Mobil Paling Bagus untuk Anak Kuliah, Lihat Daftarnya

Juli 11th, 2019 by Mada Prastya

Dalam artikel ini CAROLINE.id merangkum beberapa pilihan mobil paling bagus yang rasanya cocok untuk dipakai anak kuliahan. Mobil yang masuk daftar ini dinilai memenuhi kriteria sebagai kendaraan yang bisa menunjang kebutuhan mereka sekaligus dianggap “mengerti” kondisi kantong mahasiswa.

Kalender pendidikan baru akan dimulai sebentar lagi. Mereka yang telah menyelesaikan pendidikan tingkat atas sedang sibuk mencari universitas atau perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan.

Masa transisi ini tak bisa diaanggap mudah. Karena nyatanya akan banyak hal yang mesti dipersiapkan. Terlebih lagi bagi mereka yang akan menjalani kehidupan kampus jauh di luar kota asalnya.

Persiapan yang mungkin juga masuk perhitungan ialah mencari mobil baru yang akan digunakan sebagai teman menjalani masa kuliah. Hal ini tak ada salahnya selama tanggung jawab dan skill mengemudi bukan lagi persoalan. Nah, pertanyaan yang mungkin muncul, mobil apa yang sekiranya cocok untuk anak kuliahan?

Untungnya, konsumen kendaraan di Indonesia memiliki pilihan produk mobil yang cukup banyak. Langkah yang diperlukan hanyalah mencari produk yang sesuai dengan kebutuhan.

(Baca juga: Membeli Mobil Bekas Tanpa Melakukan Inspeksi Kendaraan. Apa Akibatnya?)

Mobil paling bagus untuk mahasiswa, pilih baru atau bekas?

Masing-masing pilihan memiliki keunggulan dan kekurangannya. Sebagai contoh, mobil baru menawarkan kondisi yang mulus. Kelebihan lain, jika Anda membeli secara kredit maka mobil terlindung asuransi.

Ditambah lagi mobil baru juga dilengkapi dengan layanan purna jual, misalnya service gratis atau penggantian pelumas cuma-cuma. Benefit samacam ini akan sangat terasa manfaatnya dalam proses perawatan mobil baru. Tak hanya itu, mobil baru juga dilengkapi garansi yang pastinya menambah ketenangan dalam memilikinya (peace of mind).

Namun, di balik semua keuntungan tersebut harga mobil baru relatif mahal.

Di lain sisi, mobil bekas banyak dilirik karena harganya lebih ramah di kantong. Namun, tantangan datang ketika harus mencari mobil bekas yang kondisinya terjamin. Terlebih bagi mereka yang awam tanpa bekal informasi yang cukup.

Jalan keluar yang bisa diambil untuk masalah ini ialah memilih tempat jual mobil berkualitas yang terpercaya.

(Kunjungi: Beli Mobil Bekas Berkualitas, di Sini Tempatnya)

Sebagai saran, jika budget bukan persoalan maka langkah membeli mobil baru bisa diambil. Sebaliknya, tak ada salahnya juga memilih untuk bawa pulang mobil bekas. Asalkan mobil tersebut layak untuk dipinang.

Pilihan mobil paling bagus untuk anak mahasiswa

Sekarang kita langsung lihat pilihan mobil yang cocok untuk mahasiswa. Adapun, kriteria utamanya ialah mobil mesti irit bensin dan murah dalam perawatan. Namun di lain sisi, mobil juga mesti punya penampilan yang stylish dan mencerminkan kepribadian anak muda masa kini.

Honda Brio

Honda Brio 2012

Salah satu mobil yang bisa dilirik ialah Honda Brio. Hacthback dengan body yang ringkas ini dikenal memiliki konsumsi bahan bakar irit. Dari segi desain pun terlihat Honda Brio memiliki penampilan yang mengikuti zaman.

Pada generasi terbarunya, varian tertinggi mobil ini ialah Honda Brio RS CVT. Menggunakan mesin 1.200 cc bertenaga 90 PS, mobil ini dilengkapi sejumlah fitur bernilai seperti layar sentuh 6,1 inci yang bisa terkoneksi Bluetooth hingga pelek alloy 15 inci.

Toyota Yaris

Toyota Yaris 2017 Mobil Paling Bagus

Selain Honda Brio, mobil yang dirasa cocok untuk mahasiswa ialah Toyota Yaris. Sudah bukan rahasia lagi jika mobil-mobil Toyota memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Selain itu biaya perawatan juga relatif murah. Ditambah lagi jaringan pelayanan purna jual Toyota yang sangat luas.

Alasan lain untuk memilihnya ialah penampilan Yaris cukup sedap di pandangan mata. Poin inilah yang membuatnya dirasa lebih cocok untuk anak muda, dibanding mobil murah Toyota, misalnya Toyota Agya.

Spesifikasinya, Toyota Yaris menggunakan mesin 1.496 cc dengan tenaga 106 hp. Mesin tersebut sangat mumpuni untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari.

Suzuki Ignis

Suzuki Ignis GX

Jika budget dipatok untuk mobil di bawah Rp200 juta, maka Anda bisa mempertimbangkan Suzuki Ignis. Desain mobil ini agak berbeda dengan dua opsi yang sudah disebutkan, namun justru itulah daya tariknya. Ignis juga memiliki sejumlah fitur yang menunjang penampilannya, seperti lampu LED.

Daya tarik lain darinya ialah penggunaan roof rail dan ground clearance yang tinggi. Hal tersebut membuatnya cocok dengan anak muda yang menyukai petualangan. Saat ini varian tertingginya ialah Suzuki Ignis GX AGS yang dibekali mesin 1.200 cc.

Mitsubishi Mirage

Suzuki Mirage Mobil Paling Bagus

Mitsubishi Mirage merupakan mobil hatchback dengan dimensi yang sangat ringkas. Membuatnya cocok banget untuk dipakai di dalam kota. Karakternya juga cukup mudah dikendarai.

Kelebihan-kelebihan tadi membuat Mirage dirasa sesuai sebagai mobil mereka yang masih berstatus mahasiswa. Terutama jika ini merupakan untuk pertama kalinya memiliki kendaraan roda empat. Performa mobil ini ditunjang mesin 1.193 cc dengan tenaga 76 hp.

Toyota Avanza

Toyota Avanza Bekas

Mobil-mobil yang telah disebut semuanya mengusung konfigurasi lima bangku penumpang (5-seater). Namun, mungkin tak sedikit di luar sana mahasiswa yang senang melakukan perjalanan bersama teman-teman dekatnya. Untuk perjalanan seperti ini, Toyota Avanza sebagai mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) yang memiliki tujuh bangku penumpang bisa dilirik.

Mobil ini juga tergolong irit bahan bakar dan murah dalam perawatannya. Bengkel Toyota pun bisa ditemui di banyak daerah sehingga tak perlu khawatir untuk menggunakannya di luar kota.

Itu dia sejumlah pilihan mobil paling bagus yang dinilai cocok untuk anak kuliahan. Tinggal tentukan saja sesuai budget dan kebutuhannya. Membeli mobil bekas juga tak ada salahnya asalkan punya kondisi layak untuk dibawa pulang.

Caroline ID Banner - Beli Mobil Tanpa Was-Was

Baca informasi menarik lainnya dari dunia otomotif hanya di blog CAROLINE.id.

Artikel menarik lainnya untuk Anda:

Top