. Namun dengan mengikuti cara menghilangkan baret pada mobil hitam di atas, Anda tidak perlu lagi membawa mobil ke salon untuk memperbaikinya. Selamat mencoba!

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam 24 Jam

Top