Selain Aki Soak, Inilah Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Maret 17th, 2019 by Oline

Memilih mobil matic sebagai mobil pilihan adalah tindakan yang tepat. Pasalnya, Anda tidak akan direpotkan lagi dengan mengganti gigi persneling ketika berkendara di tengah kemacetan, begitu pula dengan kopling, dan gas. Namun, ada kalanya mobil matic Anda itu tiba-tiba mogok atau tidak bisa distarter. Kalau sudah begini, jangan langsung panik. Sebaiknya pelajari dulu, apa yang menyebabkan hal tersebut.

4 Penyebab Mobil Matic Tidak Bisa Distarter

Mobil matic banyak digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Itu sebabnya, jika mobil matic Anda tiba-tiba saja tidak bisa distarter, tentunya akan sangat menghambat beberapa aktivitas sehari-hari. Salah satu penyebab mobil matic Anda tidak bisa distarter adalah aki soak. Saat aki soak, tentu saja mobil Andap tidak lagi bisa dikendarai karena gagal starter. Namun ternyata, tidak hanya karena aki soak saja mobil matic tidak bisa distarter, masih ada 4 penyebab lainnya. Apa itu? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Ignition Switch atau Kunci Kontak pada Sistem Pengapian

Jika aki di mobil matic berfungsi dengan baik tetapi mobil tetap tidak bisa distarter, coba lakukan pengujian sederhana ini. Nyalakan lampu depan mobil matic Anda kemudian cek, jika lampu depan masih menyala meskipun mesin tidak mau distarter, kemungkinan ini disebabkan oleh kunci kontak (ignition switch) pada sistem pengapian.

2. Filter Bahan Bakar atau Fuel Filter yang Tersumbat

Filter bahan bakar pada mobil matic berfungsi untuk menyaring air dan juga kotoran yang terbawa dalam bahan bakar. Bayangkan jika filter ini tersumbat, apa kira-kira yang akan terjadi? Akibat paling vital adalah bensin tidak akan bisa mencapai mesin sehingga mobil tidak akan bisa untuk distarter.

Untuk mencegah filter bahan bakar tersumbat, sebaiknya Anda menggantinya ketika mobil matic Anda telah mencapai maksimal 15.000 mil perjalanan di dealer resmi terdekat dengan tempat tinggalmu.

(Baca juga: 5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya)

3. Tangki Gas Mobil Matic Anda Kosong

Penyebab ketiga yang mungkin terjadi saat mobil matic tidak bisa distarter adalah karena tangki gas mobil matic kosong. Terlihat sepele memang, itu sebabnya hal ini jarang sekali diperhatikan karena kesibukan pemiliknya. Padahal, tidak melakukan pengecekan pada tangki gas juga bisa menyebabkan mobil matic tidak bisa distarter.

Sebaiknya sebelum memulai aktivitas, selalu pastikan mobil matic Anda memiliki bahan bakar yang cukup untuk berkendara seharian.

4. Dinamo Starter Rusak

Penyebab keempat yaitu karena adanya kerusakan pada dinamo starter. Cara mengeceknya sangat mudah. Apabila keluar bunyi kasar ketika mobil sedang distarter, bisa jadi ini disebabkan oleh rusaknya dinamo starter. Indikasi lainnya dari dinamo starter yang rusak adalah munculnya suara seperti terlepas namun mobil matic tetap saja tidak bisa menghidupkan mesin.

Sebaiknya, saat mobil matic Anda tidak bisa untuk distarter, jangan langsung membawanya ke mekanik bersertifikat atau bengkel resmi. Ada baiknya Anda lakukan pengecekan dulu. Jika memang bisa membereskan kesalahan kecil pada mobil matic tanpa bantuan mekanik, mengapa tidak?

Top