Penyebab Utama Mobil Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala

February 15th, 2019 by Oline
Inilah Beberapa Penyebab Utama Mobil Bisa Distarter Tapi Tidak Nyala

Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang digunakan untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya melalui jalur darat. Di era modern ini, mobil memang menjadi alat transportasi darat yang penting digunakan untuk memudahkan perjalanan Anda. Umumnya, mobil sudah dilengkapi dengan berbagai jenis komponen, sehingga Anda bisa dengan mudah menghidupkan mobil saat dibutuhkan.

Meskipun begitu, perlu Anda ketahui  jika penanganan ataupun perawatan mobil tidak Anda lakukan secara benar dan maksimal, maka hal tersebut dapat menimbulkan masalah atau gangguan pada mobil. Selain itu, perawatan mobil yang tidak maksimal juga kemungkinan besar menjadi penyebab utama mobil bisa distarter tapi tidak nyala.

Pada dasarnya jika Anda sedang terburu-buru ingin pergi ke suatu tempat dan mobil tidak nyala, memang sering membuat Anda menjadi kesal. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik mobil perlu mengetahui beberapa penyebab mobil bisa distarter tapi tidak nyala. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut:

Baterainya Mati

Baterai mati memang menjadi penyebab utama mobil bisa distarter tapi tidak nyala. Pada dasarnya, jika baterai mobil lemah atau bisa dikatakan tidak mati total, maka starternya dapat berubah menjadi perlahan. Semenara jika voltase baterai mobil sudah turun semakin jauh lagi maka mobil tidak akan menimbulkan suara saat distarter atau bahkan tidak bisa nyala.

Aki Mengalami Permasalahan

Aki merupakan salah satu sumber tenaga paling utama untuk mobil. Sehingga jika aki mengalami permasalahan maka dapat membuat mobil Anda sangat sulit dinyalakan, meskipun starter bisa difungsikan dengan baik. Untuk itulah, sebaiknya Anda mengecek kondisi aki mobil terlebih dahulu, apakah aki masih dalam kondisi yang bagus ataupun tidak. Selanjutnya, Anda bisa membersihkan kotoran yang ada di aki dan memastikan jika tidak ada kabel yang rusak ataupun terputus.

(Baca Juga : Punya Mobil Matic Baru? Yuk Cari Tahu Cara Menyetir Mobil Matic)

Busi Yang Bermasalah

Pada dasarnya, mobil bisa distarter tapi tidak nyala juga bisa disebabkan oleh komponen busi yang sedang mengalami permasalahan. Komponen busi memang sering aus sehingga harus rutin diganti minimalnya tiga bulan sekali. Selain itu, bagi Anda yang penggunaan mobilnya sering menempuh jarak yang jauh setiap harinya, maka untuk intensitas penggantian businya sebaiknya lebih sering (sekitar dua bulan sekali). Hal ini penting diperhatikan untuk mencegah berbagai kemungkinan risiko busi yang tidak layak pakai sehingga membuat mobil tidak bisa dinyalakan.

Injector Bahan Bakar Mengalami Gangguan

Bahan bakar memang sangat penting dilakukan pengecekan secara rutin. Bahan bakar yang terkuras habis juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa nyala ketika distarter. Namun, jika Anda sudah mengecek tidak ada permasalahan pada bahan bakarnya, maka sebaiknya Anda mengecek kabel injector bahan bakar, apakah terputus, lepas ataupun mengalami gangguan lainnya. perlu Anda ketahui, permasalahan pada injector ini dapat membuat supply bahan bakar menjadi bermasalah. Sehingga membuat mobil dapat distarter namun tetap tidak bisa nyala.

Itulah beberapa penyebab utama mobil bisa distarter tapi tidak hidup atau nyala.

Sebenarnya, masih banyak sekali penyebab mobil yang tidak bisa menyala meskipun mobil dapat distarter. Namun, beberapa penyebab mobil dapat distarter tapi tidak nyala diatas merupakan penyebab yang paling sering dialami oleh kebanyakan mobil. Semoga ulasan yang ada diatas dapat berguna dan menjadi bacaan tambahan bagi Anda semua yang sedang mencari informasi terkait penyebab mobil bisa distarter tetapi tidak nyala.

 

Top