Inilah Penyebab Mesin Mobil Mati Saat Lepas Pedal Gas

April 23rd, 2019 by Oline

Mesin mobil yang mati mendadak ketika sedang digunakan tentu merupakan salah satu gangguan yang ditakutkan selama berkendara. Tidak hanya susah di-starter, mesin mobil juga bisa mati bahkan saat lepas pedal gas, lho. Penasaran penyebab mesin mobil mati ketika gas dilepas? Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Komponen pengapian (ignition components) yang rusak

Koil pengapian menarik daya dari baterai dan mengirimkannya ke busi, yang menyalakan bahan bakar dan membuat mesin bekerja. Mobil akan menunjukkan sejumlah gejala saat sistem pengapiannya aus. Macet adalah salah satu gejala pertama yang akan Anda lihat sebagai gejala pembakaran tidak sempurna karena komponen pembakaran yang tidak tepat. Ketika situasi ini berlangsung, Anda akan kesulitan men-starter kendaraan dan penghematan bahan bakar Anda akan turun secara dramatis. Lampu “Periksa Mesin” yang berkedip dapat dikaitkan dengan masalah ini.

Pada akhirnya, ketika sistem pengapian mencapai akhir masa pakainya, mobil Anda akan macet dan mulai mati. Mesin mobil Anda kemungkinan akan mulai tersendat, terutama pada kecepatan yang lebih tinggi. Sparking tidak teratur akan menyebabkan mobil berhenti dan mungkin mati sepenuhnya ketika Anda menghentikan mobil.

Pompa bahan bakar rusak

Pompa bahan bakar memindahkan bahan bakar dari tangki bensin ke mesin. Jika pompa bahan bakar tidak berfungsi, mesin mobil akan mendapatkan lebih sedikit bahan bakar daripada yang diperlukan. Hal ini akan menyebabkan masalah kinerja, dan akhirnya menyebabkan mesin mobil mati ketika gas dilepas, bahkan kendaraan tidak hidup. Salah satu tanda awal pompa bahan bakar rusak adalah mesin mobil sulit dihidupkan ketika di-starter. Saat masalah berlanjut, mobil akan kehilangan daya saat tidak berjalan dan akhirnya akan mati total.

(Baca juga: Ketahui 4 Penyebab Klakson Mobil Tidak Menyala Dan Cara Mengatasinya)

Filter bahan bakar yang buruk

Filter bahan bakar menekan bahan bakar sebelum mencapai mesin, yang melindungi injektor bahan bakar. Keberadaan filter bahan bakar sangat penting untuk mesin yang berjalan dengan baik dan harus diganti secara reguler. Jika filter bahan bakar tidak diganti pada interval yang direkomendasikan, kinerja dan penghematan bahan bakar mesin mungkin akan sangat berkurang.

Filter bahan bakar yang buruk dapat menunjukkan gejala yang mirip dengan pompa bahan bakar yang rusak. Kehilangan daya, terutama pada akselerasi, mungkin merupakan tanda pertama. Karena aliran terus terhambat, filter bahan bakar pada akhirnya dapat menyebabkan kondisi mobil tidak dapat di-starter, karena bahan bakar tidak lagi dapat mencapai mesin mobil.

Kebocoran vakum

Mesin mobil pada dasarnya adalah pompa udara yang besar. Udara ditarik ke dalam silinder dan bercampur dengan bahan bakar yang dikompresi dan dinyalakan. Udara ditarik melalui katup kupu-kupu, yang menciptakan ruang hampa udara. Vakum digunakan untuk memberi daya pada sejumlah perangkat bantu.

Kebocoran vakum terkecil sekali pun dapat menyebabkan masalah kinerja mesin, yaitu membuat kecepatan idle jadi kasar atau terlalu cepat. Macet adalah masalah umum lain yang terjadi karena kebocoran vakum. Ketika kebocoran semakin memburuk, mobil akan mulai mati. Suara mendesis dan lampu “Check Engine” yang menyala biasanya juga akan muncul akibat kondisi ini.

Semua kondisi yang menyebabkan masalah mobil mogok ini cukup parah dan memerlukan perawatan sesegera mungkin. Tak satu pun penyebab mesin mobil mati ketika gas dilepas di atas akan menjadi lebih baik tanpa perbaikan. Jika kondisinya semakin parah, mobil Anda mungkin akan mati total hingga menghadirkan masalah keamanan bagi Anda dan penumpang. Jika mobil Anda mati ketika Anda menginjak pedal gas, berjalan kasar, atau sering berhenti, pastikan Anda segera memeriksakannya, ya.

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam Hitungan 24 Jam

Top