Ketahui Tekanan Angin Ban Mobil Yang Tepat

February 14th, 2019 by Oline
Cara Mengetahui Tekanan Angin Ban Mobil Yang Tepat

Permasalahan tekanan angin ban mobil memang seringkali dianggap sepele oleh pengendara mobil. Padahal, jika tekanan angin pada ban kurang atau berlebih, maka bisa mengganggu performa dan akselerasi mobil ketika dalam perjalanan. Permasalahan tekanan angin pada ban tentunya sangat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Untuk itu, penting bagi Anda memperhatikan tekanan angin pada ban mobil yang tepat agar kondisi mobil Anda bisa selalu stabil dan nyaman dikendarai.

Jika Anda tidak ingin repot untuk mengurus tekanan angin pada ban, maka Anda dapat menyerahkan urusan ini pada tukang tambal ban yang sudah ahli dibidangnya. Pada dasarnya, pengecekan tekanan angin ban memang tergolong mudah, namun tahukah Anda tekanan angin pada ban mobil yang tepat? Jika Anda bingung mengenai tekanan ban mobil yang tepat, dan tentunya sesuai dengan tekanan standar pabrik, maka Anda dapat melihatnya pada dashboard mobil ataupun pada buku panduan mobil.

Tekanan Angin Ban Mobil Dengan Standar Pabrik

Pada dasarnya, satuan yang umumnya digunakan dalam mengukur tekanan angin ban mobil adalah Psi. Sementara tekanan angin pada ban mobil di Indonesia idealnya berkisar antara 28-33 Psi. Jika dilihat dari rentang Psi tersebut memang tidak terlalu jauh, sehingga bisa simpulkan setiap mobil mempunyai tekanan angin pada ban yang hampir sama, yaitu paling tinggi 33 Psi dan paling rendah berkisar 28 Psi. Meskipun begitu, perlu Anda ketahui jika hal ini sangat bergantung pada tipe mobil dan tipe ban yang Anda gunakan untuk menyangga laju saat berkendara dengan mobil tersebut.

Tekanan angin pada ban mobil biasanya memang hampir sama, namun untuk jenis mobil sedang menggunakan tekanan angin ban yang berkisar antara 28-30 Psi. Sementara untuk mobil kelas MPV sebaiknya menggunakan angin ban dengan standar 30-32 Psi.

Tidak hanya tekanan angin pada ban standar yang harus Anda ketahui, namun  Anda juga harus mengetahui batasan maksimum yang sudah ditetapkan untuk pengisian angin ban. Umumnya, keterangan mengenai batas maksimum pengisian angin ban sudah tertera pada bagian dinding ban, sehingga Anda bisa mengisi angin yang tepat dan tidak melebihi tekanan maksimum angin ban tersebut.

(Baca Juga : Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Tepat)

Tekanan Angin Ban Mobil Yang Berdasarkan Kebutuhan

Tekanan angin pada ban mobil tidak hanya disesuaikan dengan standar pabrik, namun juga harus disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Umumnya variasi tekanan angin pada ban memang harus disesuaikan dengan faktor medan yang akan dilalui dan juga seberapa berat muatan yang akan diangkutnya. Misalnya saja Anda menggunakan mobil kelas MPV seperti Toyota Avanza, maka Anda hanya perlu mengisi tekanan angin ban dengan standar 30 Psi jika hendak mengangkut muatan yang sedang serta tidak melakukan perjalanan yang jauh. Namun jika Anda hendak melakukan perjalanan jauh dan membawa muatan yang banyak maka tekanan angin ban mobil yang paling tepat adalah 31 ataupun 32 Psi. Perlu diketahui, jika Anda ingin berpergian jauh dan harus memuat banyak penumpang memang tekanan angin ban 30 Psi masih kurang.

Memiliki mobil memang sama halnya dengan mempunyai benda yang lainnya. Untuk itu, perawatan dan cara pemakaiannya mobil harus diketahui dengan benar dan tepat agar dapat memperpanjang usia mobil. Demikianlah, semoga ulasan diatas dapat berguna dan menjadi referensi bacaan tambahan bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai tekanan angin ban mobil yang tepat.

 

Top