4 Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil

Mei 2nd, 2019 by Oline
4 cara menghilangkan jamur kaca mobil

Sebagai bagian penting dari mobil, kebersihan kaca mobil perlu diperhatikan. Bila tidak bersih, kenyamanan dan keamanan berkendara akan berkurang, sebab jarak pandang akan terbatas dan terhalang oleh jamur yang terdapat pada kaca mobil. Kondisi kaca mobil juga berpengaruh terhadap nilai jual kembali kendaraan. Mobil dengan kaca berjamur secara visual kurang menarik dan dapat memengaruhi harga jual kembali. Jadi, Anda harus sangat memperhatikan kondisinya.

Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil

Bila kaca mobil Anda berjamur, jangan tunda proses pembersihannya. Segera hilangkan jamur pada kaca mobil Anda untuk kembali aman dan nyaman berkendara, serta mengembalikan kaca mobil seperti semula agar mempertahankan harga jualnya. Yuk, ketahui cara menghilangkan jamur kaca mobil berikut!

Membersihkan jamur kaca mobil menggunakan soda

Apakah Anda suka mengonsumsi minuman bersoda? Jika iya, selain meminumnya, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil Anda. Cara menggunakan minuman soda untuk membersihkan jamur pada kaca mobil juga cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan tenaga ahli. Bersihkan saja terlebih dahulu kaca mobil dengan kain kering, baru kemudian basahi kain lembut dengan air soda.

Gunakan kain lembut yang sudah dibasahi air soda tersebut untuk membersihkan jamur pada kaca mobil dengan cara menggosokkannya. Gosoklah hingga jamur pada kaca mobil hilang. Anda tidak perlu menambahkan air, karena air dapat mengurangi khasiat unsur kimia dalam soda. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan soda yang tidak mengandung gula, agar tidak mengundang semut.

(Baca juga: Mesin Mobil Diesel Anda “Pincang”? Mungkin Ini Penyebabnya!)

Alkohol

Alkohol yang biasa digunakan untuk membersihkan luka juga berfungsi untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Gunakanlah alkohol dengan kadar 50-90 persen. Basahi kain lembut dengan alkohol dan gosokkan kain lembut tersebut pada kaca mobil. Agar kaca mobil Anda tidak tergores, pastikan Anda menggosok kaca mobil dengan perlahan dan hati-hati, tidak perlu terlalu keras.

Pemutih pakaian

Bagi Anda yang suka menggunakan pemutih pakaian, Anda juga bisa menggunakannya untuk menghilangkan jamur kaca mobil. Cara membersihkan kaca mobil dari jamur menggunakan pemutih pakaian juga mudah. Cukup basahi saja kain lembut dengan pemutih pakaian secukupnya.

Setelah itu, gosokkan dengan lembut kain lembut yang sudah dibasahi dengan pemutih pakaian tersebut pada kaca mobil berjamur hingga bersih. Hanya dengan gosokkan lembut, kaca mobil Anda dapat kembali bersih dan bebas jamur. Setelah proses pembersihan kaca mobil selesai, pastikan juga Anda memarkir mobil pada tempat yang teduh untuk menghindari sinar matahari langsung.

(Baca juga: 5 Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus)

Tembakau

Ada satu lagi cara menghilangkan jamur pada kaca mobil yang layak Anda coba, yakni menggunakan tembakau. Bagaimana caranya? Mudah, cukup rendam tembakau kering dalam air. Anda bisa menggunakan air dingin (tak perlu dididihkan dulu sebelumnya) untuk merendam tembakau. Tidak perlu juga mencampur air tersebut dengan sabun karena dapat memengaruhi air tembakau.

Kemudian, rendam tembakau sekitar 10 hingga 15 menit. Untuk hasil terbaik, Anda sebaiknya membersihkan kaca mobil terlebih dahulu menggunakan air wiper sebelum air tembakau digunakan. Setelah kaca mobil Anda kering, tuangkan air rendaman tembakau ke bagian kaca yang berjamur. Lakukan gerakan menggosok berulang kali hingga jamur pada kaca mobil hilang secara keseluruhan.

Nah, itulah cara menghilangkan jamur kaca mobil yang perlu Anda ketahui. Jika kaca mobil telah bersih dari jamur, Anda sebaiknya terus melakukan perawatan berkelanjutan pada mobil dua kali seminggu. Jangan lupa untuk rajin membersihkan kaca mobil setelah mobil terkena hujan. Terapkan pula kebiasaan memarkir mobil di tempat tanpa terkena sinar matahari langsung. Cobolah beberapa cara di atas dan semoga bermanfaat!

Caroline ID Banner - Beli Mobil Tanpa Was-Was

Top