Cara Mengoperasikan Mobil Matic untuk Pemula

Mei 8th, 2019 by Oline
Cara Mengoperasikan Mobil Matic Untuk Anda yang Baru Belajar Mengemudi

Setiap hal yang dilakukan untuk pertama kali pasti sulit, tidak terkecuali saat Anda hendak belajar mengendarai mobil matic. Memiliki rasa takut tentang kemungkinan membuat kesalahan yang berakibat fatal memang wajar, namun bukan berarti itu harus menghentikan niat Anda untuk belajar. Anda pun tidak perlu khawatir karena banyak orang menganggap cara mengoperasikan mobil matic cukup mudah cara mengendarai mobil matic relatif lebih mudah dibanding mobil bertransmisi manual. Mengingat jenis mobil ini hanya memiliki dua pedal, yakni gas dan rem. Yuk, ketahui cara mengoperasikan mobil matic untuk Anda yang baru belajar mengemudi berikut!

Kumpulkan niat dan fokus

Anda harus memiliki niat yang kuat, bisa mengendarai mobil matic hingga lancar. Setelah niat Anda pegang, selanjutnya Anda juga harus mengumpulkan fokus Anda. Fokus adalah cara mengendarai mobil matic dengan benar yang pertama. Karena tanpa fokus, akan sulit bagi Anda untuk belajar dan mengendarai mobil di jalanan. Agar bisa belajar tanpa menyebabkan gangguan, sebaiknya Anda mencari tempat yang aman untuk belajar mobil matic, misalnya seperti lapangan luas di sekitar rumah. Saat belajar, perhatikan juga kondisi sekitar dengan melihat spion samping kanan, kiri, dan tengah untuk memastikan posisi mobil benar.

Pahami fitur mobil matic yang Anda pelajari

Agar dapat mengendarai mobil matic dengan benar, Anda juga perlu meluangkan waktu untuk memahami atau mengenal fitur mobil yang Anda gunakan. Yang harus Anda ketahui tidak hanya posisi dan perpindahan tuas transmisinya saja, namun juga letak tombil lampu sein, klakson, dan beberapa bagian penting mobil lainnya. Dengan mengetahui fitur-fitur mobil matic yang Anda pelajari, akan lebih bagi Anda untuk berkendara. Setelah memahami fiturnya, Anda juga harus memahami cara mengoperasikannya agar dapat mengendari mobil matic dengan nyaman.

(Baca juga: Ketahui Penyebab Kipas Radiator Mobil Mati)

Memahami transmisi mobil matic

Beberpa informasi kode-kode huruf transmisi mobil matic yang perlu Anda ketahui adalah:

  • P (parking) merupakan posisi untuk parkir.
  • R (reverse) adalah posisi untuk mundur.
  • N (neutral) untuk posisi netral.
  • D (drive) adalah posisi berkendara dalam kecepatan terbaik. Anda bisa menggunakan D saat berkendara dengan kecepatan normal di dalam kota.
  • untuk L (low) adalah transmisi dengan kecepatan paling rendah. Bisa digunakan saat melintasi turunan atau tanjakan curam.

Tenang dan jangan panik

Sulit dan hampir tidak mungkin untuk langsung lancar mengendari mobil matic sejak kali pertama. Anda mungkin akan melakukan banyak kesalahan dalam prosesnya. Meskipun demikian, Anda harus tetap tenang dan usahakan untuk tidak panik. Kepanikan hanya akan membuat Anda tidak mampu berkendara dengan benar. Tidak perlu panik ketika Anda mulai berlatih berkendara di jalan dan bertemu dengan kendaraan lain hingga kendaraan-kendaraan berukuran besar. Jika Anda panik dan khawatir berlebihan, yang ada Anda akan memicu kecelakaan yang tidak harus terjadi.

Oleh karena itu, ajarilah diri Anda untuk tetap tenang terlepas dari kondisi jalanan yang Anda hadapi. Apabila Anda melakukan kesalahan seperti salah menginjak rem atau memindahkan transmisi, tetap tenang dan jangan panik. Anda harus tetap mempertahankan ketenangan selama berkendara karena rasa cemas hanya akan merusak konsentrasi dan menimbulkan kesalahan yang lebih besar. Setiap kali Anda melakukan kesalahan, ambil napas dalam-dalam dan kembeli kumpulkan konsentrasi dan lakukan langkah-langkah yang seharusnya.

(Baca juga: 5 Cara Ideal Memakai Sabuk Pengaman Mobil dengan Tepat)

Jangan bosan latihan

Anda akan bisa berkendara jika sudah terbiasa, jadi jangan bosan untuk latihan terus dan membiasakan diri mengendarai mobil matic. Anda bisa meminta bantuan keluarga atau teman dekat yang sudah mahir berkendara untuk mengajari Anda. Saat kemauan belajar muncul, Anda harus meneruskan dan jaga kemauan tersebut dengan semangat berlatih. Dalam prosesnya, tidak perlu merasa kecil hati jika Anda tidak langsung pandai. Setiap orang punya kemampuan berbeda, jadi tidak masalah jika Anda harus berlatih beberapa hari untuk bisa berkendara dengan lancar.

Keuntungan mobil matic

Menggunakan mobil matic juga memiliki banyak keuntungan. Di antaranya:

  • Lebih praktis untuk penggunaan dalam kota.
  • Membuat Anda sebagai pengendara lebih fokus atau menikmati perjalanan.
  • Memiliki banyak peminat di pasar used car, membuat harga mobil matic mampu bertahan.
  • Lebih mudah digunakan karena didukung komponen transmisi matic yang memudahkan Anda selama menggunakannya di jalanan.

Nah, itulah cara mengoperasikan mobil matic untuk Anda yang baru belajar mengemudi. Mengemudi itu sebenarnya soal pengalaman, jadi semakin sering kamu berlatih, maka semakan lancar pula kamu dapat mengendarai mobil matic. Biasakanlah dirimu untuk memegang setir dan terus latihan dengan niat yang fokus agar cepat pandai berkendara mobil. Semoga bermanfaat!

Banner Caroline ID WhatsApp

Top