Penyebab Rem Mobil Bunyi dan Solusinya

Januari 4th, 2019 by Oline
Penyebab Rem Mobil Bunyi dan Solusinya

Saat Anda sedang mengendarai mobil, mungkin Anda akan menemukan kasus di mana rem mobil bunyi berdecit saat rem diinjak. Rem yang berbunyi ini dapat menjadi masalah keberadaan pada bagian rem mobil Anda, baik masalah ringan hingga masalah berat pada mobil Anda. Rem berbunyi salah satu masalah yang sering ditemui selain menggangu juga membuat berkendara jadi tidak nyaman.

Berikut ini beberapa ulasan tentang penyebab rem mobil bunyi sekaligus solusi untuk mengatasinya:

Akibat percikan udara

Salah satu penyebab rem mobil berbunyi decit adalah karena adanya percikan udara. Ketika percikan air tentang daerah rem mobil, maka saat Anda melakukan pengereman, rem mobil akan mengeluarkan suara decit. Tapi bila penyebabnya adalah udara percikan, Anda tidak perlu khawatir karena perlu waktu yang lebih kering, suara decit pada rem mobil juga akan hilang.

Akibat keberadaan debu atau kotoran

Penyebab lain rem mobil bunyi juga dikarenakan debu atau kotoran padat. Adanya debu atau kotoran pada bagian rem dapat membantu pada saat proses pengereman sehingga menimbulkan suara decitan saat Anda mengerem. 

Masalah ini terjadi karena mobil Anda memiliki desain tertutup pada sistem remnya. Debu atau kotoran yang diterbitkan ini dapat diperoleh dari kikisan kanvas Untuk mengatasinya, Anda dapat segera melakukan pembersihan pada bagian rem dan cakram rem mobil. Saat membersihkan bagian ini harap memeperhatikan juga kain atau lap yang digunakan.

(Baca Juga:  AC Mobil Tidak Dingin? Ini Cara Pencegahan dan Solusi Efektifnya!)

Akibat tetesan oli

Rem mobil juga dapat disebabkan oleh keberadaan tetesan oli. Adanya tetesan oli pada bagian rem cakram dan kanvas rem membuat bagian ini menjadi lebih licin, dan pada saat dilakukan pengereman menimbulkan bunyi. Untuk mengatasinya, Anda tentu perlu mengecek adanya kebocoran oli dan segera mengatasi kebocoran. Selain menimbulkan masalah saat mobil direm, perbaikan oli juga dapat mengurangi performa mesin mobil Anda. Oleh karena itu, Anda harus segera mengatasi masalah kebocoran ini saat Anda mengetahuinya.

Indikasi bahwa pedal rem kekurangan minyak

Penyebab lainnya yang menjadi alasan rem mobil menimbulkan bunyi decitan adalah pedal remyang kurang pelumas. Engsel pada bagian rem perlu untuk Anda lumasi agar dapat dilakukan saat dibuat sehingga tidak memungkinkan bunyi.

Rem mobil bunyi ini dapat Anda hindari dengan rajin membersihkan bagian – bagian rem secara berkala dan melakukan perawatan dan layanan rutin ke bengkel, jadi jika Anda masalah pada mobil termasukkendala pada rem dapat segera diakses dan diatasi dengan bantuan.

Pada dasarnya untuk dapat mengatasi masalah, rem mobil bunyi berdecit, yang perlu Anda lakukan pertama kali yang diperlukan mengetahui penyebabnya. Dengan segera mengetahui penyebabnya, Anda dapat segera melakukan perawatan mobil dan menemukan solusi paling tepat untuk masalah rem mobil Anda.

Top