Punya Mobil Matic Baru? Yuk Cari Tahu Cara Menyetir Mobil Matic

Januari 9th, 2019 by Oline

Anda baru saja membeli mobil matic? Tapi anda belum bisa mengendarainya? Dan butuh referensi mengenai cara menyetir mobil matic? Maka, anda berada pada halaman yang sangat tepat.

Kendaraan roda empat keluaran beberapa tahun terakhir ini menjadi mobil favorit dan paling digemari oleh banyak orang, terutama para kawula muda. Sebelum Anda memperoleh informasi mengenai cara menyetir mobil matic dengan benar, maka ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui fakta-fakta menarik tentang mobil matic yang mungkin belum Anda pahami secara betul. Nah, silakan simak ulasan berikut ini:

  • Mobil matic tidak dapat hidup seandainya posisi tuas tidak berada di P.
  • Ketika anda berada di jalan yang macet serta mesin mati, maka mobil matic anda akan tetap diam. Hal ini sangat berbeda jika anda memakai mobil manual, tentu saja akan meloncat ketika anda melakukan tuas ke posisi netral.
  • Saat mobil anda berada di tanjakan, mobil matic anda tidak akan mati tiba-tiba. Sehingga anda sebagai supir dan penumpang mobil tetap bisa tenang tanpa harus merasa panic.
  • Pada mobil matic, anda hanya harus menaruh konsentrasi anda di bawah kemudi, yakni pada monitor yang menunjukkan kecepatan dari mobil, posisi persenelling, alat untuk menghidupkan lampu, dan lainnya.

Perbedaan Mobil Matic dan Mobil Transmisi Manual

Terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara mobil matic dengan mobil transmisi yaitu ada pada jumlah pedal mobil. Bukan hanya mempunyai pedal, namun mobil jenis matic ini juga mempunyai beberapa tuas seperti di bawah ini:

  • Park (P), berfungsi untuk mengatur posisi parker, juga dapat anda gunakan saat jalan macet sehingga mobil akan berhenti sekitar 10 menit. Selain itu, anda juga harus memastikan bahwa tuas persenelling terletak pada posisi P, dan ini terjadi ketika mobil anda berhenti.
  • Retrun (R), berfungsi untuk berjalan mundur.
  • Neutral (N), berfungsi untuk berhenti jika terjadi kemacetan lalu lintas dan lampu merah. Ketika tuas N memerlukan bantuan rem tangan, maka mobil akan benar-benar berhenti.
  • Drive (D), tuas ini digunakan untuk mengontrol kecepatan mobil.

( Baja Juga: Cara Mengendarai Mobil Matic yang Aman Untuk Pemula )

Cara Menyetir Mobil Matic

Sangat penting, bagi Anda untuk memperoleh ilmu pengetahun mengenai cara menyetir mobil matic. Karena ini merupakan hal yang paling utama untuk anda ketahui. Tentu saja anda tidak ingin berkemudi tanpa memperoleh ilmu terlebih dahulu bukan?

Apakah Anda tertarik untuk mengemudi mobil matic dengan mendapat pengetahuan tentang alat-alat yang dimiliki oleh mobil matic? Usai Anda mempelajari cara menyetir mobil matic dari berbagai sumber, apakah Anda tertarik untuk mengganti mobil matic dengan mobil Anda sebelumnya dengan tipe transmisi manual? Semoga artikel ini membantu Anda dalam menemukan rekomendasi terbaik mengenai cara mengemudi mobil matic.

Top