Cara Merawat Mesin Mobil Paling Simple

Desember 22nd, 2018 by Oline
Cara Merawat Mesin Mobil

Cara Merawat Mesin Mobil yang masih baru pastinya lebih mudah. Untuk merawatnya anda cukup rajin servis, dan menyimak tips tips dibawah ini:

1. Perhatikan oli mesin

Oli mobil wajib diganti jika mobil sudah berjalan sejauh 10.000 km. Cara mengecek oli mobil yang baik adalah pada saat pagi hari, dalam kondisi mesin mobil dingin dan sudah istirahat cukup lama. Cukup Tarik dip stick penutup oli menggunakan tangan dan perhatikan apakah tingkat ketinggian oli masih dalam berada dalam batas aman pengukur ketinggian oli pada dipstick. Jika oli masih dalam batas aman pengukur ketinggian, maka oli masih layak pakai.

Tetapi ada kondisi tingkat ketinggian oli masih aman, namun sudah tidak layak pakai, yaitu jika warna oli sudah terlalu keruh atau hitam, oli terlalu kental, tercampur air, dan jika di oleskan ke tangan terasa ada partikel seperti debu. Pada kondisi ini oli harus segera diganti agar mesin mobil dapat tetap berfungsi dengan baik. Tidak rutin mengganti oli dapat mengakibatkan turun mesin dan membutuhkan biaya yang sangat banyak untuk memperbaikinya.

2. Perhatikan kampas kopling atau fanbelt

Jika anda menggunakan mobil dengan transmisi manual, maka kopling adalah bagian mobil yang tidak kalah vital dengan mesin. Jika kampas kopling sudah aus, maka kampas kopling itu harus segera diganti dengan yang baru. Kampas kopling yang aus akan mengakibatkan mobil akan susah untuk dilakukan pemindahan transmisi, dan hal ini merupakan hal yang sangat berbahaya jika mobil digunakan di kondisi tanjakan.

Ciri ciri kampas kopling yang mulai aus adalah proses pemindahan transmisi menjadi terasa berat. Sementara jika anda menggunakan mobil matic maka fanbelt adalah hal yang harus selalu diperhatikan terkait dengan transmisi mobil.

3. Perhatikan air radiator

Air radiator sangat berfungsi untuk mengatur suhu mesin mobil. Tanpa air radiator mesin mobil menjadi panas dan mogok. Untuk mobil mobil baru sangat tidak disarankan untuk menggunakan air biasa pada radiatornya. Untuk mobil yang masih berusia sekitar lima tahun, sangat disarankan untuk menggunakan air khusus radiator agar mesin lebih awet dan tidak mudah panas. Periksalah tingkat ketinggian air di tempat air radiator, dan segera isi sendiri tanpa menunggu jadwal servis jika terlihat kurang.

4. Perhatikan air aki

Air aki juga sangat perlu untuk diperhatikan agar sistem kelistrikan mobil tetap dapat berjalan dengan optimal. Umumnya mobil masih menggunakan aki basah. Aki basah ini perlu diperhatikan kadar airnya, jika kurang segeralah isi dengan menggunakan air khusus aki.

Proses Cara Merawat Mesin Mobil diatas sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang. Untuk tips mengenai Otomotif lainnya langsung saja kunjungi www.caroline-id.com. Caroline: untung lebih tanpa perantara.

 

Top