Memahami Cara Pasang Relay Lampu Mobil dan Fungsinya

Mei 24th, 2019 by Oline
cara pasang relay lampu mobil

Anda mungkin pernah mendengar istilah relay untuk lampu mobil. Terutama saat sedang mengeluhkan head lamp atau lampu utama yang terlihat redup. Mungkin beberapa akan menyarankan untuk menggunakan relay. Apa sebenarnya relay itu? Apa fungsinya untuk lampu mobil? Anda akan mengetahui jawabannya dalam ulasan berikut.

Fungsi relay untuk lampu mobil

Pada dasarnya, relay merupakan salah satu komponen elektrik yang ada pada kendaraan, termasuk mobil. Fungsinya adalah untuk mengalirkan arus listrik dari saklar utama ke komponen listrik lainnya yang ada pada kendaraan, seperti klakson dan tentunya lampu utama. Namun, istimewanya adalah relay mampu mengalirkan arus listrik bertegangan besar dengan sistem pengendalian arus listrik kecil.

Dengan menggunakan relay, lampu mobil akan lebih terang. Saklar lampu mobil pun menjadi lebih awet. Ini karena arus listrik utama mobil tidak melalui saklar lampu mobil lagi, tetapi melalui relay lampu mobil. Dengan demikian, Anda bisa menghemat biaya untuk perawatan lampu beserta saklarnya karena relay membuat saklar lampu menjadi awet.

Cara pasang relay lampu mobil

Sebenarnya cara pasang relay untuk lampu mobil bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu rumit dan pasti bisa ditemukan pada perkakas standar Anda. Namun, untuk membeli relay, Anda tentu perlu pergi ke toko onderdil atau memilih-milih di lapak e-commerce.

Anda mungkin akan disodori beragam merek relay. Namun, pada dasarnya hanya ada dua tipe relay untuk lampu mobil. Pertama adalah set relay lampu. Model ini sudah terangkai lengkap, bahkan dengan sekring dan soket lampu. Anda tinggal memasangkannya pada terminal aki. Untuk harganya biasanya ada pada kisaran Rp100-300 ribu. Tinggal memilih mana yang sesuai dengan mobil Anda.

(Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil)

Model kedua adalah relay yang belum terangkai dan komponennya masih terpisah. Untuk memasang relay model ini mungkin akan terasa lebih sulit daripada model set, namun harganya jauh lebih murah. Satu komponen relay biasanya dibanderol sekitar Rp20-40 ribu, belum ditambah soket relay yang harganya sekitar Rp10 ribu.

Anda harus menghubungkan relay dengan sekring terlebih dulu. Baru setelah itu disambungkan pada ground mobil. Anda juga harus menghubungkan kabel relay dengan saklar agar lampu mobil bisa menyala terang.

Keuntungan menggunakan relay

Dari sini Anda bisa merasakan banyak keuntungan menggunakan relay. Pertama adalah pemeliharaan saklar lampu bisa menjadi lebih mudah. Ini karena saklar mobil tidak lagi dilewati oleh arus listrik. Arus listrik akan beralih melewati relay lampu. Dengan demikian saklar pun menjadi lebih awet. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan bujet untuk memperbaiki saklar yang rusak karena dialiri arus listrik bertekanan tinggi.

Keuntungan yang kedua sudah jelas, yaitu nyala lampu mobil menjadi lebih terang. Ini karena adanya arus listrik bertenaga besar dan kuat yang mengalir langsung ke lampu. Dengan lampu yang lebih terang, Anda pun bisa meminimalisir risiko kecelakaan di malam hari akibat minim penerangan. Anda juga lebih muda mengirim tanda kepada pengguna jalan lainnya jika nyala lampu mobil lebih terang.

(Baca juga: Begini Cara Memperbaiki Aki Basah pada Mobil Bekas)

Itulah fungsi, manfaat, serta cara pasang relay pada mobil. Dengan informasi tentang relay ini, maka Anda memiliki alternatif saat lampu mobil terlihat meredup. Anda tidak perlu khawatir dengan cara ini karena dengan menggunakan relay maka lampu mobil bisa lebih awet karena aliran arus listrik lebih stabil dibanding dengan kondisi tanpa relay. Selamat mencoba!

Caroline ID Banner - Beli Mobil Tanpa Was-Was

Top