Penyebab Rem Mobil Keras dan Cara Pengecekannya

Februari 17th, 2019 by Oline
Beberapa Penyebab Rem Mobil Keras yang Harus Diperhatikan

Rem tentunya menjadi bagian yang sangat penting dalam sebuah kendaraan, maka Anda juga harus mengetahui tentang penyebab rem mobil keras. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda juga harus bisa mengaplikasikan solusi secara tepat jika hal ini terjadi. Tentunya pengecekan harus sering dilakukan mengenai rem karena berkaitan dengan tingkat keamanan pengguna mobil selama menggunakan kendaraan tersebut.

Memperhatikan Penyebab Rem Mobil Keras

Bagi Anda yang sudah terbiasa untuk menyetir mobil tentunya akan bisa dengan mudah merasakan ketika pedal rem terasa lebih keras saat ditekan. Maka hal tersebut sudah menjadi tanda bahwa Anda perlu melakukan pengecekan dan mencari penyebabnya. Jangan sampai hal-hal seperti ini dianggap sepele karena sudah tentu akan mempengaruhi tingkat keamanan Anda selama berkendara.

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan rem mobil menjadi keras yaitu :

  • Bagian booster rem mobil sudah aus karena digunakan dalam waktu yang lama. Untuk itu Anda harus segera menggantinya dengan booster baru .
  • Kampas rem bermasalah atau juga perlu diganti dengan yang baru. Adanya kampas yang aus tentu saja mempengaruhi pakemnya rem pada mobil sehingga bisa membuat mobil hilang kendali karena sistem rem tidak optimal.
  • Minyak rem sudah waktunya untuk diganti karena volume-nya berkurang selama digunakan. Warna minyak rem yang sudah berubah merupakan tanda bahwa minyaknya sudah harus diganti.

Mungkin bagi sebagian orang terkadang beberapa hal tersebut merupakan yang bisa ditunda untuk diganti atau diperbarui. Padahal, ketika Anda sudah mulai menemukan adanya hal yang mengganjal dengan rem mobil yang digunakan, Anda harus segera mencari dan mengatasi penyebabnya secepat mungkin. Jangan sampai Anda menunda pekerjaan ini karena sangat berbahaya jika kondisinya semakin parah, yang tentu nantinya akan membuat kendaraan Anda menjadi tidak aman untuk digunakan.

(Baca Juga : Penyebab Utama Mobil Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala)

Cara Melakukan Pengecekan Rem Mobil Keras

Jika ketika berkendara Anda merasakan ada hal yang aneh dengan rem mobil Anda, maka harus dilakukan pengecekan lebih lanjut atau mungkin memang ada bagian yang perlu diganti. Anda perlu melakukannya secara berkala untuk melihat apakah memang fungsi rem masih berjalan secara optimal. Pengecekan ini juga bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke bengkel secara khusus.

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisi rem yaitu:

  • Matikan mesin mobil kemudian injak dan lepas pedal rem beberapa kali untuk memastikan posisi pedal, setelah itu biarkan kaki Anda tetap menginjak pedal rem
  • Hidupkan mesin mobil Anda dan rasakan bagaimana kondisi pedal rem tersebut. Jika Anda menemukan getaran atau bunyi tidak normal saat pedal rem diinjak maka itu adalah tanda bahwa permukaan disk brake sudah tidak rata dan perlu diperbaiki
  • Jika Anda menemukan bau seperti hangus terutama saat menginjak pedal rem maka hal tersebut merupakan tanda adanya kebocoran di bagian kaliper yang harus diatasi sesegera mungkin

Perhatikan Rem Mobil Anda

Setiap bagian keamanan mobil terutama rem tentunya harus mendapatkan perhatian serta perawatan lebih. Dengan begitu Anda bisa lebih merasa aman dan nyaman ketika mengendarai mobil tersebut. Apalagi jika mobil Anda terbiasa untuk dibawa dalam perjalanan jauh. Tentu saja rem harus diperiksa terlebih dahulu sebelum keberangkatan. Membiasakan diri untuk melakukan pengecekan secara berkala tentunya akan menjaga kualitas setiap bagian mobil agar tetap terjaga secara optimal. Mengetahui penyebab rem mobil keras bukan hal sulit namun tidak boleh diabaikan.

Top