Inilah Cara Mengisi Freon AC yang Tepat untuk Mobil Anda

Maret 5th, 2019 by Oline

Ketika Anda ditanya apa yang paling membuat berkendara di mobil kian nyaman, apa jawaban yang terlintas? Tentunya salah satu faktor yang membuat naik mobil lebih nyaman dibandingkan dengan kendaraan roda dua adalah adanya fitur air conditioning atau AC. Berkat AC, Anda bisa merasa lebih nyaman ketika sedang bermacet-macetan di siang hari yang terik. Tapi di balik itu semua, pernahkah Anda mengetahui bagaimana cara mengisi freon AC?

Apa Masalah pada AC?

Sebelum membahas lebih dalam lagi tentang cara mengisi freon AC, kita perlu tahu bahwa freon pada dasarnya adalah nama merek zat pendingin yang penamaannya digunakan secara universal berkaitan dengan AC. Bentuk freon adalah cairan yang berfungsi memberi hawa sejuk pada AC mobil.

Lalu, apa yang biasanya menjadi masalah pada AC mobil? Berikut beberapa contoh masalahnya:

  • AC kurang dingin
  • Filter AC kotor
  • Freon AC bocor

Selain beberapa contoh masalah di atas, tentu masih banyak lagi contoh kasus lainnya yang bervariasi pada setiap orang. Dalam AC mobil, ada beberapa komponen yang terikat satu sama lain. Ketika ada salah satu saja komponen yang tidak beroperasi secara maksimal, maka AC tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Tanda-Tanda Freon Habis

Freon AC harus berada di takaran yang pas agar AC bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Tidak lebih, tidak kurang. Jika kelebihan, justru pipa AC bisa mengalami tekanan tinggi dan membuat arus listrik ke magnet clutch terputus.

Sebaliknya jika freon kurang, maka saklar di komponen AC tidak akan bisa terkoneksi dengan relay magnetic clutch. Biasanya, hal ini ditunjukkan dengan kompresor AC yang tidak berputar, suhu dari AC justru tinggi atau tidak dingin, dan kipas tambahan tidak berputar meski mesin mobil menyala.

(Baca juga: Ada Baretan di Kaca Mobil Anda? Ini Cara Menghilangkan Baret Kaca Mobil yang Tepat!)

Cara Mengisi Freon AC

Ketika AC mobil mengalami masalah, tidak jarang pihak teknisi menyarankan untuk mengisi freon AC. Apa yang harus Anda lakukan? Untuk mengetahuinya lebih jauh, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Periksa Tekanan Freon AC

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa berapa tekanan freon AC dengan alat manifold gauge. Dengan alat ini, Anda bisa melihat apakah tekanan freon AC terlalu tinggi, pas, atau justru terlalu rendah. Pada mobil, ukuran tekanan freon AC berada di posisi rendah di angka 15-30 psi, dan tinggi jika di angka 160-250 psi.

2. Kosongkan Sisa Freon

Kemudian, kosongkan freon pada AC mobil Anda dengan menutup katup manifold gauge dengan selang yang berwarna biru ke nipel bertekanan rendah, selang berwarna merah ke nipel tekanan tinggi, dan selang hijau ke pompa vakum.

Kemudian, buka salah satu katup dan hidupkan pompa vakum. Tunggu sampai indikatornya menunjukkan angka 600mmHg. Agar vakum bekerja efektif, buka sisi katup manifold lainnya. Baca kembali angka hingga di posisi 750mmHg yang berarti sistem AC telah bersih dari uap.

(Baca juga: Rem Mobil Habis? Inilah Biaya Ganti Kampas Rem Mobil)

3. Awasi Kebocoran

Tahap terakhir dari cara mengisi freon AC adalah dengan membiarkan pompa vakum tadi tetap menyala selama setidaknya 30 menit. Kemudian, tutuplah kedua katup manifold gauge sebelum pompa vakum dimatikan. Tunggu selama 15 menit dan terus perhatikan angka pada meteran. Jika ada penurunan, artinya ada indikasi kebocoran pada sistem AC mobil Anda. Namun jika angkanya stabil, artinya AC Anda bisa beroperasi optimal kembali.

Begitulah cara untuk mengisi freon AC mobil sendiri. Jika dirasa sulit dan tidak ada peralatan yang memadai, tak ada salahnya membawa ke bengkel atau percayakan pada orang yang berpengalaman.

Top