Ketahui 4 Penyebab Klakson Mobil Tidak Menyala Dan Cara Mengatasinya

April 22nd, 2019 by Oline
Ketahui 4 Penyebab Klakson Mobil Tidak Menyala Dan Cara Mengatasinya

Klakson  adalah salah satu bagian dari mobil yang sangat diperlukan. Ketika Anda menghadapi masalah atau membutuhkan perhatian pengendara lainnya, maka Anda pasti menggunakan klakson.

Walau terkesan simpel, ternyata klakson juga bisa rusak. Dan cukup banyak penyebab kerusakan klakson. Dari kabel, hingga sekring. Sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana memperbaiki klakson yang rusak karena ini merupakan bagian mobil yang sangat jarang diketahui komponennya oleh masyarakat awam, berbeda dengan bagian lainnya seperti masalah aki atau ban mobil.

Untuk itu, di bawah ini ada empat penyebab klakson mobil tidak menyala dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut info lebih lengkapnya.

Kabel klakson putus

Penyebab pertama dari klakson mobil tidak menyala adalah kabel klakson yang putus. Penyebab ini adalah salah satu yang paling sering terjadi. Biasanya disebabkan oleh korsleting yang terjadi atau adanya jamur di bagian kabel penghubung. Khusus untuk masalah jamur ini, ketika muncul maka akan membuat korosi pada kabel sehingga membuatnya putus.

Untuk mengatasi kabel klakson yang putus, Anda bisa mengetes terminal pada klakson dengan menggunakan test lamp. Caranya adalah dengan menghubungkan test lamp dengan masa body sambil saklar mobil Anda. Kalau test lamp menyala, maka kabel klakson milik Anda masih berjalan dengan normal. Namun, jika tidak menyala, maka ada masalah di bagian kabel klakson Anda.

Saklar klakson bermasalah

Penyebab lainnya selain kabel klakson putus adalah saklar klakson. Saklar klakson yang bermasalah biasanya disebabkan oleh mobil yang sudah lama tidak dipakai dan tidak bisa menyala lagi. Hal ini disebabkan oleh karat yang muncul di bagian lempengan tembaga hingga kotoran yang menumpuk sehingga membuat bagian kelistrikan mobil tidak bisa berjalan.

Cara memperbaiki masalah ini adalah membongkar bagian saklar untuk memastikan apakah aliran listrik mengalir dengan baik. Lalu jangan lupa untuk membersihkan kotoran yang menempel di sana. Memang untuk masalah ini, termasuk sulit untuk diperbaiki sendiri. Jika memang Anda perlu membawa mobil Anda ke bengkel, maka itu lebih disarankan.

(Baca juga: 5 Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus)

Sekring klakson rusak

Penyebab ketiga dari klakson mobil tidak menyala adalah sekring klakson yang rusak. Sekring menjadi bagian penting dari klakson mobil ini bisa saja terputus, akhirnya membuat klakson mobil mati. Tidak hanya terputus saja, tapi disebabkan oleh masalah lainnya seperti suplai listrik yang terlalu besar atau memang usianya yang sudah tua.

Masalah ini bisa diperbaiki dengan mengganti sekring dengan yang baru karena usia yang sudah tua sehingga perlu diganti. Untuk penggantiannya sendiri, Anda perlu sekring yang sesuai dengan bawaan pabrik.

Rellay klakson bermasalah

Penyebab terakhir dari klakson mobil tidak menyala adalah rellay klakson yang bermasalah. Untuk masalah ini, biasanya terdapat rellay yang sudah termasuk di dalam bagian klakson. Memang tidak semua mobil memiliki rellay ini, tapi jika terdapat rellay di dalamnya, berarti bagian ini bisa menjadi penyebab matinya klakson mobil Anda pula. Rellay yang sudah tua atau sering terkena kotoran serta air bisa membuatnya rusak.

Untuk memperbaiki masalah rellay, sama dengan bagian sekring. Anda bisa menggantinya dengan yang baru dan harus sesuai dengan bawaan pabrik.

Sekarang Anda sudah mengetahui empat penyebab dari klakson mobil yang tidak menyala sekaligus bagaimana cara mengatasinya dengan baik dan benar. Semoga masalah klakson mobil Anda bisa segera teratasi dan bisa digunakan kembali dengan normal, ya.

Banner - Caroline ID Mobil Anda Terjual Dalam Hitungan 24 Jam

Top