11 Langkah Cara Mengisi Freon AC Mobil yang Benar

Februari 6th, 2019 by Oline
Cara Mengisi Freon AC Mobil yang Benar

Cara mengisi freon AC mobil yang tidak benar bisa berakibat pada tidak dinginnya AC pada mobil. Hal ini pastinya akan mengganggu kenyamanan Anda pada saat berkendara. Sebenarnya, mengisi freon dengan memanggil ahlinya akan lebih mudah dan praktis. Namun, pastinya dibutuhkan biaya lebih untuk ini. Nah, jika Anda ingin lebih menghemat, lakukan pengisian secara mandiri dengan cara yang benar.

Sebelum freon AC diganti, Anda harus benar-benar mengosongkan freon yang masih tersisa. Sebab, mencampurkan freon lama yang tersisa dengan freon baru bisa menimbulkan masalah pada kinerja mobil. Oleh karena itu, pastikan buang sisa freon yang masih ada, kemudian bersihkan semua bagian AC.

Setelah semua bagian AC bersih dan freon benar-benar kosong, kemudian siapkan alat untuk mengisi freon, yaitu manifold gauge (alat pembaca tinggi/rendah tekanan) dan freon yang baru. Setelah itu, ikuti cara mengisi freon AC mobil berikut ini.

(Baca Juga : Kesalahan Cara Mengganti Oli Mobil yang Perlu Anda Hindari)

Berikut Cara Mengisi Freon AC Mobil

  1. Pasang beberapa kabel yang ada pada manifold gauge ke portnya masing-masing.

  • Selang warna kuning yang ada di tengah ke tabung freon.
  • Selang warna biru ke Low Pressure Pentil.
  • Selang warna merah ke High Pressure Pentil.
  • Pastikan semua valve tertutup dengan rapat sebelum memulai pengisian.
  1. Bukalah valve pada tabung sedikit, longgarkan mur pada selang kuning yang menempel ke manifold gauge sedikit saja agar udara yang masih ada pada selang kuning keluar. Tunggulah selama 4 detik hingga terdengar bunyi mendesis.

  2. Tutup kembali valve pada tabung dan mur pada selang kuning tadi dengan rapat.

  3. Buka jendela mobil, kemudian nyalakan mesin dan AC pada setting fan paling cepat, yaitu suhu paling dingin.

  4. Setel mesin hingga running-nya mencapai 1100 sampai 1500 rpm.

  5. Buka kedua valve pada manifold gauge, kabel warna merah dan biru, hingga terbaca penunjuknya. Idealnya maksimum 40 PSI pada tekanan rendah dan maksimum 225 PSI pada tekanan tinggi. Jika kurang, berarti freon harus ditambah.

  6. Tutup kembali semua valve, kemudian buka sedikit valve yang ada pada tabung.

  7. Mulai pengisian freon dengan membuka valve berwarna biru pada low pressure. Tunggu beberapa saat hingga penunjukan naik hingga terbaca 35-40 PSI.

  8. Tutup valve low dan valve tabung dalam kondisi mesin tetap menyala.

  9. Buka kembali valve low, sekaligus valve high berwarna merah. Tunggu beberapa saat hingga penunjukan pada high pressure terbaca 200 PSI.

  10. Jika belum tercapai batas maksimum tersebut, tutup kembali semua valve, dan ulang langkah pembukaan valve low dan high tersebut hingga batas maksimum tercapai. Jika sudah dilakukan pengulangan berkali-kali tetapi tidak terjadi pembacaan low dan high yang sesuai, berarti ada sistem yang tidak bekerja sempurna.

Memang, untuk mengisi freon AC mobil tidak boleh dilakukan sembarangan. Namun, dengan mengikuti semua langkah cara mengisi freon AC mobil di atas, Anda bisa melakukannya dengan benar.

 

Top