Merawat Mobil Bekas Mudah, Cek Bagian Ini Secara Rutin

Agustus 7th, 2019 by Deni Ferlindungan
Merawat Mobil Bekas Mudah

Mobil bekas kerap menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil, namun dengan dana yang minim. Untuk urusan perawatan, tentunya mobil bekas membutuhkan perhatian ekstra. Terlebih jika kendaraan telah memiliki masa pakai yang cenderung tinggi. Namun tak perlu khawatir, karena sebenarnya merawat mobil bekas mudah asalkan Anda memahami apa saja yang perlu dilakukan.

Untuk itu, ada sejumlah komponen penting yang perlu diperhatikan dalam urusan perawatan. Berikut ini, tim CAROLINE.id mencoba untuk memberikan informasi dalam merawat mobil kesayangan Anda, agar kembali ke kondisi prima.

1. Rutin ganti oli mesin

Oli menjadi komponen yang penting untuk menjamin “kesehatan” mesin mobil Anda. Kendaraan yang telah digunakan dengan jarak yang tinggi, dan masa pakai dengan waktu yang lama, dapat mengakibatkan suhu mesin cenderung cepat panas. Selain itu, dapat mengakibatkan oli cenderung kental, dan volumenya berkurang.

Langkah yang perlu dilakukan, Anda harus memastikan tidak terdapat kebocoran dengan melihat adanya rembesan oli atau tidak di sekitar ruang mesin. Jika volume oli mesin berkurang banyak dan terjadi perubahan fisik, segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa lebih mendalam.

(Baca juga: Ketahui Penyebab Kipas Radiator Mobil Mati)

2. Perhatikan bagian kaki-kaki

Komponen yang tak kalah penting untuk diperiksa ialah sektor kaki-kaki. Karena kondisi dan medan jalan yang bervariasi, memaksa komponen ini bekerja ekstra dalam menopang bodi kendaraan.

Pastikan Anda memeriksa kondisi sokbreker, lower arm, dan jangan lupa keausan ban beserta tekanan angin sesuai standar. Agar perjalanan dengan mobil kesayangan Anda dipastikan tanpa kendala.

3. Pastikan rem mobil berfungsi dengan baik

Pemakaian kendaraan dengan waktu yang lama dan kerap menghadapi kepadatan jalan, memberikan beban pada sektor pengereman juga bekerja lebih keras. Pastikan ketebalan kampas rem masih dalam keadaan baik.

Alangkah baiknya jika pemilik kendaraan mengganti komponen ini jika memang sudah mencapai batas maksimal. Tak kalah penting, jangan lupa untuk mengisi minyak rem apabila berkurang dari takaran yang seharusnya sesuai rekomendasi dari pabrik.

4. Jaga kondisi filter bahan bakar

Tanpa kita sadari, pemakaian kendaraan untuk sehari-hari, terkadang pemilik kendaraan terpaksa mengisi bahan bakar yang tak sesuai dengan oktan yang direkomendasikan. Hal itu dapat mengakibatkan kinerja mesin tidak berjalan dengan maksimal.

Karenanya, sebaiknya pemilik kendaraan juga harus rajin mengecek filter bahan bakar, dan dapat menggantinya untuk meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam komponen ruang bakar.

5. Jaga kondisi interior biar tetap nyaman

Faktor yang tak kalah penting dalam memelihara mobil bekas adalah perhatian pada sisi interior. Sebaiknya Anda harus jeli dalam melihat kebersihaan interior mobil Anda, terlebih dari sisa makanan dan minuman di dalam kabin.

(Baca juga: Tips Beli Mobil Bekas: Mengecek Bagian Interior)

Lakukan pembersihan secara menyeluruh mulai dari kabin hingga bagasi, agar tidak menyebabkan aroma yang tidak sedap dan terhindar dari masuknya serangga ke dalam kabin. Jangan lupa juga bersihkan saringan udara AC, agar udara di dalam kabin dapat selalu terasa segar.

Berbekal informasi yang telah dijelaskan, harapannya pemilik mobil bekas, apalagi yang awam, tak lagi kebingungan soal cara merawat kondisi mobilnya. Karena sebenarnya merawat mobil bekas mudah, hanya saya memang perlu perhatian ekstra.

Penulis: Deni Ferlindungan

Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog CAROLINE.id

Artikel menarik lainnya untuk Anda:

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam Hitungan 24 Jam

Top