Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok Tidak Bisa Distarter

December 25th, 2018 by Oline
mobil mogok tidak bisa distarter

Mobil mogok tidak bisa distarter pastinya cukup menjengkelkan. Apalagi ketika Anda sedang buru-buru dan harus pergi ke suatu tempat. Biasanya banyak sekali faktor yang menyebabkan mobil Anda jadi sulit untuk distarter atau mendadak mogok. Kebanyakan orang berpendapat bahwa tersebut dikarenakan akinya yang bermasalah. Padahal, tidak selalu demikian. Untuk itu, simak penyebab dan cara mengatasi mobil mogok tidak bisa distarter berikut ini:

1. Aki Bermasalah

Seringkali, aki ini dianggap sebagai faktor utama pencetus mogoknya mobil Anda. Memang, aki ini adalah bagian yang sangat penting dalam kendaraan, bisa dikatakan aki ini adalah otaknya dari kendaraan. Jika aki rusak tentunya mobil Anda pun pasti mogok dan sulit untuk dijalankan. Apalagi jika ketika aki sudah soak, namun terus dipaksakan, hal ini bisa memicu masalah lainnya yang akan terjadi pada komponen lain di mobil Anda.

Saat mobil mogok, Anda harus memastikan apakah memang  mobil mogok itu karena akinya yang rusak. Jika benar, tentunya Anda harus membeli aki baru.  Namun tidak semua kemogokan itu disebabkan aki, sebab juga bisa dikarenakan kurang kencangnya terminal aki yang menjadi mediator. Jika kurang kencang, maka bisa jadi kendaraan Anda tiba-tiba mati. Anda bisa langsung mengecek dashboard mobil, kemudian lihat bagian terminal akinya.

(Baca juga: Cara Merawat Mesin Mobil Paling Simple)

2. Alternator yang bermasalah

Tidak hanya aki yang rusak yang bisa menyebabkan mobil Anda tiba-tiba mogok. Kerusakan atau permasalahan pada alternator pun bisa jadi pemicunya. Pada dasarnya, alternator sangat penting karena berguna sebagai penyuplai listrik atau penyalur listrik ke aki. Jika penyuplainya rusak, tentu aki pun tidak bisa digunakan dan mesin mobil pun enggan menyala.

Agar kendaraan Anda bisa digunakan kembali, tentu tidak bisa jika hanya dengan mengganti aki. Meskipun sudah mengganti aki, tetap saja mobil tidak akan nyala sebab kerusakan bukan pada akinya. Untuk itu, sebelum mengganti aki, pastikan juga apa sumber dari kerusakannya tersebut. Jika memang alternator, bisa ke bengkel yang menyediakan jasa perbaikan tersebut.

3. Dinamo Starter

Hal lain yang menyebabkan mobil mogok tidak bisa distarter adalah ketika dinamo starter mengalami kerusakan. Memang, biasanya, komponen ini jarang sekali rusak jika bukan karena usia mobil yang sudah lama atau karena pemakaian yang kurang ramah. Cara yang bisa Anda tempuh ketika komponen dinamo ini yang rusak, adalah dengan membenarkannya di bengkel. Namun jika Anda rutin merawat mobil termasuk akinya, kemungkinan kerusakan pun akan lebih kecil.

Nah, beberapa komponen tersebut biasanya adalah hal yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan Anda saat menghadapi kondisi mobil mogok tidak bisa distarter. Bagaimanapun, rajinlah dalam merawat kendaraan Anda. Dan perhatikan tempat pembelian mobil berkualitas seperti di Caroline agar dapat untung lebih tanpa perantara. Meskipun usia kendaraan cukup lama namun perawatannya baik, maka kondisi mogok pada mobil Anda pun bisa jadi minim.

Top