Penting, Inilah Penyebab Suara Mesin Mobil Terdengar Kasar Saat Panas

April 30th, 2019 by Oline
Inilah Penyebab Suara Mesin Mobil Terdengar Kasar Saat Panas

Pernah mengalami suara mesin mobil kasar saat panas? Hal tersebut jelas akan mengganggu mobilitas Anda sekaligus menimbulkan perasaan was-was, bagaimana jika mobil tiba-tiba mogok? Agar Anda tidak lekas merasa panik, berikut ini beberapa penyebab suara mesin mobil terdengar kasar saat panas.

Bearing mobil dalam kondisi tidak baik

Bearing adalah bantalan yang menghalangi dua komponen bergesekan langsung. Ini karena komponen yang bergesekan langsung bisa menghasilkan panas tinggi yang membahayakan. Dalam mesin mobil Anda ada banyak sekali komponen yang bisa bergesekan langsung, maka jumlah bearing di dalam mobil pun sangat banyak.

Saat mesin mobil dalam kondisi panas, bearing yang normal akan memuai. Namun, lain halnya dengan bearing yang kondisinya sudah tidak baik (aus atau tergores), panas bisa menyebabkan bearing mengeluarkan bunyi. Untuk mencegah hal tersebut, Anda sebaiknya rutin mengganti oli beserta dengan filternya.

Celah katup mesin

Selain bearing, ada beberapa bagian pada mesin yang juga bisa memuai karena panas. Salah satunya adalah batang katup, karena terbuat dari logam. Untuk itu perlu ada celah di antara batang katup dengan rocker arm. Celah ini biasanya disebut dengan celah katup. Pada umumnya, celah katup berukuran 0,2-0,3 mm.

Celah katup mesin yang terlalu rapat bisa menimbulkan bunyi karena batang katup akan menekan katup. Namun jika jaraknya terlalu lebar juga bisa menimbulkan bunyi karena batang katup bergesekan denga rocker arm. Sebagai solusinya, Anda perlu melakukan penyetelan celah katup mesin secara berkala. Jika hal ini tidak dilakukan maka celah katup akan melebar dan batang katup semakin terdesak ke arah rocker arm. Bunyi mesin yang kasar pun semakin terdengar.

Namun jika mobil Anda sudah memiliki setelan otomatis (HLA), cukup bersihkan saja karena kemungkinan ada kotoran yang mengganjal.

(Baca juga: 5 Penyebab Jika Mobil Tersendat Saat Digas)

Masalah knocking

Suara mesin mobil kasar saat panas juga bisa disebabkan karena masalah knocking. Knocking merupakan salah satu problem yang mungkin terjadi karena adanya pembakaran yang kurang sempurna. Biasanya ini disebabkan oleh penggunaan bensin dengan nilai oktan yang kurang, tapi ada juga yang dipicu oleh banyaknya kotoran di dalam ruang bakar.

Knocking ini muncul saat suhu mesin mobil mulai naik. Tandanya adalah muncul suara kasar yang menyerupai ketukan. Bagaimana cara mencegahnya? Anda sebaiknya menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan tekanan kompresi mesin. Misalnya tekanan kompresi mesin mobil Anda di atas 10,5 maka gunakanlah bensin dengan nilai oktan 92 ke atas.

Oli mesin terlalu encer

Penyebab suara mesin mobil kasar saat panas lainnya adalah oli mesin yang terlalu encer. Oli memang memiliki beberapa  pilihan tingkatan, misalnya 10 W-40 atau 0W-20. Makin kecil nilai yang tercantum pada kemasan oli, maka semakin rendah juga konsistensi oli (semakin encer). Padahal, tidak semua mobil bisa cocok dengan oli yang encer.

Mesin mobil yang tidak cocok dengan oli encer akan menimbulkan suara  mesin mobil terdengar kasar saat panas. Untuk itu, gunakanlah hanya oli yang sesuai dengan kendaraan Anda. Di samping itu, oli juga bisa menjadi encer karena penggunaan yang terus-menerus. Solusinya, Anda harus rutin mengganti oli jika mobil sering dipakai.

Suara mesin mobil terdengar kasar saat panas jelas akan sangat mengganggu karena bisa memecah konsentrasi Anda. Supaya dapat mengatasi masalah tersebut dengan segera, uraian tentang penyebab masalah suara mesin mobil kasar di atas bisa dijadikan pedoman, Semoga permasalahan mobil Anda bisa segera teratasi.

Caroline ID Banner - Beli Mobil Tanpa Was-Was

Top