9 Lampu Indikator Mobil yang Perlu Diperhatikan oleh Pengendara

Mei 16th, 2019 by Oline

Lampu indikator kedap-kedip mobil bukanlah sekedar fitur interior belaka. Lebih dari itu, lampu indikator mobil memiliki fungsi dalam menjaga keselamatan dan kenyamanan berkendara. Setidaknya ada sembilan lampu indikator mobil yang perlu Anda perhatikan berikut ini.

Lampu Indikator Rem

Salah satu lampu indikator mobil kedap-kedip yang penting untuk Anda perhatikan adalah indikator rem. Lampu indikator ini akan terus menyala apabila rem tangan mobil dalam kedaaan masih aktif. Namun, jika rem tangan sudah dilepas dan lampunya masih menyala, berarti ini minyak rem mobil sudah habis dan Anda perlu mengisi ulang.

Lampu Indikator Pintu

Kedua adalah lampu indikator untuk pintu. Lampu indikator ini sebagai tanda apakah pintu mobil Anda sudah ditutup dengan baik dan benar. Apabila belum tertutup secara baik dan sempurna, maka lampu ini akan menyala. Menutup pintu mobil dengan benar akan menjaga keselamatan dan kenyamanan Anda serta penumpang ketika berkendara.

Lampu Indikator Sabuk Pengaman

Untuk lampu indikator ketiga yang wajib diperhatikan adalah untuk sabuk pengaman. Jika lampu indikator mobil kedap-kedip, ini artinya sabuk pengaman belum Anda pasang dengan baik. Selain berkedip, lampu indikator sabuk pengaman ini juga akan berbunyi sebagai nada peringatan agar Anda memasangnya secara baik dan benar.

Lampu Indikator Temperatur Mesin

Berikutnya, lampu indikator yang juga patut Anda perhatikan yakni temperatur mesin. Cara kerja indikator lampu mobil kedap-kedip ini akan menyala ketika temperatur mesin dalam kondisi terlalu panas. Adanya garis merah atau H, dapat membantu Anda dalam mengatur suhu mesin mobil agar tetap terjaga dengan baik dan tidak mudah rusak.

(Baca juga: 5 Penyebab Lampu Indikator Mobil Menyala Terus)

Lampu Indikator Aki

Selain lampu indikator untuk temperatur mobil, ada pula lampu indikator untuk aki. Sama halnya dengan indikator mesin, lampu indikator aki akan memberi tanda jika daya baterai aki mobil rendah. Jika lampu tersebut menyala, itu artinya Anda harus segera mengganti baterai aki agar tetap prima dan tidak mengganggu mesin mobil.

Lampu Indikator Bahan Bakar

Lampu indikator mobil kedap-kedip yang tidak kalah pentingnya juga ialah lampu untuk bahan bakar. Sistem kerja pada indikator ini adalah menunjukkan apakah bahan bakar pada mobil tersebut dalam kondisi masih banyak atau sudah mendekati limit. Bila lampu menyala pada gambar selang pengisian, itu tandanya kondisi bahan bakar dalam keadaan “kritis” dan perlu untuk Anda isi.

Lampu Indikator Oli

Tidak hanya bahan bakar, kondisi oli pada mesin mobil juga bisa Anda ketahui lewat lampu indikator oli. Jika lampu indikator mobil kedap-kedip ini menunjukkan warna merah, hal ini menjadi tanda Anda untuk menambah atau menganti oli mobil. Tujuannya agar mobil tetap prima dan tidak tersendat ketika digunakan.

Lampu Indikator Air Bag

Pada segi fitur keselamatan pengendara, mobil juga dilengkapi lampu indikator air bag. Fungsi dari indikator ini tidak lain untuk menandakan air bag dalam kondisi baik-baik saja. Akan tetapi, jika terjadi kerusakan, lampu indikator ini akan menyala sebagai tanda bila mengalami kerusakan.

(Baca juga: Jarang Diketahui, Ternyata Begini Cara Kerja AC Mobil)

Lampu Indikator ABS

Fitur keselamatan selanjutnya adalah adanya teknologi pengereman berfitur ABS. Pengereman ini dilengkapi lampu indikator ABS yang memiliki fungsi penanda jika sistem ini terjadi masalah. Dengan adanya lampu indikator ABS, Anda jadi mudah dalam melakukan pengecekan fungsi rem ABS.

Itulah beberapa lampu indikator mobil kedap-kedip yang perlu Anda perhatikan secara berkala agar mobil senantiasa baik dan nyaman saat digunakan. Terutama jika digunakan untuk berkendara dalam jarak jauh. Drive safe!

Caroline ID Banner - Beli Mobil Tanpa Was-Was

Top