Penyebab Mobil Matic Mogok dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

March 26th, 2019 by Oline
Inilah Penyebab Mobil Matic Mogok dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Apa yang terlintas di benak Anda ketika sedang perjalanan ke acara sangat penting tapi tiba-tiba mobil mogok? Mimpi buruk, kan? Namun bagaimanapun juga, mobil jenis manual ataupun matic mogok dan sangat mungkin rusak tanpa disangka-sangka.

Untuk itu, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi masalah ketika mobil matic mogok.

Mobil Matic, Berbeda dengan Mobil Biasa

Menyetir mobil matic jelas berbeda dengan menyetir mobil manual. Dulu, mobil matic menjadi pilihan bagi lansia yang masih aktif menyetir karena lebih mudah pengoperasiannya. Tanpa perlu mengatur kopling untuk memindahkan transmisi, Anda hanya perlu mengatur pedal gas dan rem saat berkendara.

Namun kini, tren mobil matic sudah merambah ke segala usia dan latar belakang. Selain tidak lelah ketika harus menyetir di tengah kemacetan, perawatan mobil matic juga cenderung lebih mudah. Namun, tetap saja ada kemungkinan mobil matic mogok kapanpun dan di manapun.

Mobil Mogok, Apa yang Harus Dilakukan?

Ketika mobil mogok, pasti rasa panik tak bisa dihindarkan. Meski demikian, berusahalah tetap tenang karena panik justru membuat Anda tak bisa berpikir jernih. Berikut ini beberapa langkah yang perlu Anda lakukan ketika mobil matic mogok:

1. Cari Posisi Aman

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika mobil matic tiba-tiba mogok adalah menepikan mobil ke lokasi yang aman. Sebisa mungkin, cari lokasi yang ramai dengan penerangan cukup. Posisikan tuas transmisi pada posisi netral (N). Kemudian, periksa juga bagian pedal gas, rem, dan lihat ke kolong mobil apakah ada kebocoran.

2. Periksa Aki

Kapan Anda harus memeriksa bagian aki mobil? Jika saat Anda memasukkan kunci dan tidak ada tanda-tanda mobil akan menyala seperti lampu indikator dan speedometer yang bergerak. Ketika hal ini terjadi, bisa saja akar masalahnya ada pada aki.

Untuk itu, buka bagian depan kap mobil dan periksa aki. Periksa bagian penutupnya dan kembali rapatkan jika terasa longgar. Selain itu, coba bersihkan dengan lap dan reconnect sebelum mencoba menyalakan mesin kembali.

(Baca juga: Cara Merawat Aki Mobil yang Mudah Dilakukan)

3. Pengecekan Oli

Tidak seperti mobil pada umumnya, ketika Anda akan memeriksa oli, maka pastikan mesin mobil dalam kondisi menyala. Hal ini tentu berbeda dengan mobil lain yang olinya diperiksa dalam kondisi mesin mati. Biasanya pengguna mobil matic ada yang belum mengetahui hal ini.

Jika tekanan oli rendah, jelas saja mobil matic tidak bisa jalan. Untuk itu, cek volumenya dengan mencabut dipstick dan lihat ketinggiannya. Siapa tahu oli Anda dalam kondisi kosong karena kebocoran. Selain itu, untuk pencegahan akan lebih baik jika oli mobil matic dicek secara berkala.

(Baca juga: Kesalahan Cara Mengganti Oli Mobil yang Perlu Anda Hindari)

4. Masalah Transmisi

Kejadian lain yang kerap terjadi ketika mobil matic mogok adalah masalah pada transmisi otomatisnya. Sebagian besar kejadiannya terjadi karena salah posisi transmisi saat memarkir mobil. Langkah yang harus Anda lakukan adalah memindahkan gigi ke posisi netral (N) dan mencoba menyalakan mesin kembali.

5. Jangan Dorong Paksa

Jika belum juga menemukan solusi, jangan dorong paksa mobil matic Anda saat mogok. Justru mendorong paksa akan merusak motor penggerak otomatis mobil. Akan lebih baik menggunakan derek gendong dan mengangkat ban di bagian pengerek itu.

(Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Mogok Tidak Bisa Distarter)

Memiliki mobil matic tentu sangat memudahkan Anda. Jangan sampai kemudahan itu sirna hanya karena tidak tahu apa yang harus dilakukan saat mobil Anda mogok. Untuk itu, jangan lupa untuk merawat mobil matic Anda secara berkala untuk menghindari mogok yang tak diharapkan.

Top