Penyebab Mengapa Setir Mobil Anda Sering Bergoyang

Maret 6th, 2019 by Oline
Penyebab setir mobil bergoyang

Goyangan pada mobil mungkin terlihat sepele, namun sebenarnya ini bisa menjadi salah satu persoalan yang serius. Setir berfungsi dalam menentukan arah roda dan kemudi kendaraan. Ketika setir bergoyang, Anda akan menjadi tidak nyaman selama mengemudi. Goyangan seperti ini dapat membuat mobil Anda menjadi limbung serta makin sulit dikendalikan. Oleh karena itu, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena ada permasalahan pada setir mobil Anda, ada baiknya Anda langsung mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab setir mobil goyang sehingga bisa segera diatasi. Penasaran apa sajakah itu? Let’s check it out!

Penyebab Setir Mobil Bergoyang

1. Tidak di-Balancing

Setir bergoyang padahal mobil Anda sedang berjalan pada jalan yang halus? Well, mungkin itu terjadi karena balancing roda mobil Anda sudah tidak dalam kondisi baik yang dikarenakan ban sudah aus dan tidak pernah di-balancing. Solusinya adalah periksa ban mobil Anda dari keausan, balancing, dan jenis grid-nya secara berkala. Lakukan rotasi roda bila sudah aus. Selalu periksa setiap kecepatan mobil sudah mencapai kelipatan 10.000 km.

2. Kerusakan pada Velg

Kerusakan pada velg biasanya terjadi karena velg mengalami deformasi pada lingkar dan permukaannya. Akibatnya terjadilah ketidakseimbangan putaran. Lakukan perbaikan pada velg yang bengkok ini terlebih dahulu sebelum proses balancing, karena hal itu tidak akan memberikan pengaruh apa-apa apabila Anda belum mengecek velg.

3. Belum di Spooring

Selain balancing, penyebab lainnya adalah belum di-spooring. Jika tidak di-spooring, mobil Anda akan sulit berjalan lurus. Sangat dianjurkan untuk memeriksa spooring dan mengganti kaki-kaki seperti tie rod dan long tie rod secara rutin yaitu setiap 6 bulan sekali.

(Baca juga: Ketahui Penyebab Mobil Bergetar Pada Kecepatan Rendah)

4. Ball Joint yang Telah Oblak

Muncul bunyi keras dan vibrasi pada roda? Waspada karena hal itu terjadi bila ball joint Anda telah oblak. Posisi roda mobil Anda menjadi mudah untuk bergeser. Oblak seperti ini biasanya terjadi pada bagian upper arm dan lower arm ball joint. Segera atasi dengan membawanya ke bengkel terpercaya.

5. Tie Rod End Rusak

Tie rod berfungsi sebagai penghubung antara long tie rod atau rack end. Jika rusak, maka akan menimbulkan bunyi-bunyi tertentu terutama pada saat melaju dengan kecepatan tinggi. Belum lagi bila setir mobil Anda tidak bisa kembali lurus dengan mudah ketika digerakkan secara menikung.

6. Rem Bermasalah

Ingat untuk mengecek sistem pengereman Anda bila merasakan setir mobil mulai bergoyang. Cek apakah sepatu rem, cakram atau komponen lain rem yang bermasalah. Bila rem cakram yang tidak rata, maka itu berarti usia komponennya sudah tua serta pemasangan rem yang tidak benar. Atasi dengan mengganti komponen-komponen yang telah aus.

(Baca juga: Penyebab Rem Mobil Keras dan Cara Pengecekannya)

7. Bearing (lakher) Roda sudah Aus dan Kendor

Cek apakah bearing (lakher) roda mobil Anda sudah aus atau kendor segera setelah Anda merasakan setir mobil bergoyang. Ketahui tipe bearing roda Anda sebelum melakukan penyetelan ulang. Seperti diketahui, ada dua jenis bearing roda yakni model assy dan tappered. Untuk tipe tappered bearing, Anda masih bisa menyetelnya sedangkan model assy bearing wajib diganti bila sudah aus.

Demikian beberapa kemungkinan penyebab mengapa setir mobil Anda kerap bergoyang atau bergetar tidak normal sebagaimana mestinya. Ketika terjadi hal tersebut, sangat disarankan untuk segera membawa mobil Anda ke bengkel resmi dan atau bengkel terdekat untuk melakukan general check-up sebelum mobil mengalami rusak parah dan membahayakan keselamatan Anda sendiri.

Top