Yuk, Cari Tahu Cara Over Kredit Mobil dengan Aman di Sini!

Mei 7th, 2019 by Oline

Over kredit atau pengalihan kredit merupakan hal yang cukup familiar di kalangan masyarakat. Umumnya, over kredit dilakukan oleh debitur atau penyicil yang sudah tidak mampu lagi melanjutkan angsuran kredit per bulan.

Sekilas, over kredit mobil merupakan cara yang bisa Anda coba untuk mendapatkan mobil tanpa perlu membayar cicilan dari awal. Anda hanya perlu melanjutkan cicilan kredit orang lain. Meskipun terdengar menguntungkan, ada konsekuensi yang harus Anda hadapi. Agar tidak rugi, ketahui cara over kredit mobil selengkapnya di bawah ini!

Ketahui konsekuensinya

Over kredit mobil memiliki konsekuensi yang tidak lain adalah batalnya asuransi kendaraan yang dibeli. Banyak orang yang berpikir bahwa over kredit mobil hanya terbatas pada melanjutkan cicilan dan menyambung asuransi kendaraan. Pahadal tidak demikian, mobil yang dibeli secara over kredit akan menggugurkan asuransi. Kenapa? Karena dalam perjanjian membeli mobil pertama adalah mengatasnamakan pembeli pertama. Berhubung pihak asuransi tidak melakukan perjanjian dengan tangan kedua, asuransi kendaraan tersebut pun batal jadinya.

Saat mobil berganti kepemilikan lalu mengalami kerusakan, klaim asuransi Anda pasti akan ditolak. Pergantian pemiliki kendaraan tidak membuat asuransi kendaraan secara otomatis berganti pada pemilik baru. Oleh karena itu, pihak asuransi sama sekali tidak memiliki tanggung jawab terhadap pemilik baru ketika melakukan klaim. Konsekuensi ini sebenarnya bukan sebuah kerugian. Namun, ada baiknya Anda ketahui dan hitung dengan benar. Anda tidak hanya perlu meneruskan kredit, namun juga mengeluarkan biaya asuransi baru.

(Baca juga: Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas)

Lakukan melalui bank atau pihak leasing

Ingin cara aman melakukan over kredit mobil? Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukannya melalui bank atau pihak leasing.

Caranya Anda perlu menghubungi bank atau pihak leasing terlebih dahulu. Nantinya, bank atau pihak leasing akan melakukan analisis terhadap kemampuan finansial Anda mengenai kemampuan Anda dalam membayar sisa cicilan mobil yang ingin Anda beli secara over kredit. Dengan mengandalkan analisis dari pihak terpercaya, Anda bisa membeli mobil secara over kredit dengan aman tentunya.

Namun, bila hasil analisis kemampuan finansial Anda tidak memungkinkan, tentu pengajuan Anda akan ditolak. Jika memang belum mampu secara finansial, Anda tidak perlu terlalu memaksakan diri, karena hal itu hanya akan menyusahkan Anda di kemudian hari. Jika Anda dinyatakan memenuhi syarat, Anda bisa melakukan over kredit mobil dengan sejumlah kententuan dan biaya yang umumnya meliputi biaya notaris atau asuransi. Anda cukup melakukan langkah yang telah ditentukan bank atau pihak leasing, sehingga jauh lebih mudah dan aman dilakukan.

(Baca juga: Inilah Daftar Mobil Bekas 150 Jutaan Terbaik)

Pastikan kredit sebelumnya tidak macet

Jangan terburu-buru, Anda perlu memastikan banyak hal sebelum membeli mobil secara over kredit. Salah satunya adalah memastikan bahwa penjual atau debitur lama tidak memiliki masalah pembayaran kredit. Ketahui dengan jelas kelancaran kredit sebelumnya.

Jika ada kemungkinan kredit macet atau denda keterlambatan pembayaran mengenai tunggakan kredit sebelumnya, pastikan debitur lama menyelesaikan masalah tersebut terlebih dahulu. Jangan sampai Anda yang malah membayar cicilan yang belum dibayar atau denda keterlambatan atas pembayaran cicilan yang harusnya menjadi tanggung jawab debitur lama.

Dengan mengikuti cara over kredit mobil di atas, Anda bisa membeli mobil dengan cara over kredit dengan aman dan tanpa hambatan.

Caroline ID Banner - Beli Mobil Tanpa Was-Was

Top