Cara Merawat Aki Mobil yang Mudah Dilakukan

Desember 20th, 2018 by Oline
Cara Merawat Aki Mobil yang Mudah Dilakukan

Cara merawat aki mobil tentunya penting untuk diketahui. Apalagi jika kondisi mobil Anda sudah lama, tentunya kualitas Aki pun bisa saja jadi menurun. Untuk itu, perlu adanya perawatan yang cukup baik untuk meminimalisir risiko kerusakan pada Aki mobil. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat Aki mobil Anda.

Memeriksa Jumlah Elektrolit Aki

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan ketika merawat aki mobil Anda adalah dengan melihat seberapa banyakkah jumlah elektrolit pada aki Anda. Jumlahnya yang berada di garis minimal atau di low level akan sangat memungkinkan kendaraan Anda mengalami masalah seperti misalnya mesin tidak mau menyala. Terkadang hal ini pun akan sangat berpengaruh terhadap aki yang soak. Untuk itu, Anda harus sering memeriksanya dan mengisi cairan elektroniknya kembali.

Melihat Terminal Aki

Selain itu, Anda juga harus mengecek bagaimana kondisi terminal aki kendaraan. Dari mulai kondisinya yang berkarat, berjamur atau kotor, hingga longgar atau tidaknya pada beberapa bagian. Jika ternyata terminal aki kotor, sebaiknya bersihkanlah. Anda bisa membersihkan terminal yang kotor  dengan mengelapnya, atau misalkan jika berkarat, bisa menyiramnya menggunakan air panas untuk menghilangkan jamur yang ada. Pun jika kondisinya ternyata longgar, Anda bisa mencoba untuk mengencangkan nya. Atau jika memang tidak bisa juga, maka sebaiknya gantilah terminal Aki dengan yang baru.

Panaskan Mobil

Meskipun kendaraan Anda tidak akan digunakan, namun selalu panaskan mesin kendaraan Anda setiap harinya. Hal ini dikarenakan Aki mobil akan mengalami self discharge atau pengurangan kapasitas Aki meskipun tidak digunakan. Oleh karena itu, penting sekali untuk rutin memanaskan mesin setiap 15-20 menit setiap harinya agar mesin atau Aki kendaraan Anda tidak cepat rusak atau soal saat baru akan digunakan.

Memeriksa Sistem Pengisian

Cara merawat aki mobil selanjutnya adalah dengan melihat bagaimana kondisi sistem pengisian kendaraan mobil Anda. Lihatlah indikator pada baterai Aki di bagian dashboard mobil. Yang harus diperhatikan adalah normalnya, baterai pada Aki akan mati ketika mesin mobil dihidupkan. Jika ternyata kedua-duanya mengalami hal sama, bisa dikatakan sistem pengisian mengalami permasalahan. Anda bisa langsung melakukan servis atau coba cara sederhana.

Cara sederhananya bisa dengan mencoba melepas bagian terminal negatif. Jika mesin mati ketika dilepas, berarti benar, aki Anda sedang bermasalah. Namun jika mesin tetap hidup meskipun terminal negatif dilepaskan, maka kondisinya pun masih normal.

Pada dasarnya, apapun kondisi aki kendaraan mobil Anda, ┬árutin lah melakukan tune up di bengkel langganan. Jika sudah waktunya service, jangan sampai ditunda-tunda. Hal ini pun demi kenyamanan dan keamanan kendaraan Anda sendiri. Itulah cara merawat aki mobil yang bisa Anda aplikasikan pada kehidupan, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan kendaraan Anda di Caroline – Tempat Jual Beli Mobil Bekas, untung lebih tanpa perantara.

Top