Mobil Listrik Toyota Siap Pukau Publik di GIIAS 2019

Juli 9th, 2019 by Mada Prastya

Sebagian dari Anda mungkin sudah tak sabar menyaksikan penampilan mobil-mobil baru dalam pameran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2019. Wajar, karena bakal banyak mobil keren yang dipajang selama sepuluh hari pameran (18-28 Juli) di ICE BSD, Tangerang. Salah satu penampilan spesial bakal datang dari kemunculan jajaran mobil listrik Toyota.

Dari keterangan tertulis yang diterima CAROLINE.id, Selasa (9/7), PT Toyota-Astra Motor (TAM) berencana menampilkan tiga mobil yang mengusung teknologi elektrifikasi. Menariknya, dua di antara mobil-mobil tersebut ialah mobil balap. Dari sini nampaknya Toyota ingin membuktikan bahwa keunggulan mobil seperti ini bukan hanya bebas emisi, namun juga bisa diracik sebagai mobil dengan performa tinggi.

“Melalui berbagai special exhibit yang ditampilkan kami berharap masyarakat akan semakin mengenal teknologi elektrifikasi dan manfaatnya. Harapannya untuk jangka panjang dapat semakin memperbesar pasar teknologi ini di Indonesia,” kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto.

Lantas, seperti apa sebenarnya mobil listrik Toyota yang akan dipamerakan nanti? Mari berkenalan lebih dekat dengan setiap modelnya.

Mobil balap Toyota TS050 Hybrid

Mobil Listrik Toyota TS050

Mobil balap bertenaga listrik hibrida Toyota TS050 menjadi salah satu jagoan Toyota di GIIAS 2019. (Foto: Istimewa)

Dari penampilan body-nya, jelas banget ini bukan mobil sembarangan. Mobil ini merupakan Toyota TS050 yang dipakai di FIA World Endurance Championship (WEC). Memang bukan mobil listrik seratus persen, melainkan mengususng teknologi elektrifikasi hibrida. Itu artinya masih menggendong mesin konvensional (internal combustion engine) berupa unit v-twin 2.400cc. Namun, mesin tersebut disandingkan dengan motor listrik 368 kW.

Kombinasi jantung pacu ini rupanya cukup berhasil membawa Toyota TS050 mengamankan supremasi di dunia balap. Toyota S050 sukses memertahankan gelar juara untuk balap ketahanan ini yang berlangsung di Le Mans. Toyota mengaku mobil ini dibawa ke Indonesia untuk membuktikkan mobil hibrida berpotensi menjadi kendaraan yang powerful dan kompetitif.

Toyota Prius PHEV GR Sport

Toyota Prius PHEV GR

Prius PHEV GR Sport berusaha ubah image mobil ramah lingkungan menjadi lebih sporty. (Foto: Istimewa)

Tak hanya membawa kendaraan hibrida yang sudah terbukti berjaya di ajang balap internasional, di GIIAS kali ini Toyota juga membawa Toyota Prius PHEV GR Sport sebagai special exhibit lainnya. Toyota Prius PHEV GR Sport adalah salah satu model Toyota yang secara spesial di-tuning oleh divisi balap Toyota, yaitu Gazoo Racing dan telah dipasarkan khususnya di Jepang.

Toyota Prius yang merupakan model pertama Hybrid Toyota yang pertama kali meluncur pada 1997 dan dikenal luas sebagai kendaraan yang ramah lingkungan. Melalui sentuhan dari Gazoo Racing ini, Prius PHEV tak hanya tampil sangat sporty, tapi juga memiliki aura balap yang kuat melalui beberapa penyempurnaan. Seperti pada suspensi dan juga lingkar kemudi. Hal ini membuat image yang selama ini tertanam di model Prius menjadi tak hanya ramah lingkungan, tetapi juga sporty.

Mobil konsep Toyota Fine Comfort Ride (F-CR)

Mobil Konsep Fine Comfort Ride

Mobil konsep Toyota Fine Comfort Ride beri gambaran kenyamanan mobil masa depan. (Foto: Istimewa)

Tak hanya memerlihatkan dua kendaraan dengan teknologi hibridanya, Toyota juga membawa sebuah kendaraan konsep yang menggunakan teknologi Fuel Cell (FCEV) berbahan bakar hidrogen yaitu Fine Comfort Ride (F-CR). Mobil ini hadir sebagai sebuah teknologi kendaraan autonomous yang mampu melahap jarak 700 KM dengan waktu pengisian bahan bakar antara 3-5 menit.

Kendaraan pintar ini bukan hanya bisa difungsikan sebagai alat transportasi, tetapi juga merupakan konsep kendaraan yang nyaman dengan interior yang lebih mirip ruang keluarga. Di mana salah satu fiturnya yaitu pengaturan kursi dapat diatur untuk memberikan keleluasaan bagi penggunanya agar mudah berinteraksi. Ditambah dengan sambungan internet, menjadikan F-CR yang pertama kali diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2017 ini menjadi sebuah konsep yang menarik untuk direalisasikan di masa depan.

Itu dia tiga mobil listrik Toyota yang lebih tepatnya menggunakan konsep hibrida yang akan menjadi penampilan spesial Toyota di pameran GIIAS 2019 mendatang. Bagi Anda yang berniat untuk mengunjungi acara ini, tengok juga suguhan yang bakal dihadirkan oleh CAROLINE.id.

CAROLINE.id ikut meramaikan pekan mobil baru nasional

Selama pameran GIIAS 2019 berlangsung, CAROLINE.id siap memberikan kemudahan bagi calon pembeli mobil baru yang hendak menjual mobil bekasnya terlebih dahulu. Anda bisa mendatangi booth CAROLINE.id yang berada di MTF AutoFiesta selama 23-28 Juli, berlokasi di main atrium, ground floor, AEON Mall.

Bersama CAROLINE.id, Anda bisa menjual mobil bekas dengan harga terbaik yang datang dari penawaran calon pembeli langsung. Proses jual mobil di CAROLINE.id juga transparan dan mudah.

Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog CAROLINE.id.

Artikel menarik lainnya untuk Anda:

Top