5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya

Februari 11th, 2019 by Oline
Inilah 5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya

Air conditioner (AC) merupakan salah satu fitur di dalam kendaraan yang tidak pernah absen digunakan oleh para pengendara, terlebih saat cuaca sedang panas. AC atau pendingin udara memang sangat dibutuhkan untuk kenyaman penumpang mobilnya. Meskipun begitu, perlu Anda ketahui terkadang AC mobil yang dinyalakan mengeluarkan hembusan angin tetapi tidak dingin, sehingga membuat pengendara merasa tidak nyaman saat berkendara dengan menggunakan mobil tersebut.

Apabila mobil memiliki AC yang tidak dingin, hal ini menandakan bahwa ada yang salah dengan kondisi AC mobil dan Anda harus segera memeriksanya. Perlu Anda ketahui, sebenarnya ada beberapa penyebab AC mobil tidak dingin. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini:

Filter AC Yang Tersumbat

Penyaring AC berguna untuk menyaring berbagai jenis kotoran dan juga debu. Nah, jika Anda jarang membersihkan penyaring AC, tentunya membuat debu ataupun kotoran lainnya tertimbun di bagian penyaring AC. Nah, lama-kelamaan penyaring AC tersebut akan menjadi tersumbat. Perlu diketahui, ketika penyaring AC tertimbun kotoran atau debu maka akan menyebabkan sirkulasi udara kurang optimal.

Freon Kurang Ataupun Habis

Freon yang kurang atau habis juga menjadi salah satu penyebab yang membuat AC mobil tidak dingin. Umumnya freon mobil tidak akan pernah habis jika tidak terjadi kebocoran pada bagian sistemnya. Biasanya, yang menyebabkan freon bocor cukup beragam seperti komponen karet getas yang sudah terlalu lama atau value kompresornya mengalami permasalahan.  Pada dasarnya, jika terjadi permasalahan di freonnya, maka AC mobil yang hidup tidak akan mengeluarkan udara yang dingin ataupun tidak bisa bekerja secara optimal.

Motor Extra Fan Yang Lemah Atau Mati

Ketika motor extra fan mengalami permasalahan, maka proses kondensasi di dalam kondensor tidak dapat berfungsi dengan baik atau optimal. Sehingga membuat tidak adanya udara dingin yang masuk ke dalam kabin mobil. Perlu Anda ketahui, jika motor extra fan di mobil milik Anda sudah mati ataupun lemah, maka Anda harus segera menggantinya dengan motor extra fan yang baru.

(Baca juga : 4 Penyebab Mobil Mogok dan Cara Mengatasinya)

Evaporator Yang Kotor

Pada dasarnya, musuh terbesar evaporator ialah debu dan kotoran. Sebab debu dan kotoran menjadi penyebab evaporator mobil membeku dan tidak dingin. Sehingga membuat sirkulasi AC mobil tidak lancar karena ada debu yang menghalanginya. Perlu diketahui, debu-debu yang ada di evaporator ini diperoleh dari debu yang tidak tersaring pada filter AC.

Kondensor Yang Kotor

Penyebab AC mobil tidak dingin selanjutnya adalah kondensor yang kotor. Pada dasarnya, kondensor terletak di area depan dan dekat dengan radiator. Posisi kondensor ini kerap di hampiri oleh debu ataupun kotoran saat Anda sedang berkendara. Nah, jika kondensor mobil ini sudah kotor maka akan berdampak pada sistem kerja AC yang tidak mengeluarkan hembusan angin. Umumnya kondensor memang lebih seperti pengantar yang berguna untuk membuang panas yang dihasilkan oleh mesin AC. Oleh karena itu, jika kondensor mobil Anda kotor, maka  proses pembuangan udara panas yang dihasilkan mesin AC tidak akan maksimal, dan akhirnya akan berdampak pada sistem kerja AC.

Jika AC mobil tidak dingin, Anda sebaiknya membawa mobil ke bengkel untuk bisa dibenahi ataupun membeli mobil baru. Sebab bagian AC menjadi salah satu sektor yang segala komponennya berada di bagian dalam mobil. Untuk itulah, Anda harus mencari orang sudah ahli untuk membuat AC mobil yang rusak dapat bekerja secara optimal. Selain itu, Anda juga harus mengecek bagian AC secara rutin selama 3-6 bulan sekali.

Top