5 Penyebab Mobil Bergetar saat Start Awal

February 10th, 2019 by Oline
Inilah Penyebab Mobil Bergetar saat Start Awal

Mobil bergetar saat start awal bisa menjadi salah satu tanda bahwa ada permasalahan pada mobil Anda. Jika hal tersebut tidak segera ditangani atau diperbaiki, maka akan muncul masalah yang lebih serius. Apa yang menyebabkan mobil bisa bergetar di awal starter? Sebenarnya, ada banyak yang bisa membuat kondisi seperti ini. Berikut beberapa di antaranya, sekaligus cara mengatasinya:

1. Mesin Bermasalah

Mobil bergetar saat start awal bisa jadi dikarenakan bagian mesin yang bermasalah. Perhatikan apakah RPM (putaran per menit) pada mobil tersebut sudah sesuai standar atau tidak. Jika tidak, segera lakukan tune up secara rutin, kemudian lakukan pemasangan komponen secara teliti. Jika Anda ragu, silahkan bawa ke bengkel kepercayaan Anda.

2. Busi Aus

Proses pembakaran kendaraan akan terjadi maksimal jika bagian busi mobil dalam kondisi baik. Ini artinya, mobil akan mengalami masalah, terlebih pada saat awal distarter, jika kondisi busi sudah aus. Sebab, busi yang sudah aus, menyebabkan percikan api yang dihasilkannya menjadi melemah. Akibatnya, pembakaran di ruang bakar pun menjadi berkurang. Inilah yang kemudian menjadi penyebab mobil bergetar pada saat distater awal. Oleh karena itu, selalu cek kondisi busi dan segera ganti dengan yang baru jika memang sudah mengalami keausan.

(Baca Juga : Cara Mengendarai Mobil Matic yang Aman Untuk Pemula)

3. Engine Mounting

Sebenarnya, engine mounting ini berfungsi sebagai pereda getaran yang terjadi dalam kabin. Namun, jika bagian ini mengalami masalah, sudah pasti justru getaran yang muncul dalam kabin tidak bisa diredam. Beberapa hal yang menyebabkan engine mounting bermasalah antara lain adalah pecahnya bantalan karet karena aus atau kendornya baut pada bagian ini.

4. Piston Bergoyang

Piston yang sudah mengalami aus menyebabkan gerakannya menjadi tidak terarah hingga akhirnya mengurangi tenaga mobil. Gerakan yang tidak terarah dari piston inilah yang menyebabkan mobil menjadi bergetar pada saat di stater awal. Solusi satu-satunya jika hal ini terjadi adalah mengganti piston mobil Anda. Sebab, jika hal ini dibiarkan begitu saja dan tidak segera dilakukan penggantian, maka akan terjadi kerusakan yang lebih parah lagi pada bagian lain mobil Anda.

5. Kanvas Kopling Sudah Aus

Tidak hanya menyebabkan mobil bergetar pada saat distater, kanvas kopling yang sudah aus juga bisa menyebabkan mobil mogok secara tiba-tiba. Oleh karena itu, sebelum hal ini terjadi pada Anda, segera ganti kanvas kopling jika memang sudah aus.

Sebenarnya, permasalahan di atas dapat dihindari jika Anda melakukan perawatan mobil secara rutin. Tidak hanya membuat mobil mulus pada saat di starter awal, perawatan rutin juga bisa membuat mesin pada mobil lebih tahan lama dan awet. Oleh karena itu, jangan tunda-tunda untuk melakukan servis rutin agar Anda tidak mengalami mobil bergetar saat start awal.

Top