Cara Merawat Mobil Bekas

Januari 14th, 2019 by Oline
Cara Merawat Mobil Bekas

Ketika Anda memutuskan untuk membeli dan menggunakan mobil bekas. Maka salah satu hal penting yang harus Anda pertimbangkan adalah bagaimana cara merawat mobil bekas. Dengan mengetahui proses perawatan yang tepat maka Anda bisa mengaplikasikannya pada mobil dan juga mendapatkan manfaat yang lebih optimal dari penggunaannya.

Merawat mobil bekas atau seken sulit. Berikut beberapa tips mudah yang dapat dilakukan dengan mudah. Agar mobil bekas Anda tetap terlihat bagus dan layak dengan layaknya mobil baru.

Membuat Jadwal Mengganti Oli

Sebagai salah satu pelumas penting yang juga ada di mobil maka Anda juga harus memastikan kondisi oli pada mobil tersebut tetap memiliki kualitas yang baik. Jika Anda tidak mengganti oli secara lengkap sesuai dengan yang diharapkan maka ada gesekan antar komponen juga bisa membuat mesinnya menjadi lebih cepat rusak.

Radiator Selalu Cek Air

Saat Anda melakukan pengecekan pada bagian radiator maka perlu juga airnya dalam kondisi penuh. Hal ini bermanfaat untuk mengaktifkan fungsi optimal dari mesin kendaraan yang digunakan untuk meningkatkan dan meningkatkan kinerja mesin lainnya. Lebih untuk mobil bekas yang Anda tidak perlu tahu tentang penggunaan sebelumnya, jadi harus dijaga dengan cara perawatan mobil bekas secara tepat. Selain itu, untuk radiatornya sendiri harus dilakukan pengecekan secara berkala untuk menyelesaikan penyelesaian radiator pada mobil Anda.

Pembersihan Bagian Filter Karburasi

Bagian filter karburasi ini memang sangat penting untuk dijaga kebersihannya karena saat ini bagian mulai tertutupi kotoran atau mobil akan sulit untuk distarter. Cara yang paling tepat untuk membersihkannya adalah menggunakan sikat gigi untuk membantu membersihkan kotoran yang menempel dengan detail dan optimal.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Goresan pada Mobil Bekas yang Dibeli)

Timing Belt

Timing belt pada mobil Anda harus diganti di waktu yang tepat mengingat fungsinya yang akan membantu memulihkan roda-roda. Perlu dipertimbangkan sejak penggunaan sabuk waktu adalah 40.000 km sehingga Anda harus memperhatikan dengan baik kapan waktu yang tepat dan perlu untuk mengganti timing belt ini. Selain untuk menjaga kualitas mobil Anda agar tetap optimal untuk keamanan saat Anda mengemudi dengan mobil tersebut.

Pemeriksaan Ban

Dalam melakukan pemeriksaan bagian larangan maka Anda perlu memperhatikan Perincian tekanan anginnya. Dengan begitu Anda dapat menjawab jika memang sudah menunggu untuk mengisi angin atau bahkan menggantinya karena sudah terlalu tipis. Larangan ini tentu saja menjadi komponen yang juga sangat penting jika bisa dikeluarkan bisa dikeluarkan saat berkendara.

Memanaskan Mesin Mobil

Biasakan untuk selalu memanaskan mesin mobil terlebih dahulu sebelum Anda akan membeli. Maka mesin mobil tidak mengaget saat digunakan dan dilakukan tidak 15 menit agar efeknya lebih optimal. Dalam proses mengaplikasikan cara merawat mobil bekas memang Anda harus memperhatikan setiap detailnya dengan baik mengingat penggunaannya yang lama.

Manfaat Merawat Mobil Secara Rutin

Dari cara-cara di atas Anda bisa melakukan perawatan mobil secara rutin. Dari kebiasaan tersebut pun Anda bisa merasakan sejumlah manfaat. Apa saja?

Melakukan perawatan mobil secara berkala akan menjaga performa kendaraan tetap optimal. Karena seperti kita ketahui, seiring penggunaan maka komponen-komponen pada kendaraan akan mengalami penurunan kondisi.

Terlebih jika Anda membeli mobil bekas yang bisa dibilang kondisi sudah tak “segar” seperti mobil baru.

Manfaat lainnya dari rutin melakukan perawatan mobil adalah menghemat biaya pengeluaran untuk perbaikan. Logikanya, proses perawatan kendaraan akan menjadi komponen-komponen kendaraan tidak mudah rusak.

Jika pun ada komponen yang mesti diganti, biasanya itu dikarenakan masa pakainya telah melebihi batas. Dengan begitu seharusnya mobil dapat beroperasi tanpa gangguan sehari-harinya dan Anda bisa menghemat biaya perbaikan karena terhindar terjadinya kerusakan secara tiba-tiba.

Manfaat selanjutnya dari rutin merawat mobil ialah keselamatan dan kenyamanan berkendara. Komponen mobil yang kondisinya terjaga memastikan fungsi-fungsi mobil beroperasi dengan baik sehingga memastikan keselamatan selama Anda menggunakannya di perjalanan.

Manfaat terakhir yang bisa Anda rasakan dari rutin merawat mobil ialah harga jual mobil yang terjaga. Terlepas dari apakah Anda memiliki rencana untuk menjualnya atau tidak, tapi pastinya semua pemilik mobil ingin kendaraannya memiliki harga jual kembali yang tinggi.

Risiko Lalai Merawat Mobil

Selain mengetahui manfaat-manfaat yang telah disebutkan, Anda juga perlu menyadari risiko di balik kebiasaan lalai merawat mobil. Hal negatif yang paling terasa ialah menurunnya performa mobil karena akan ada banyak komponen-komponen yang menurun kondisinya dan luput dari pantauan.

Selebihnya Anda juga akan berisiko mengalami turunnya tingkat keselamatan dan kenyamanan berkendara saat menggunakan mobil. Dan pastinya harga jual mobil yang menurun karena kondisi semakin buruk seiring penggunaan. Apa lagi mobil yang Anda miliki sifatnya adalah bekas.

Setelah mengetahui fakta-fakta yang sudah dijelaskan di atas, pastinya Anda ingin selalu menjaga kondisi mobil agar selalu prima, bukan? Anda pastinya dapat melakukan seorang diri atau memanfaatkan jasa mekanik profesional untuk melakukannya.

Ingin tahu tips dan info tentang mobil, baik itu mobil bekas maupun mobil baru, tetap ikuti artikel terbaru dari blog caroline-id.

Top