Kelebihan Smart SIM Dibanding Model yang Sekarang Beredar

Agustus 30th, 2019 by Mada Prastya
Kelebihan Smart SIM

Polri (Kepolisian Negara Republik Indonesia) berencana merilis smart SIM (Surat Izin Mengemudi) untuk menggantikan model yang saat ini beredar. Nantinya dengan teknologi yang ada di dalamnya, masyarakat dapat menikmati sejumlah kelebihan smart SIM.

Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si mengatakan bahwa pihak Kepolisian siap menerbitkan smart SIM pada 22 September 2019 mendatang. Momentumnya bertepatan dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara.

Dalam sebuah video konferensi pers soft launching SIM “pintar” yang diunggah salah satu akun media sosial NTMC (National Traffic Management Center) Polri, dirinya membeberkan sejumlah keunggulan dan perbedaan smart SIM dengan model yang lama.

Secara garis besar, ada tiga poin yang menjadi keunggulan smart SIM. Meliputi kemampuan penyimpanan data forensik Kepolisian, perekaman pelanggaran lalu lintas, dan fungsi sebagai alat transaksi elektronik.

1. Smart SIM dilengkapi chip untuk menyimpan data forensik

Kelebihan pertama dari smart SIM ialah memiliki chip yang berfungsi sebagai media penyimpanan data-data forensik Kepolisian. Adapun, yang dimaksud data foreksi di antaranya identitas pemilik.

“Kelebihan yang utama, semua forensik Kepolisian ada di sini. Di sini itu maksudnya di dalam. Di dalam ada chip dengan kapasitas tertentu yang kita siapkan. Sehingga nama, alamat, tempat tanggal lahir, pekerjaan, semua ada pada kartu itu,” jelas Refdi.

2. Smart SIM menyimpan catatan pelanggaran

“Juga bisa tertera di sana apa saja pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna SIM ini atau oleh pengemudi. Tercatat secara otomatis, online juga, dan real time juga,” ucapnya.

Masih menurut Refdi, dengan adanya catatan pelanggaran ini maka pihak Kepolisan bisa mengingatkan pemegang SIM akan sikapnya dalam berlalulintas. Dalam pencatatan pelanggaran tersebut, dirinya menyebut ada tiga jenis pelanggaran, mulai dari pelanggaran ringan, sedang, hingga berat.

3. Kelebihan smart SIM bisa dipakai sebagai kartu uang elektornik

Keunggulan smart SIM selanjutnya ialah bisa digunakan sebagai kartu uang elektronik. Fungsi ini sifatnya tidak wajib dipakai. Artinya pemegang SIM diberi kebebasan untuk mengaktifkannya atau tidak.

“Tetapi yang lebih unggul lagi, smart SIM ini adalah kelebihan yang ketiga, adalah ini bisa digunakan sebagai pembayaran, kartu elektronik. Jadi uang kita ada di dalam ini dengan saldo maksimal sebanyak Rp2 juta dan bisa melakukan pembayaran apa saja,” katanya.

Refdi menyebut, pemegang SIM bisa menggunakannya untuk melakukan transaksi tol, kereta api, atau layanan lain yang selama ini bisa dilakukan dengan kartu uang elektronik.

Dalam menghadirkan fungsi kartu elektronik ini Polri bekerjasama dengan BNI (Bank Nasional Indonesia).

Tak kalah penting, Polri juga berusaha meningkatkan kualitas SIM. Termasuk untuk aspek keamanannya. Smart SIM disebut mengadopsi keamanan tingkat tinggi guna menghindari tindak pemalsuan atau modifikasi terhadap fisik SIM.

“Mungkin bisa dilihat pembanding dengan SIM yang lama. Utamanya pada security-nya. Jadi ini security yang tingkat tinggi. Tidak bisa dipalsukan, tidak bisa dicontoh, tidak bisa dimodifikasi oleh siapapun,” kata Refdi.

Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog CAROLINE.id

Artikel menarik lainnya untuk Anda:

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam Hitungan 24 Jam

Top