Cara Mengisi Air Wiper yang Mudah Dicoba Sendiri

Ini 3 Cara Mengisi Air Wiper yang Mudah Dicoba Sendiri

Cara mengisi air wiper menjadi salah satu informasi dasar yang wajib diketahui setiap pemilik mobil. Wiper merupakan bagian mobil yang berfungsi membersihkan kaca mobil depan maupun belakang. Penggunaan wiper pun menjadi sangat penting terlebih saat musim hujan. Dimana wiper dibutuhkan agar kaca tetap bersih atau tidak berembun, sehingga tidak mengurangi kualitas pandangan.

Dalam menjalankan fungsinya wiper membutuhkan cairan khusus yang harus diisikan. Air wiper merupakan cairan yang akan disemprotkan ke bagian kaca mobil sebelum wiper menyapu permukaan kaca. Peran air wiper sangat penting, yakni untuk melincinkan kaca sehingga mudah dibersihkan. Selain itu penyemprotan air wiper juga bertujuan agar tidak muncul goresan saat wiper bekerja menyapu kaca.

Memilih Air Wiper Terbaik

Air wiper yang digunakan tentu bukan air biasa. Melainkan air yang dicampur dengan deterjen khusus. Anda bisa membeli air wiper di bengkel-bengkel terdekat atau cukup membeli deterjennya lalu mencampur sendiri di rumah dengan mengikuti kompsisi pada kemasan.

Adapun beberapa pemilik kendaraan roda empat menggunakan air biasa sebagai air wiper. Ada pula yang mencampurkan shampoo agar kinerja wiper lebih efektif. Hal ini masih diperbolehkan selama shampoo atau sabun cair yang digunakan tidak merusak permukaan kaca. Penggunaan shampoo pun baik karena bisa melincinkan permukaan kaca sebelum disapu oleh wiper. Namun, memang lebih baik jika Anda menggunakan deterjen khusus air wiper.

Langkah Mengisi Air Wiper

Cara mengisi air wiper tidaklah sulit dilakukan. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut langkah-langkah mudahnya, diantaranya:

1. Membuka Kap Mobil

Untuk mengisi air wiper Anda perlu membuka kap atau cover mobil lebih dulu. Buka kap mobil lalu kaitkan secara benar. Pastikan tangan Anda tidak terjepit dan kap sudah terkait dengan kuat.

2. Mencari Tabung Air Wiper

Cari lokasi tabung air wiper. Tabung air wiper biasanya diletakkan di bagian kiri depan. Pastikan Anda tidak salah mengenali tabung oli steering. Karenanya baca tulisan pada bagian tutup tabung.

3. Mengisi Air Wiper

Tuang air wiper yang sudah disiapkan sebelumnya. Gunakan air bersih guna mencegah penyumbatan pada lubang keluaran. Karenanya lebih baik gunakan air wiper yang di beli di bengkel terpercaya. Isi air wiper sampai batas maksimal lalu tutup kembali penutup tabung air wiper dan tutup kap mobil.

Demikian beberapa langkah mengisi air wiper yang tentu mudah dilakukan sendiri. Sebaiknya air wiper tidak dibiarkan sampai kosong. Namun, tidak dipungkiri beberapa ada yang luput tidak menyadari tabung air wiper kosong dalam waktu lama. Contohnya mobil yang dijual dan lama tidak laku-laku. Beda dengan jual beli mobil di www.caroline-id.com yang sudah pasti mobil dalam kondisi bagus dan untung lebih tanpa perantara.

Padahal air wiper yang lama kosong cukup berisiko. Seperti menyebabkan kotoran masuk dan bersarang sampai terjadi penyumbatan. Karenanya rutin cek kondisi tabung air wiper dan isi saat air wiper sudah tinggal sedikit mengikuti cara mengisi air wiper yang diberikan di atas.