4 Syarat Penting yang Harus Dipenuhi Saat Pengajuan Kredit Mobil

Mei 22nd, 2019 by Oline
Syarat Penting yang Harus Dipenuhi Saat Pengajuan Kredit Mobil

Saat ini kredit mobil menjadi alternatif yang sangat menjanjikan untuk mendapatkan mobil baru. Dengan metode mencicil sekala berkala, seseorang sudah bisa menikmati kendaraan baru yang lebih nyaman, Namun hal tersebut tentu tidak bisa langsung terjadi. Ada beberapa syarat kredit mobil yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan mobil baru. Apa saja?

Memilih mobil yang sesuai kemampuan

Mengapa jenis mobil juga menjadi syarat penting yang harus dipenuhi saat mengajukan kredit mobil? Ini karena pemilihan jenis mobil akan mempengaruhi kondisi keuangan Anda. Untuk itu, pilihlah mobil yang memang sesuai dengan bujet dan kemampuan Anda. Jangan mudah tergiur dengan DP yang rendah, sehingga Anda memilih mobil yang sebenarnya ada di luar kemampuan.

Bayangkan saja jika nantinya Anda tidak bisa melunasi mobil tersebut karena memang terlalu berat. Pihak pemberi kredit akan mengecap Anda sebagai kredit macet. Apabila Anda sudah dianggap sebagai kredit macet maka track record pun menjadi buruk. Anda akan kesulitan jika mengajukan kredit di masa mendatang karena keuangan Anda dianggap negatif.

(Baca juga: 4 Cara Cek Pajak Mobil Agar Bebas Denda Keterlambatan)

Uang muka (DP)

Syarat kredit mobil berikutnya adalah uang muka atau down payment. Untuk sebuah mobil biasanya perusahaan leasing akan mengajukan DP sebesar 20-30% dari total harga mobil. Jadi pastikan Anda menyiapkan uang berdasarkan persentase tersebut. Misalnya, mobil incaran Anda berharga Rp400 juta dan DP yang diajukan adalah 20%, maka Anda harus mempersiapkan uang senilai Rp80 juta.

Pada umumnya uang muka akan sangat berpengaruh pada nominal cicilan juga tenor pinjaman. Semakin besar jumlah DP yang dibayar, maka semakin ringan juga angsuran yang harus dibayarkan nantinya, Namun tentunya ada perhitungan yang lebih detail mengenai hal ini. Anda bisa melakukan survei terhadap lembaga pembiayaan terlebih dulu.

Memiliki rekening sehat

Sebelum mengambil keputusan untuk mengajukan kredit mobil, pastikan Anda punya rekening pribadi yang sehat. Seperti apa rekening yang sehat itu? Rekening yang sehat memiliki pemasukan serta pemasukan yang seimbang, surplus aktif (menunjukkan pemasukan yang terus ada), serta tidak menunjukkan kegiatan yang mencurigakan.

Mengapa hal ini penting? Rekening akan menjadi salah satu dasar bagi perusahaan pembiayaan untuk menentukan apakah pengajuan kredit Anda layak atau tidak. Pihak pembiayaan biasanya tidak akan menyetujui rekening yang memiliki pemasukan besar dalam satu waktu namun setelah itu tidak ada pemasukan lagi. Hal tersebut akan menampilkan kesan bahwa Anda tidak akan bisa mengangsur karena tidak ada pemasukan tetap.

(Baca juga: Begini Cara Menghitung Pajak Mobil yang Benar)

Berkas administrasi yang lengkap

Syarat kredit mobil yang terakhir adalah berkas administrasi yang lengkap. Selain rekening, berkas adminsitrasi juga menjadi salah satu acuan bagi pihak pembiayaan untuk menyetujui pengajuan kredit Anda atau tidak. Untuk kredit mobil, biasanya berkas yang dibutuhkan berupa identitas (KTP), Kartu Keluarga, Slip Gaji, Rekening Koran atau Tabungan (dalam 3 bulan terakhir), dan NPWP. Pihak pembiayaan yang kamu tuju mungkin akan membutuhkan tambahan berkas, tanyakan sebelumnya berkas apa yang harus dipenuhi.

Pastikan semua dokumen yang dilampirkan adalah dokumen yang terbaru. Apabila ada yang mencantumkan alamat, pastikan mencantumkan alamat yang sama. Tujuannya agar tidak muncul kecurigaan dari pihak pembiayaan.

Mengajukan kredit mobil kini menjadi jalan yang paling mudah untuk mendapatkan mobil baru. Walau begitu, syarat kredit mobil saat ini pun sangat beragam, sehingga rasanya sulit untuk dipenuhi. Semoga informasi yang tercantum dalam artikel ini dapat membantu Anda dalam mengajukan kredit mobil.

Banner Caroline ID WhatsApp

Top